Blog
Dev
Mengenal Go, Bahasa Pemrograman yang Kian Populer
Dev
Jul 29, 2021
Jan 3, 2023

Mengenal Go, Bahasa Pemrograman yang Kian Populer

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Banyaknya bahasa pemrograman baru yang bermunculan menjadi tolak ukur betapa cepatnya perkembangan teknologi serta merepresentasikan semakin besarnya kebutuhan akan teknologi itu sendiri. Dan salah satu bahasa pemrograman yang kian populer saat ini adalah Go.

Go, atau yang biasa disebut dengan Golang, adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2007. Go merupakan bahasa pemrograman yang cepat, mudah digunakan, dan memiliki fitur yang membuatnya ideal untuk aplikasi web dan sistem.

Salah satu keunggulan Go adalah kecepatannya dalam eksekusi. Go menggunakan kompilasi ter-otomatisasi, sehingga kode Go akan di-compile menjadi biner yang siap dijalankan di mesin target. Hal ini membuat Go lebih cepat daripada bahasa pemrograman yang menggunakan interpreter seperti Python atau Ruby.

Go juga memiliki fitur yang membuatnya ideal untuk aplikasi web. Go memiliki banyak library yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web, seperti net/http yang merupakan library standar untuk membuat server HTTP. Go juga memiliki fitur concurrency yang membuatnya mudah untuk membuat aplikasi yang dapat menangani banyak request secara bersamaan.

Selain itu, Go juga memiliki fitur yang membuatnya ideal untuk sistem. Go memiliki fitur garbage collection yang membuatnya lebih mudah untuk menangani memori dibandingkan bahasa pemrograman seperti C atau C++. Go juga memiliki tipe data yang sederhana namun powerful, seperti slice yang merupakan tipe data untuk menangani array dinamis.

Go telah digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Google, Netflix, Dropbox, dan lainnya. Go sangat populer di kalangan developer yang mengembangkan aplikasi web dan sistem, karena kecepatan eksekusinya yang tinggi dan fitur-fitur yang membuatnya mudah digunakan.

Fitur Pada Bahasa Pemrograman GoLang

Ada beberapa fitur unggulan dari bahasa pemrograman GoLang yang membuat GoLang menjadi kian populer dikalangan developer dan industri teknologi saat ini, diantaranya:

  1. Kompilasi ter-otomatisasi: Go menggunakan kompilasi ter-otomatisasi, sehingga kode Go akan di-compile menjadi biner yang siap dijalankan di mesin target. Hal ini membuat Go lebih cepat daripada bahasa pemrograman yang menggunakan interpreter seperti Python atau Ruby.
  2. Concurrency: Go memiliki fitur concurrency yang memudahkan developer untuk membuat aplikasi yang dapat menangani banyak request secara bersamaan. Fitur ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi web atau sistem yang harus menangani banyak request secara bersamaan.
  3. Garbage collection: Go memiliki fitur garbage collection yang memudahkan developer untuk menangani memori dibandingkan bahasa pemrograman seperti C atau C++. Fitur ini membuat Go lebih mudah digunakan dan meminimalkan risiko terjadinya memory leak.
  4. Tipe data yang sederhana namun powerful: Go memiliki tipe data yang sederhana namun powerful, seperti slice yang merupakan tipe data untuk menangani array dinamis. Tipe data tersebut memudahkan developer dalam menangani data yang besar dan membuat kode Go lebih mudah dibaca dan dipahami.
  5. Library yang lengkap: Go memiliki banyak library yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi web, seperti net/http yang merupakan library standar untuk membuat server HTTP. Selain itu, Go juga memiliki library standar yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis file, sehingga memudahkan developer dalam membangun sistem manajemen file.
  6. Komunitas yang aktif: Go telah digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Google, Netflix, Dropbox, dan lainnya. Hal ini membuat Go menjadi bahasa pemrograman yang cepat berkembang dan semakin populer di kalangan developer. Ada banyak komunitas Go yang aktif di forum online seperti Stack Overflow, Reddit, dan lainnya, di mana Anda bisa bertanya dan belajar dari developer lain yang lebih berpengalaman.

Sistem yang Cocok Dikembangkan Menggunakan GoLang

Dari fitur tersebut GoLang kerap menjadi “andalan” bagi industri perusahaan untuk membangun sistem yang mereka butuhkan untuk mengembangkan bisnis maupun bersaing di tengah ketatnya bisnis di era digital. 

Go sendiri dapat digunakan untuk membangun berbagai macam sistem, baik sistem yang kecil maupun sistem yang besar. Beberapa contoh sistem yang dapat dibangun menggunakan Go adalah:

  • Aplikasi web: Go dapat digunakan untuk membangun aplikasi web, baik aplikasi web yang sederhana maupun aplikasi web yang kompleks. Go memiliki library standar yang dapat digunakan untuk membuat server HTTP, sehingga memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan Go.
  • Sistem microservices: Go dapat digunakan untuk membangun sistem microservices yang terdiri dari beberapa service yang saling terhubung dan bekerja sama untuk menyelesaikan suatu tugas. Go memiliki fitur concurrency yang memudahkan developer untuk membuat service yang dapat menangani banyak request secara bersamaan.
  • Sistem yang menggunakan banyak CPU: Go dapat digunakan untuk membangun sistem yang menggunakan banyak CPU, seperti sistem yang digunakan untuk menyelesaikan suatu perhitungan yang rumit. Go memiliki fitur concurrency yang memudahkan developer untuk membuat program yang dapat menggunakan banyak CPU secara bersamaan.
  • Sistem monitoring: Go dapat digunakan untuk membangun sistem monitoring yang dapat memantau kinerja suatu sistem atau aplikasi. Go memiliki fitur concurrency yang memudahkan developer untuk membuat program yang dapat menangani banyak request secara bersamaan, sehingga sistem monitoring yang dibangun dengan Go dapat menangani banyak request data secara bersamaan.
  • Sistem manajemen file: Go dapat digunakan untuk membangun sistem manajemen file yang dapat menyimpan, memanipulasi, dan mengakses file dari berbagai sumber. Go memiliki library standar yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis file, sehingga memudahkan developer untuk membuat sistem manajemen file dengan Go.

Dari situlah, meskipun Go masih termasuk bahasa pemrograman yang relatif baru, Go menjadi bahasa pemrograman yang cepat berkembang dan semakin populer di kalangan developer maupun industri bisnis digital saat ini.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223