Mengenal Pembuatan Aplikasi Web dengan Menggunakan Express.js

Mengenal Pembuatan Aplikasi Web dengan Menggunakan Express.js

by
Winda Ayu
February 8, 2022
July 13, 2022

Dalam proses pengembangan aplikasi web, biasanya dibagi menjadi dua proses yaitu front-end dan back-end. Jika diibaratkan sebuah mobil, tampilan luar, desain mobil dan kenyamanan pengguna adalah bagian dari pengerjaan frontend, sedangkan mesin, pengolahan bahan bakar dan mengukur laju kendaraan adalah tugas dari backend.

Saat ini, sudah banyak framework atau kerangka kerja populer yang dapat membantu programmer dalam melakukan proses pengembangan aplikasi, baik dari sisi front-end maupun back-end. Satu di antara banyak framework pada sisi back-end yang banyak digunakan adalah Express.js.

Apa Itu Express.js?

Express.js, atau singkatnya Express, adalah salah satu framework yang berasal dari bahasa pemrograman JavaScript yang dirancang secara fleksibel dan minimalis, untuk pengembangan aplikasi back-end. Framework hasil pengembangan dari Node.js ini bisa memberikan kemudahan dalam pembuatan aplikasi dari server-side. Express.js juga merupakan library dasar framework Node.js.

Pada dasarnya Express.js berupa library JavaScript dimana kita dapat membangun sistem back-end dengan mudah mulai dari pengaturan NPM (Node Package Manager), instal express package, membuat model, routes, dan lain-lain. Banyak perusahaan besar yang menggunakan framework Express.js seperti IBM, Paypal, GoDaddy, Walmart, Storylens, Flickr dan masih banyak lagi.

Dengan Express.js, programmer tidak perlu lagi membuat aplikasi web menggunakan module http bawaan Node.js. Framework dengan serangkaian fitur menarik, seperti routing, rendering view, dan didukung oleh middleware ini bisa menghemat waktu dalam mengembangkan aplikasi Node.js. Library ini juga memberikan kemudahan dalam membangun sistem back-end, dan memberikan kebebasan bagi para pengembang untuk mendesain aplikasi.

Kelebihan Menggunakan Express.js

Express.js memiliki beberapa manfaat yang membuat framework ini lebih unggul daripada framework yang lain. Di antaranya:

Didukung Oleh JavaScript

Express.js menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dimana bahasa ini termasuk bahasa yang mudah dipelajari. Programmer dapat mengerjakan bagian front-end dan back-end secara langsung dengan bahasa yang linear yaitu JavaScript. Hal ini tentunya akan membuat waktu proses pengembangan menjadi lebih cepat.


Selain itu, dengan Express.js dapat mengurangi biaya pengembang untuk maintenance aplikasi. Karena Express.js adalah full-stack JavaScript, sehingga tidak perlu menyewa developer yang berbeda untuk mengelola front-end dan back-end suatu aplikasi.

Dukungan Google V8 Engine

Karena mendapat dukungan dari mesin Google V8, Express.js mampu meningkatkan kinerja pada aplikasi menjadi lebih maksimal tanpa adanya error pada proses development.

Biaya Lebih Rendah

Express.js merupakan full-stack JavaScript, yang berarti tidak perlu merogoh kocek lebih karena biaya tambahan untuk mencari tambahan tim dari front-end maupun back-end tidak dibutuhkan. Framework ini mampu menekankan biaya pengembangan aplikasi untuk proses maintenance.

Fitur Caching

Fitur caching dapat mempengaruhi sisi performa dari sebuah aplikasi yang dibuat. Dengan fitur caching, eksekusi kode tidak perlu dilakukan secara berulang atau terus-menerus. Sehingga, halaman web bisa dimuat dengan cepat. 

Memiliki Komunitas yang Cukup Besar

Framework ini mempunyai komunitas yang sangat luas dan mudah ditemukan pada website resminya. Meminta solusi terkait permasalahan yang dialami ketika menggunakan Express.js, sharing, atau sekadar mengajukan pertanyaan bisa dilakukan.

Jadi, jika Anda memiliki kebutuhan untuk membangun platform digital seperti website, dengan kecepatan dan dan efisiensi waktu pengerjaan sebagai goal utama dari platform digital Anda, maka penggunaan Express.js untuk website development bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Untuk mencari Express.js developer yang mumpuni pun kini menjadi lebih mudah, karena hampir semua perusahaan pengembang atau software house memiliki developer yang diperuntukan khusus untuk kebutuhan Express.js. Dan Softwareseni adalah salah satu dari perusahaan pengembang tersebut.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997