Mengenal CMS Lebih Dekat

Mengenal CMS Lebih Dekat

by
Winda Ayu
December 28, 2021

Berkembangnya informasi yang begitu cepat selaras dengan meningkatnya kebutuhan akan manajemen informasi yang baik dan efisien. Berawal dari kebutuhan tersebut, lahirlah CMS atau Content Management System yang merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu user dalam proses memanage konten. 

CMS hadir untuk mempermudah orang-orang yang ingin membuat website sederhana dan menarik karena tidak perlu memahami bahasa pemrograman komputer atau coding. 

Tidak hanya membuat laman website, CMS juga hadir untuk mempermudah Anda mengelola, mengedit, dan memposting konten dengan mudah.

Bagi yang udah penasaran, yuk kenali CMS lebih dekat!

Apa Yang Dimaksud Dengan CMS

Content Management System atau biasa disingkat dengan CMS adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur dan membuat berbagai konten pada website. Contohnya adalah website company profile, blog, forum, landing page, dan lain sebagainya.

Umumnya, sebuah CMS akan memberikan Anda sebuah antarmuka (user interface) di mana Anda bisa mengatur tampilan, fitur dan isi website dengan praktis.

Sistem manajemen konten merupakan salah satu solusi yang cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan situs tanpa harus belajar lebih dalam mengenai bahasa pemrograman atau coding.

Meskipun tanpa perlu memahami bahasa pemrograman, Anda tetap bisa mendekorasi website sesuai dengan kebutuhan anda dan tidak kalah dengan tampilan sebuah website menggunakan proses coding.

Mengenal Fungsi CMS

CMS memiliki fungsi utama untuk dapat mengelola dan mengembangkan konten secara lebih fleksibel, mudah, dan cepat. Sebagai sebuah software, CMS memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna untuk dapat mengeksplorasi lebih dalam mengenai konten yang dimuat dalam sebuah website yang diinginkan.  

Kemudahan dalam sistem pengelolaan konten ini meliputi proses penyortiran artikel atau blog yang lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu untuk fokus dalam pemgembangan pembuatan konten dan pengembangan layout sendiri telah disediakan secara default oleh CMS.

Selain itu, fungsi CMS adalah mampu untuk menjaga kualitas dari desain dan tampilan website. Hal yang sangat diperhatikan agar setiap pengunjung dari website mendapatkan pengalaman dari sisi tampilan dan penggunaannya. Fungsi dari desain website agar tampilan lebih menarik, interaktif, dan tidak membuat pembaca merasa bosan ketika membaca konten di dalam sebuah website.

Yang terakhir, fungsi CMS adalah mempunyai fitur untuk hak akses sebagai administrator yang mengatur proses pengelolaan dan manajemen konten dalam website. Namun, ada beberapa website yang bisa ditemui dan tidak menyediakan akses administrator.

Mengenal Macam-macam CMS

Setelah mengetahui apa itu CMS dan fungsinya, Anda pasti bertanya, apa saja contoh CMS yang sebaiknya digunakan? Nah, di bawah ini adalah enam content management system gratis yang populer:

Drupal

Meskipun penggunaanya masih sangat sedikit apabila dibandingkan dengan WordPress, Drupal merupakan aplikasi open source yang tergolong dalam CMS. Proses instalasi dari drupal sama dengan aplikasi CMS yang lain. 

Kelebihan dari Drupal CMS adalah dari sisi keamanan yang sangat diperhatikan oleh pengembang Drupal. Kemudian, selain itu, Drupal juga mudah untuk digunakan dalam penyusunan konten dan bersifat fleksibel. Untuk versi terbaru dari Drupal, telah mengalami berbagai perubahan dari segi optimasi CSS, JavaScript, dan perbaikan cache.

Joomla

Joomla merupakan salah satu bentuk sistem manajemen konten yang cukup banyak digunakan oleh pengembang website di dunia jika dibandingkan dengan Drupal. Paket dari Joomla dibuat terpisah sehingga mudah digunakan dan memiliki berbagai jenis plugin dan tema seperti pada WordPress.

Joomla juga menerapkan prinsip model – view – controller sama seperti prinsip pengembangan perangkat lunak berbasis website pada umumnya. Keunggulan dari Joomla CMS adalah terletak pada sistem manajemen user yang tersistem. Sehingga, proses pembuatan konten seperti blog, artikel atau laman situs dapat dilakukan dengan cepat dan fleksibel.

Wordpress

WordPress merupakan salah satu aplikasi open source yang termasuk ke dalam CMS yang paling banyak digunakan di dunia. WordPress digunakan sebagai blog engine yang yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem basis data MySQL. 

WordPress CMS adalah perangkat lunak yang mendukung sistem pengelolaan konten pada website. Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat memanajemen berbagai aktivitas konten mulai dari pembuatan dokumen, desain, hingga proses perilisan artikel terbaru.

Keuntungan dari penggunaan WordPress CMS adalah memiliki fitur plugin untuk mengembangkan tampilan dan mendukung proses optimasi situs web. Kemudian, terdapat fitur templates untuk memudahkan user dalam membuat tampilan halaman atau section dalam website, serta memberikan kemudahan dalam proses import data.

Seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa CMS diatas juga turut berkembang untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis dan pasar yang semakin beragam seperti kebutuhan company profile, hingga layanan ecommerce. Tak heran banyak perusahaan yang mengimplementasi CMS, seperti WordPress pada platform digital mereka untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Sayangnya, mengimplementasi CMS dalam platform digital sebuah perusahaan tidak semudah yang dilihat, terlebih lagi jika dalam perusahaan tersebut belum atau tidak mempunyai tim IT. Oleh karena itu bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house merupakan solusi yang mudah dan praktis untuk membantu sebuah perusahaan mengimplementasikan CMS pada platfrom digital mereka.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997