OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Mengenal Indikator Kepuasan Pelanggan
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Dec 27, 2021

Mengenal Indikator Kepuasan Pelanggan

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Kepuasan pelanggan dapat menjadi indikator suksesnya suatu bisnis. Kepuasan pelanggan sendiri merupakan suatu respon yang diberikan oleh pelanggan mengenai seberapa baik produk atau layanan dari sebuah bisnis yang memenuhi ekspektasi atau harapan dari pelanggan itu sendiri.

Dan di era digital seperti saat ini, penting bagi suatu bisnis untuk cerdas dalam merespon penilaian pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. 

Tentunya respon atau penilaian yang baik dari pelanggan dapat membawa bisnis untuk terus berinovasi dan menciptakan produk yang benar - benar sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sedangkan respon atau penilaian yang kurang baik dari pelanggan, dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi agar bisnis yang dijalani menjadi lebih baik kedepannya.

Memang, bukanlah sebuah perkara mudah dalam memenuhi ekspektasi pelanggan, terlebih lagi dengan semakin ketatnya persaingan bisnis di era digital saat ini. Oleh karena itu, merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan untuk memahami indikator - indikator kepuasan pelanggan, agar bisnis mereka tetap dicintai dan diminati oleh pelanggan.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Berikut ini adalah beberapa indikator kepuasan pelanggan yang bisa Anda gunakan untuk menilai kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kualitas Produk yang Ditawarkan

Kualitas produk menjadi indikator utama dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Pada umumnya kualitas produk merupakan representasi dari keseriusan sebuah perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik mereka pada pelanggan.

Kualitas produk yang baik juga memastikan pelanggan mendapatkan value dan manfaat produk yang sesuai dengan uang yang harus mereka keluarkan.

Kualitas Pelayanan yang Diberikan

Dalam sebuah bisnis, membangun impresi dan engagement pelanggan merupakan hal yang penting, terutama untuk memasuki target pasar baru. Dan salah satu cara terbaik untuk membangun impresi yang baik dan mendapatkan engagement pelanggan yang optimal adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Nyatanya selain kualitas produk yang baik, kualitas pelayanan yang baik juga membuat pelanggan betah menggunakan suatu produk, bahkan cenderung loyal terhadapnya.

Menurut data salesforce dengan kualitas pelayanan yang sangat baik, 78% konsumen akan tetap setia kepada suatu brand, walaupun suatu bisnis melakukan sebuah kesalahan mengenai produk mereka. Maka sudah semestinya sebuah bisnis memberikan pelayanan yang maksimal, ramah pada pelanggan, mengedukasi, responsif, serta memberikan solusi atas kebutuhan pelanggan.

Harga Produk

Sebanyak 60% pelanggan menjadikan harga produk sebagai faktor utama untuk mengambil keputusan, apakah mereka akan membeli produk atau layanan tersebut atau tidak. Namun bukan berarti mengabaikan kualitas produk dengan untuk mendapatkan harga yang murah.

Perusahaan harus cerdas menetapkan harga yang tepat dari produk atau layanan yang mereka jual ke pelanggan. Perlu adanya riset pasar dan target konsumen yang mumpuni, sebelum menetapkan harga suatu produk atau sebuah layanan, sehingga produk atau layanan yang ditawarkan memiliki harga yang terjangkau untuk target konsumen yang diinginkan.

Strategi Pemasaran

Era digital memberikan banyak pilihan bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada target pelanggan mereka. Salah satu strategi pemasaran yang paling banyak diminati saat ini adalah strategi pemasaran digital, baik berupa iklan digital, website, aplikasi mobile, hingga pemanfaatan sosial media sebagai media untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sedangkan untuk konten promosi sendiri, pelanggan kini lebih senang dengan konten promosi yang mengedukasi, jujur, sedikit nyeleneh dan menghibur serta memberikan solusi dari kebutuhan pelanggan itu sendiri. Sebaliknya, pelanggan kini cenderung tidak suka dengan konten promosi yang terlalu berlebihan atau bersifat hiperbola. 

Oleh karena itu baik strategi pemasaran maupun konten promosi dari sebuah produk perlu diperhatikan baik - baik, jika ingin pelaku bisnis ingin pelanggan mereka puas atas produk yang mereka tawarkan.

Customer Experience

Memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan merupakan sebuah keharusan untuk menarik hati pelanggan. Tak heran, banyak perusahaan yang telah sukses terus berinovasi untuk menciptakan customer experience menyenangkan bagi pelanggan - pelanggan mereka.

Selain dengan memberikan kesan nyaman dalam pelayanan pelanggan, tak sedikit dari perusahaan yang juga berinvestasi pada platform digital seperti website, aplikasi mobile ataupun sosial media, sebagai media penghubung antara bisnis mereka dengan target konsumen mereka.

Platform digital yang bersifat fleksibel, mudah, serta menarik akan membuat pengalaman belanja yang menyenangkan, dan tentu saja itu akan menjadi nilai tambah bagi sebuah brand di mata pelanggannya. 

Oleh karena itu, ketersediaan platform digital sebagai media penghubung antara bisnis dan pelanggan menjadi sangat penting di era digital seperti saat ini, selain memang adanya perubahan minat dan perilaku belanja masyarakat yang cenderung lebih menyukai belanja online.

Untuk membangun platform digital pun kini tidak sulit, banyak perusahaan pengembang atau software house yang bisa Anda ajak berkolaborasi untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!