OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Mengenal URL Shortener Service
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
May 11, 2022

Mengenal URL Shortener Service

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Apakah Anda pernah ingin berbagi konten di media sosial, tetapi terlihat kurang menarik karena attach link-nya terlalu panjang? Jika iya, maka Anda bisa mencoba URL shortener service, seperti Bitly dan yang lainnya.

Dengan memakai layanan URL shortening, Anda bisa dengan mudahnya memperpendek link dengan lebih praktis, sehingga link yang Anda share akan terlihat lebih menarik.

Apa yang Dimaksud dengan URL Shortener Service?

URL shortener (penyingkat URL) adalah sebuah layanan yang diperuntukan untuk mengurangi panjang URL (Uniform Resource Locator). Tujuannya, untuk meminimalkan panjang alamat suatu web, sehingga menjadi lebih mudah diingat dan dilacak.

Ada banyak penyingkat URL di pasaran saat ini, termasuk Bit.ly, Cutt.ly, Tinyurl.com dan lainnya. Layanan penyingkat URL sendiri akan menjadi jembatan antara link baru yang telah dipendekan dan URL asli. Artinya, siapa pun yang mengeklik link baru yang berasal dari URL shortener akan dialihkan ke laman asli.

Sejarah URL Shortener Service

Sejak internet pertama kali dimulai, URL telah menjadi moda transportasi utama bagi pengguna untuk mengakses suatu website. Dengan URL, pengguna dapat pergi dari satu website ke website lainnya secara instan hanya dengan mengklik URL. Sayangnya, URL sering kali menjadi panjang dan rumit karena parameter pelacakan ditambahkan atau struktur website bertambah untuk menampung ratusan bahkan ribuan halaman.

Hingga pada era sosial media muncul, URL yang panjang mulai menimbulkan masalah. Awalnya, Twitter, sebagai salah satu sosial media terbesar di dunia, karakter yang dapat dikirimkan dalam pesan mereka dengan maksimal jumlah karakter 140 karakter. Sayangnya Twitter juga fitur tersebut juga berlaku ketika pengguna share URL, sehingga alih - alih Anda ingin membuat tweet, Anda hanya kedapatan share alamat URL saja. Dari situ, URL shorterner menjadi solusi yang praktis untuk pemasalahan tersebut.

Manfaat URL Shortener Service

Konten adalah bagian penting dari strategi pemasaran melalui kanal digital mana pun. Untuk membagikan konten tersebut, Anda memerlukan URL yang ringkas dan mudah diingat. URL shortener memastikan bahwa Anda menyampaikan pesan yang ringkas dan mudah diingat kepada audiens Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang posting di kanal digital. Selain itu, URL shorterner seperti Bitly juga mempunyai keuntungan lainnya seperti:

  • Mempermudah pembagian konten Anda: URL yang disederhanakan dan memiliki branding yang bagus dapat memberi tahu pelanggan semua yang perlu mereka ketahui tentang website Anda. Anda tidak perlu lagi menggunakan URL yang diperkecil dengan kombinasi huruf dan angka acak.
  • Menjadikan URL Anda lebih menarik: URL yang lebih pendek memiliki daya tarik yang lebih estetis. Meskipun ini mungkin tampak tidak penting, URL yang lebih pendek dapat membuat semua perbedaan dalam meyakinkan seseorang untuk mengeklik URL Anda.
  • Memungkinkan pemantauan traffic: Bit.ly dilengkapi dengan monitor pelacakan yang mengukur aktivitas berbagai postingan Anda selama periode tertentu.

Namun, Anda juga perlu memastikan, bahwa penggunaan URL shorterner tidak merusak brand atau reputasi bisnis Anda. Meskipun URL shorterner menjadi solusi praktis untuk kebutuhan meminimalkan panjang suatu URL, nyata layanan ini juga menyembunyikan URL asli dari konten Anda, yang terkadang membuat audience curiga dengan kemanan URL tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan URL Shortener Service?

Ada banyak sekali URL shorterner di pasaran saat ini. Beberapa website, seperti bit.ly, memiliki beberapa fitur menarik seperti pemendekan URL hingga analitik dan pelacakan traffic. Yang lain hanya mengubah URL Anda menjadi URL baru yang lebih pendek dari sisi jumlah karakternya.

Anda cukup menuju website layanan URL shorterner, masukan URL yang ingin Anda pendekan, dan klik tombol untuk memendekan URL website Anda untuk menggunakan layanan URL shorterner ini. Namun, yang perlu Anda ingat adalah Anda harus berhati - hati terhadap  URL shorterner yang menghapus branding dari konten Anda karena hal itu dapat membuat URL terlihat mencurigakan dan tidak aman untuk diakses oleh audience.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!