Mengenal Berbagai Tingkatan dalam Sistem ERP

Mengenal Berbagai Tingkatan dalam Sistem ERP

by
Winda Ayu
August 16, 2022
September 13, 2022

Sistem dalam software ERP merupakan salah satu jenis sistem informasi yang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar maupun startup untuk mengembangkan dan mengelola proses bisnis secara cepat dan tepat. Tentunya, bagi Anda yang belum mengetahui atau sedang merintis bisnis startup di Indonesia, Anda perlu mencoba menerapkan sistem ERP sini. Berikut, kami akan menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan ERP system.

Apa itu Sistem ERP?

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem perangkat lunak modular yang dibangun untuk mengintegrasikan fungsi utama dalam proses bisnis suatu perusahaan ke dalam sebuah sistem yang terpusat dan terpadu. Tujuan utama dari adanya sistem ini adalah agar segala macam aktivitas kerja bisnis dapat termonitoring dengan baik dan tersistem.

Macam Tingkatan dalam Sistem ERP

Sistem ERP biasanya dikategorikan dalam tingkatan berdasarkan ukuran dan kompleksitas perusahaan yang dilayani. Berikut ini adalah beberapa tingkatan ERP pada umumnya:

ERP Tier I

Tingkatan ERP ini mendukung perusahaan global yang besar dan menangani semua masalah internasionalisasi, termasuk mata uang, bahasa, alfabet, kode pos, aturan akuntansi, dan lain-lain.

ERP Government Tier I

Di level ini sistem ERP mendukung agensi pemerintahan besar (sebagian besar federal). Vendor ERP yang berada di tingkatan ini mendukung akuntansi, SDM, dan pengadaan di pemerintahan. 

ERP Government Tier II

ERP Government Tier II adalah ERP yang berada pada tingkatan ini kebanyakan berfokus pada pemerintahan negara bagian dan lokal dengan beberapa instalasi federal.

ERP Tier III

ERP tingkat ini mendukung perusahaan-perusahaan skala menengah. Sebagian besar menangani beberapa bahasa dan mata uang tetapi hanya satu alfabet.

ERP Tier IV

Tingkat IV ERP dirancang untuk bisnis kecil. Sistem ERP yang dirancang untuk usaha mikro biasanya hanya fokus pada akuntansi dan sering tidak dianggap sebagai sistem ERP lengkap oleh para profesional TI.

Mengapa Menggunakan ERP?

Integrasikan Informasi Keuangan

Tanpa sistem yang terintegrasi, masing-masing departemen, seperti keuangan, sales, dan sebagainya, harus bergantung pada sistem yang terpisah. Hal ini mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan biaya yang berbeda untuk masing-masing sistem. Karyawan juga harus menghabiskan waktu untuk merekonsiliasi data keuangan ketimbang memikirkan cara untuk meningkatkan perusahaan.

Mengelola Pesanan dan Persediaan

Dengan sistem ERP, perusahaan dapat mengelola pesanan, produksi, persediaan, dan distribusi. Karena seluruh proses tersebut dikelola melalui satu sistem, maka keterlambatan dapat dihindari, persediaan selalu dalam tingkat yang mencukupi, dan permintaan pelanggan selalu terpenuhi dengan baik.

Standardisasi dan Mempercepat Produksi

Perusahaan manufaktur, terutama yang memiliki keinginan untuk merger dan akuisisi, sering menemukan bahwa beberapa unit bisnis membuat widget serupa menggunakan metode dan sistem komputer yang berbeda. Sistem ERP dapat men-standardisasi dan mengotomatisasi proses produksi. Standardisasi ini menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya.

Mengelola HR

Sistem ERP, memungkinkan perusahaan untuk menyimpan informasi detail karyawan, mengatur gaji, memantau kehadiran, melacak pengeluaran, mengelola permintaan cuti, memberikan penilaian, mengelola pajak, dan masih banyak lagi.

Karyawan juga dapat diberikan hak akses untuk mengajukan cuti, meminta pengembalian dana, melihat slip gaji, memasukkan jam kerja, melihat informasi tentang karyawan lain, dan lain-lain.

Menangani Pengadaan

Tanpa bantuan sistem terintegrasi, perusahaan akan kesulitan mengelola pembelian barang dan berkomunikasi dengan pemasok. Sistem ERP mengizinkan perusahaan untuk mengotomatiskan pembelian, mengontrol biaya yang dikeluarkan untuk pembelian barang, mempercepat pemesanan barang ke pemasok, dan lain-lain.

Membuat Berbagai Laporan

Membuat laporan adalah tugas yang memakan banyak waktu. Namun dengan sistem ERP, laporan keuangan, pajak, penjualan, dan lain-lain dapat dihasilkan hanya dalam hitungan detik. Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan laporan lengkap yang akurat yang dapat membantu pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Kesimpulan

Pentingnya penggunaan ERP atau Enterprise Resource Planning untuk pertumbuhan bisnis patut mendapatkan perhatian khusus. Keberadaannya bisa menjadi salah satu indikasi kesuksesan produk yang perusahaan Anda kembangkan melalui jalur online.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang apa itu pengertian dari Enterprise Resource Planning (ERP) system, macam tingkatannya, serta contoh penerapan atau penggunaan dari sistem ini bagi berbagai aspek penting perusahaan.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997