OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Mengenal Proxy Server dan Perannya Untuk Keamanan Sistem Perusahaan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Apr 14, 2022

Mengenal Proxy Server dan Perannya Untuk Keamanan Sistem Perusahaan

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Pernahkah Anda memperhatikan keamanan data Anda ketika anda sendang berselancar di internet? Jika tidak, maka perlu Anda ketahui bahwa banyak sekali kasus pencurian data yang memanfaatkan internet sebagai media untuk mengambil sebuah data. Apalagi jika Anda berselancar di internet menggunakan jaringan publik, maka besar resiko celah keamanan dimana data pribadi atau bahkan data rahasia perusahaan Anda dapat bocor dan jatuh ditangan orang yang salah.

Akses internet sendiri mempunyai beberapa proses yang tanpa kita sadari merupakan hal penting yang perlu kita ketahui, salah satunya adalah proxy. 

Apa Itu Proxy Server?

Ketika Anda menjelajah atau berselancar di internet, Anda akan secara langsung terhubung dengan suatu web server melalui IP address perangkat tersebut.

Proses itu akan sedikit berbeda ketika menggunakan proxy server. Request Anda akan  dikirimkan ke proxy server dan proxy lah yang akan berkomunikasi dengan web server mengatasnamakan server Anda.

Jadi bisa dikatakan, proxy server adalah gerbang yang menghubungkan Anda dengan internet. Dengan proxy, Anda seperti memiliki perangkat komputer tambahan yang memungkinkan Anda menelusuri internet menggunakan IP address yang berbeda.

Sumber gambar: jetorbit.com

Jenis-jenis Proxy Server

Ada beberapa jenis proxy server yang perlu Anda ketahui, setiap proxy server memiliki peranan dan kegunaan masing - masing dan berikut adalah beberapa jenis proxy server:

Transparent Proxy

Transparent proxy seringkali digunakan oleh suatu perusahaan dan institusi untuk memfilter konten dan mengaktifkan fitur caching di jaringannya. Namun perlu diingat, jenis ini tidak dibekali dengan kemampuan untuk memodifikasi request dari komputer client maupun respons dari web server; sehingga bukanlah opsi yang tepat untuk keperluan privasi dan keamanan.

Anonymous Proxy

Seperti transparent proxy, anonymous proxy juga akan memberitahukan web server bahwa Anda terhubung melalui proxy. Perbedaannya, anonymous proxy tidak akan menginformasikan IP address maupun data perangkat Anda ke dalam request. Sebagaimana namanya, tipe ini bisa dimanfaatkan untuk menjelajah internet dalam mode anonymous.  

Distorting Proxy

Distorting proxy sebenarnya mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan anonymous proxy. Hanya saja, tipe proxy ini akan mengganti dan memberikan IP address palsu di dalam request Anda. Itulah mengapa distorting proxy banyak digunakan untuk menembus restriksi konten karena dapat membuat koneksi Anda seolah-olah datang dari lokasi tertentu.

High Anonymity Proxy

Berbeda dengan jenis-jenis proxy yang sebelumnya, high anonymity proxy atau elite proxy tidak akan menginformasikan web server bahwa Anda terhubung melalui proxy. Hebatnya, tipe proxy ini tidak hanya dapat menyembunyikan IP address dan data personal Anda, namun juga secara berkala mengganti IP address yang diberikan kepada web server.

Public Proxy

Public proxy adalah jenis proxy yang bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis. Sayangnya, tipe ini cenderung memiliki performa yang lambat dan bisa down kapan saja. Bahayanya lagi, Anda juga tidak mengetahui siapa pihak yang menyediakan layanan proxy ini, sehingga sangat terbuka kemungkinan jika data sensitif Anda diakses oleh penyedia tool tanpa sepengetahuan Anda.

Private Proxy

Berbanding terbalik dengan public proxy, private proxy hanya bisa digunakan oleh satu pengguna dan menawarkan dedicated IP address. Tipe ini juga biasanya dibekali dengan fitur premium; seperti koneksi yang cepat, dukungan protokol HTTPS, unlimited bandwidth, serta fitur terbaik lainnya.

Fungsi Proxy Server

Fungsi yang diberikan oleh penggunaan proxy server tentu membuat para pengguna lebih mudah dalam mengakses internet. Berikut adalah rangkuman kegunaan proxy server terhadap pengguna internet:

Meningkatkan Keamanan

Proxy server dapat bertindak seperti firewall dan mampu mengenkripsi web request yang Anda buat, sehingga bisa melindungi Anda dari ancaman hackers yang ingin mengakses data penting Anda. 

Menjaga Privasi

Dengan menggunakan proxy server, IP address Anda akan disembunyikan. Artinya, Anda bisa dengan bebas menjelajah internet dalam mode anonymous, tanpa perlu khawatir informasi personal Anda akan diketahui dan direkam oleh web server atau website yang Anda kunjungi.   

Mengontrol Penggunaan Internet

Proxy server bisa digunakan untuk mengontrol konten apa saja yang bisa diakses di Internet. Misalnya, suatu perusahaan atau organisasi dapat memanfaatkannya untuk memblokir situs yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan atau dapat mengganggu proses kerja karyawan.

Efisiensi Sumber Daya

Hebatnya, proxy server juga dibekali dengan fitur caching, sehingga bisa mengurangi penggunaan bandwidth jaringan Anda serta meningkatkan kecepatan loading time website favorit Anda.

Mengakses Jaringan yang Diblokir

Seringkali, Anda mungkin kesulitan mengakses konten di internet karena terhalang geo-restrictions. Kabar baiknya, dengan proxy, Anda bisa dengan bebas mengubah lokasi geografis Anda agar bisa mengakses konten yang diblokir tersebut.

Mengapa Perlu Menggunakan Proxy Server?

Proxy merupakan layanan keamanan internet yang penting keberadaannya bagi perusahaan anda. Anda dapat memantau pekerjaan karyawan hanya dengan menggunakan proxy ini. Anda juga dapat memblokir situs website yang berpotensi akan mengganggu kinerja karyawan Anda selama mengguakan internet.

Selain itu, terdapat banyak manfaat dari proxy yaitu meningkatkan keamanan, menjaga privasi, mengontrol penggunaan internet, efisiensi sumber daya, dan mengakses jaringan penting bagi kinerja perusahaan yang di blokir.

Softwareseni adalah salah satu software house terbaik di Indonesia yang siap membantu Anda untuk menyediakan layanan server yang reliable  untuk menunjang kinerja karyawan dan perusahaan Anda. SoftwareSeni telah berpengalaman dalam menyediakan layanan untuk perusahaan-perusahaan terkemuka baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!