Mengenal Sistem Point of Sales (POS) dan Keuntungannya bagi Perusahaan

Mengenal Sistem Point of Sales (POS) dan Keuntungannya bagi Perusahaan

by
Winda Ayu
May 23, 2022

Berkembangnya dunia teknologi membuat masyarakat sebagai pelanggan memiliki banyak pilihan dalam melakukan berbagai transaksi. Kini, selain metode konvensional, metode digital juga kerap digunakan oleh masyarakat untuk melakukan suatu transaksi. Tak heran, banyak dari pemiliki usaha yang kini mulai melirik untuk menggunakan sistem digital sebagai pilihan bagi pelanggan mereka untuk melakukan transaksi.

Fungsi dari sistem digital ini sendiri tidak hanya sekedar untuk memproses transaksi penjualan saja, melainkan juga sebagai bagian penting dalam operasional sebuah usaha. Sistem ini sendiri dikenal sebagai sistem POS.

Apa Itu Point of Sales (POS)?

POS atau Point of Sales adalah sebuah sistem yang digunakan dalam kebutuhan berbagai macam usaha bisnis ritel yang berfungsi untuk mempermudah proses transaksi jual beli secara cepat, aman, dan sistematis. POS juga merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional yang masih sering digunakan pada beberapa toko atau usaha.

Pada dasarnya sistem Point of Sales adalah sistem all-in-one untuk melacak arus kas bisnis Anda dengan cara sistematis yang berorientasi untuk meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap pelanggan.

Lalu apa perbedaan dari sistem POS konvensional dan POS modern? 

Perbedaan Cloud POS dengan Conventional POS

Pergeseran metode transaksi dari konvensional ke digital memang tidak dapat dihindari dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi saat ini, dan perubahan perilaku masyarakat dalam melakukan transaksi. 

Oleh sebab itu penggunaan sistem digital layak dipertimbangan bagi para pemilik usaha, agar usaha mereka dapat berkembang dengan lebih cepat.

Lantas, apa yang membedakan antara Point of Sales konvensional dengan digital? 

Biaya

Versi konvensional cenderung membutuhkan biaya setup dan perawatan yang jauh lebih mahal dengan melibatkan teknisi langsung untuk mengecek mulai dari alat hingga kebutuhan software tersebut.

Sedangkan, versi cloud dapat menekan biaya yang dikeluarkan untuk proses maintenance seminimal mungkin. Mengapa bisa demikian? Karena untuk versi terbaru telah menggunakan EPOS (Electronic Point of Sales), dimana untuk pembayarannya sendiri bersifat langganan (subscribe) selama satu tahun pemakaian.

Akses Data

Perangkat konvensional masih menggunakan bantuan alat penyimpanan fisik (hardisk) atau perangkat penyimpanan yang hanya dapat diakses terbatas di suatu tempat saja. Artinya, perangkat tersebut hanya dapat diakses melalui satu alat saja, misalnya pada tempat kerja atau kantor.

Sedangkan, untuk teknologi berbasis internet, akses data dapat dilakukan menggunakan aplikasi langsung. Sehingga, proses pemakaian dapat dijalankan secara real-time dan terkontrol secara terpusat melalui aplikasi tersebut. Anda hanya memerlukan hak akses akun dan perangkat berbasis mobile maupun komputer.

Risiko Kehilangan Data

Tingkat risiko kehilangan data paling memungkinkan terjadi jika Anda menggunakan POS versi konvensional. Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya back up data apabila terjadi kesalahan sistem atau gangguan operasional yang dapat terjadi kapan saja. Akibatnya, data dapat hilang dan tidak ada proses file recovery yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Risiko kehilangan data juga sangat mungkin terjadi pada versi cloud. Akan tetapi keunggulan dari sistem yang memanfaatkan internet ini adalah penjadwalan back up data yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Manfaat Penggunaan Point of Sales (POS)

Selain untuk mempermudah proses transaksi jual–beli, ada beberapa manfaat lain dari sistem POS

Proses Transaksi Lebih Detail dan Lengkap

Dengan menggunakan sistem POS, Anda dapat melakukan transaksi dengan lebih lengkap dan terperinci. Hal ini dikarenakan POS dapat menjumlahkan hasil transaksi secara keseluruhan pada saat itu juga (realtime). Jadi, Anda bisa menjumlahkan hasil transaksi secara periodik baik itu harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mampu Mengecek Persediaan Barang

Anda dapat menghitung jumlah persediaan barang yang ada dan mencatat setiap barang masuk dan keluar melalui sistem POS. Hal ini juga dapat meminimalisir kelalaian pegawai maupun human error dalam mengecek jumlah barang yang tersedia. POS juga dapat melaporkan data persediaan barang yang lebih valid dan real time sehingga Anda dapat memantau pergerakan persediaan barang secara realtime.

Laporan Transaksi Dapat Diakses dengan Mudah

Sistem POS akan menyimpan setiap data transaksi jual-beli yang dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa mengakses laporan transaksi yang terjadi setiap harinya secara lengkap dan realtime kapanpun Anda inginkan. Bahkan laporan ini juga dapat Anda akses secara online karena sistem POS ini terhubung dengan internet.

Perubahan Harga Produk Dapat Dilakukan dengan Mudah

Perubahan harga jual suatu produk seringkali mengalami kenaikan maupun penurunan seiring dengan perubahan pasar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan sistem POS Anda dapat mengubah harga setiap produk dengan mudah. Anda tidak perlu mengubah harga produk satu persatu karena POS juga dapat mengubah harga jual produk mengikuti perkembangan harga jual produk secara otomatis.

Kegiatan Transaksi Lebih Aman dan Nyaman

Sistem POS membantu proses transaksi jual-beli terasa lebih aman dan nyaman. Sebab POS dapat memproses transaksi dengan lebih cepat dan keamanannya pun lebih terjamin karena terkomputerisasi dengan sistem yang canggih.

Membuat Sistem POS untuk Bisnis Anda

Point of Sales (POS) adalah suatu sistem yang dirancang khusus untuk membantu proses transaksi penjualan pelanggan berbasis digital. Dengan menggunakan sistem POS, maka Anda dapat mengembangkan usaha lebih baik lagi, serta terintegrasi dengan berbagai perangkat dan teknologi terbaru.

Memilih sistem POS terbaik tentu saja menjadi keinginan bagi para pebisnis dengan tujuan untuk meningkatkan performa penjualan. Walaupun untuk membuat sistem POS Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Telebih lagi jika Anda tidak secara detail merinci kebutuhan sistem tersebut agar tepat guna untuk model bisnis Anda.

Softwareseni siap membantu Anda membangun sistem POS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Softwareseni telah berpengalaman dalam membangun sistem POS untuk perusahaan-perusahaan terkemuka baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997