Mengenal Personalized Marketing untuk Mendongkrak Penjualan

Mengenal Personalized Marketing untuk Mendongkrak Penjualan

by
Winda Ayu
August 29, 2022
September 15, 2022

Berkembangnya dunia digital  secara eksplonensial, digadang-gadang sebagai pintu gerbang kemudahan dalam proses pemasaran dari suatu bisnis. Memilih strategi bisnis yang tepat menjadi salah satu hal yang sangat penting ditengah kompetisi bisnis online yang begitu menjamur. Personalized marketing bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi bisnis Anda. 

Melalui pendekatan pemasaran dengan personalisasi, konsumen Anda akan merasa dimengerti, sehingga lebih mudah untuk Anda dorong melakukan transaksi.

Mari simak penjelasan lebih lanjut terkait personalized marketing selengkapnya!

Apa Itu Personalized Marketing?

Personalized marketing adalah sebuah upaya untuk memberikan konten marketing yang sesuai dengan target konsumen. Hal ini dilakukan agar Anda bisa membangun komunikasi secara personal dengan konsumen dengan pesan yang relevan dengan kebutuhan mereka. 

Melalui cara pemasaran tersebut, Anda akan lebih mudah mendorong konsumen untuk tidak hanya melakukan transaksi, tetapi juga menjadi pelanggan tetap.

Personalized marketing dilakukan dengan menggunakan tools analytics untuk mengumpulkan data yang menggambarkan karakteristik konsumen. Contoh datanya termasuk minat, lokasi, dan produk brand Anda.

Data yang ada kemudian bisa dimanfaatkan untuk membuat kategori atau segmen konsumen. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan email newsletter, iklan, dan konten lain berisi penawaran yang tepat untuk masing-masing segmen.

Manfaat Personalized Marketing

Manfaat dari Personalized Marketing adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Penjualan

Seperti halnya aktifitas marketing pada umumnya, manfaat pertama dalam penggunaan personalized marketing adalah meningkatkan penjualan. Membuat konten yang bersifat personal dan bertujuan untuk menempatkan produk serta layanan sebagai sesuatu yang bermanfaat bagi konsumen.

  1. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Upaya dalam personalized marketing akan membuat sebuah merek lebih mengenal dan lebih dekat dengan konsumen. Dan ini menjadi langkah awal membangun hubungan dan meningkatkan rasa percaya antara brand dengan konsumen.

  1. Meraih Perhatian Konsumen

Pesan personal yang disampaikan kepada seseorang tentu saja ditujukan untuk meraih perhatian. Dan itu pula yang akan didapatkan ketika menggunakan personalized marketing. Dengan menyediakan konten yang benar-benar diminati oleh konsumen, sudah pasti lebih efektif untuk membuat mereka menyisihkan waktu dan memberikan perhatian lebih kepada sebuah brand/perusahaan.

  1. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Pengalaman konsumen menjadi bagian penting dalam sebuah strategi marketing. Pada tahap ini konsumen tidak sekadar memperoleh informasi semata, tetapi ikut merasakan dan terlibat dengan produk maupun layanan yang disediakan.

Sesuatu yang langsung dialami biasanya akan lebih menyentuh dan tertanam pada hati konsumen. Dan interaksi dengan konsumen yang ditonjolkan dalam personalized marketing menjadi cara efektif untuk konsumen merasa dilibatkan.

  1. Repeat Order

Dampak berkelanjutan dari sebuah brand dalam meningkatkan pengalaman konsumen adalah terjadinya repeat order atau pembelian kembali. Sesuatu yang menyentuh dan tertanam dalam hati seperti yang dijelaskan sebelumnya sudah tentu membuat konsumen akan kembali memilih produk dan layanan tersebut.

  1. Meningkatkan Pengetahuan Tentang Konsumen

Tuntutan personalized marketing untuk mendapatkan data yang tepat dan akurat, pasti membuat pelaku bisnis lebih berusaha untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya data. Semakin banyak mengumpulkan data, maka semakin mudah pula untuk mengetahui apapun mengenai konsumen.

Memulai Personalized Marketing

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan personalized marketing dan banyak manfaat yang dihasilkan melalui proses personalize marketing yang tepat, sudah saatnya para pelaku bisnis mempertimbangkan pemakaian personalized marketing untuk bisnis Anda.

Salah satu cara yang mudah dalam menggunakan personalized marketing selain menggunakan sosial media adalah dengan menggunakan website atau aplikasi yang lebih personal. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat landing page menarik yang sesuai dengan kepribadian target konsumen.

Anda bisa memodifikasi beberapa hal yang tentunya sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Selain menggunakan pendekatan tersebut, terdapat cara yang bisa juga dipilih untuk membantu proses bisnis Anda, seperti menggunakan jasa konsultasi pembuatan website. Salah satunya adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman dalam membuat aplikasi berbasis website maupun aplikasi untuk instansi dan perusahaan terkemuka di Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997