Mengenal Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

Mengenal Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

by
Winda Ayu
March 9, 2022
July 13, 2022

Dilihat dari perkembangan sejarah pengembangan aplikasi Android, Java dikenal sebagai bahasa utama dalam mengembangkan aplikasi Android. Namun, tidak dibenarkan juga untuk mengatakan bahwa Java adalah satu-satunya atau pilihan terbaik dalam membangun aplikasi Android. 

Dengan terus berkembangnya teknologi yang ada saat ini, berbagai bahasa pemrograman turunan dari Java mulai mulai bermunculan yang tentunya menarik perhatian para developers. Dan Salah satu bahasan pemrograman turunan dari Java yang menjadi primadona untuk saat ini adalah Kotlin.

Apa alasannya? Selain karena bahasa Kotlin sedang populer berkat dukungan resmi dari Google, Kotlin juga punya banyak fitur unggulan dibanding bahasa pemrograman lain.

Apa itu Kotlin?

Kotlin merupakan bahasa pemrograman open-source yang dikembangkan oleh JetBrains untuk berbagai platform. Tapi, bahasa pemrograman ini semakin populer digunakan untuk membangun aplikasi Android.

Bahasa Kotlin berjalan pada platform Java Virtual Machine (JVM), sebuah platform yang memungkinkan komputer menjalankan kode berbasis Java, atau kode dari bahasa lain yang dikompilasi (compile) menggunakan Java.

Dalam arti lain, Kotlin bisa menerapkan mekanisme compile pada Java, yaitu menulis kode lalu menjalankannya di platform yang mendukung (Write Once Run Anywhere). Bahkan, Kotlin juga bisa digunakan bersama dengan Java. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan Kotlin dan Java sekaligus untuk membangun satu aplikasi Android. 

Bahasa pemrograman Kotlin tergolong bahasa yang diketik secara statis (statically typed). Artinya, semua variabel yang dimasukkan ke dalam program harus dikenalkan terlebih dahulu apa jenisnya. Dengan begitu, error yang terjadi saat menulis kode (coding) dapat terdeteksi saat itu juga. Sehingga pada saat proses compile, program sudah benar-benar bersih dari error.

Alasan Mengapa Kotlin Begitu Populer

Sebagai bahasa pemrograman, fungsi Kotlin adalah membuat aplikasi Android agar dapat berjalan dengan lancar. Tapi, fungsi Kotlin tidak hanya sebatas itu. Kotlin juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi iOS dan web-based application karena merupakan bahasa pemrograman multiplatform. Contoh aplikasi yang dibangun menggunakan Kotlin adalah Netflix (iOS), dan Data2viz serta Barclay’s Bank (web-based).

Ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus memilih bahasa pemrograman Kotlin untuk membangun aplikasi Android, antara lain:

Open-Source

Kotlin resmi diumumkan sebagai bahasa pemrograman open-source pada tahun 2012. Hal ini memudahkan developer untuk mendapatkan pengembangan produk inti dan mendapatkan dukungan besar dari tim Kotlin. Developer dapat melakukan root untuk pengembangan aplikasi berkualitas tinggi dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin untuk aplikasi android.

Mudah Diatur

Sejak diperkenalkannya Android Studio 3.0, rincian update sekarang menawarkan fitur built-in untuk mendukung pengembangan aplikasi Kotlin dan programmer tidak perlu menggunakan plug-in untuk menambahkan dukungan pemrograman Kotlin.

Interoperabilitas dengan Java

Karena Kotlin dapat dioperasikan 100% dengan bahasa pemrograman Java, para pengembang dapat menggunakan Kotlin dan kode Java secara berdampingan dalam satu proyek tanpa harus khawatir mengganggu alur jalannya pemrograman. Yang harus mereka lakukan hanyalah menambahkan alat tambahan dan kerangka kerja yang diperlukan tanpa mengganggu proses yang sedang berlangsung.

Kode yang Ringkas

Salah satu alasan terbaik untuk memilih Kotlin untuk Aplikasi Android adalah karena mengurangi kode boilerplate. Pemrogram tidak perlu menulis kode yang panjang dan berulang saat memprogram dengan Kotlin. Ada beberapa metode yang mengurangi panjang keseluruhan kode hampir 205 sehingga mempercepat proses implementasi.

Mudah dan Sederhana

Sejauh ini, Kotlin adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk aplikasi Android karena mudah dipelajari. Organisasi telah mengembangkannya sedemikian rupa sehingga orang dapat dengan mudah memahami kode tanpa harus mempraktekkannya berulang kali. Mudah untuk membuat kelas dan menulis sintaks dengan Kotlin dibandingkan dengan Java.

Lebih Aman daripada Java

Dirancang sedemikian rupa, Kotlin mampu mencegah kesalahan umum yang terjadi dalam kode sehingga menghasilkan implementasi yang lebih baik dan kegagalan sistem yang lebih sedikit. Menulis kode yang kuat adalah salah satu alasan yang paling dicari untuk memilih Kotlin untuk Pengembangan Aplikasi Android.

Upgradeable 

Kotlin dikembangkan secara strategis oleh JetBrains untuk digunakan untuk kebutuhan pemrograman mereka juga, hal ini memaksa perusahaan induk untuk mengembangkannya lebih lanjut. JetBrains dikenal menawarkan banyak upaya untuk membuatnya sukses sambil menawarkan perubahan yang diperlukan untuk membuatnya lebih baik.

Keuntungan Menggunakan Kotlin untuk Aplikasi Bisnis

Dikarenakan Kotlin lebih tahan error, aplikasi akan menjadi lebih mudah dan lebih murah untuk dirawat. Kotlin juga memfasilitasi pengembangan yang lebih cepat karena jauh lebih ringkas – perkiraan kasar menunjukkan bahwa ia dapat memotong sebanyak 40% baris kode dibandingkan dengan Java.

Lebih sedikit baris kode sama artinya dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pengkodean yang berarti lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk pengembangan.

Kotlin juga menjadi semakin universal dan juga multiplatform, jadi Anda akan dapat memindahkan aplikasi Anda dari satu platform ke platform lain jika perlu. Terakhir, kerangka kerjanya baru, efisien, dan menarik, yang menarik pengembang yang baik.

Ini memungkinkan pelaksanaan tugas yang sama dengan lebih sedikit waktu dan usaha. Jika kodenya lebih sederhana dan mudah dipahami, kesalahan lebih sulit dibuat dan lebih mudah ditemukan, sehingga peluangnya berkurang secara signifikan.

Bangun Aplikasi Androidmu Sendiri Bersama SoftwareSeni!

Development aplikasi mobile, seperti aplikasi Android bukan lagi rahasia umum sebagai salah satu platform yang ditengarai dapat meningkatkan traksaksi bisnis suatu perusahaan. Membuat aplikasi mobile berarti Anda membuka peluang untuk mengembangkan bisnis lebih cepat lagi, memberikan privilege pada konsumen Anda, serta menjadi salah satu strategi digital marketing yang telah terbukti sukses.

Untungnya Anda tidak perlu bingung dalam membuat aplikasi mobile yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, karena sekarang sudah banyak perusahaan pengembang yang menyediakan jasa untuk membuat aplikasi mobile, khususnya aplikasi Android.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. SoftwareSeni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997