Mengapa Banyaknya Trafik Website Bukan Tolak Ukur Kesuksesan Bisnis Online?

Mengapa Banyaknya Trafik Website Bukan Tolak Ukur Kesuksesan Bisnis Online?

by
Ahid Maulana
December 3, 2021

Era digital telah memicu perkembangan teknologi yang begitu cepat dan masif. Perkembangan teknologi yang begitu cepat juga telah mempengaruhi segala bentuk aspek kehidupan, tak terkecuali aspek sosial masyarakat dan bisnis pada umumnya.

Di aspek sosial masyarakat sendiri, teknologi berperan besar dalam perubahan minat dan perilaku masyarakat, terutama perilaku belanja. Sedangkan di aspek bisnis, perusahaan “dipaksa” untuk terus berinovasi, dan beradaptasi agar dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis dan tren pasar yang kian dinamis.

Gelombang perubahan besar akibat perubahan minat dan perilaku masyarakat tersebut, membuat perusahaan berlomba - lomba untuk transformasi digital pada bisnis mereka, dan sebelum masuk ke pasar digital seperti saat ini.

Transformasi Digital Pada Bisnis Perusahaan

Transformasi digital sendiri dinilai sebagai solusi jitu untuk mempertahankan eksistensi mereka (red. perusahaan) untuk bertahan di dunia bisnis. Bak gayung bersambut, banyak kemudian pilihan strategi yang bisa diterapkan oleh perusahaan dalam upaya mentransformasi bisnis mereka ke arah digital, seperti pembuatan platform digital.

Platform digital, seperti website, mobile app, hingga sosial media dianggap sebagai media yang cocok dan relevan di situasi seperti saat ini. Platform digital juga berperan sebagai media informasi untuk mengenalkan bisnis mereka pada masyarakat luas, platform digital juga terbukti dapat mengukuhkan brand bisnis mereka. 

Selain mengadopsi platform digital, banyak perusahaan yang juga kemudian mengimplementasi digital branding dan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk bisnis mereka.

Kesalahan Umum Dalam Melakukan Strategi Pemasaran Digital

Sayangnya dari sekian banyak perusahaan yang mengimplementasi strategi pemasaran digital, tak sedikit dari mereka yang dinilai salah mengambil langkah dalam menerapkan strategi digital seperti digital branding dan digital marketing terutama mengenai goal dari strategi yang dijalankan. Berikut adalah kesalahan umum yang biasanya perusahaan lakukan dalam menerapkan strategi pemasaran digital

Penyajian Konten yang Tidak Relevan

Tidak jarang perusahaan yang menyajikan konten - konten yang tidak relevan dengan bisnis yang mereka jalani pada platform digital mereka seperti website, “hanya” karena ingin mendapatkan trafik pengunjung yang besar pada website mereka. 

Hal ini terlihat sedikit ironis, mengapa demikian? Bila suatu perusahaan memaksa untuk menyajikan konten - konten yang tidak relevan dengan bisnis yang mereka (red. Perusahaan) jalani, bahkan cenderung asal - asalan, ini dapat berakibat buruk pada reputasi, dan brand dari perusahaan itu sendiri.

Tidak adanya spesifik topik atau konten yang disajikan, membuat perusahaan tersebut akan mengalami kesulitan dalam membranding bisnis mereka di kemudian hari. Perlu diingat, era pasar digital menuntut perusahaan untuk terus berinovasi, tak terkecuali pada “value”. Perusahan yang tidak memiliki value yang unik untuk ditawarkan pada konsumen, maka perusahaan tersebut akan sulit bersaing dengan perusahaan lain yang serupa. 

Konten sendiri merupakan salah satu strategi untuk melakukan digital branding, tidak hanya sebatas itu, konten juga merupakan representasi dari model bisnis yang perusahaan jalani, hal ini yang membuat perusahaan terlihat unik di mata konsumen. Sehingga menyajikan konten - konten yang tidak relevan, justru akan menghambat perkembangan bisnis itu sendiri, terutama untuk melakukan digital branding perusahaan.

Salah Dalam Memahami Goal dari Strategi yang Diterapkan

Terkadang perusahaan yang telah menjalankan strategi digital tidak memahami secara utuh goal dari diterapkannya strategi tersebut. Nyatanya dalam strategi digital marketing ada banyak sekali metode yang bisa diterapkan, dan memiliki goal yang berbeda setiap metodenya.

Sayangnya beberapa perusahaan tidak memahami hal itu, tidak sedikit dari perusahaan yang menilai keberhasilan strategi digital marketing berdasarkan jumlah kunjungan pada website yang meningkat. 

Hal itu memang tidak salah, jika perusahaan hanya menargetkan meningkatnya engagement daru bisnis perusahaan. Namun jika perusahaan menargetkan meningkatnya jumlah leads ataupun sales perusahaan, maka mendapatkan trafik kunjungan yang sedikit, namun memiliki conversion rate tinggi, itu lebih baik. 

Hal ini penting untuk dapat menilai apakah strategi yang diterapkan berhasil atau tidak. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi, audit dan menentukan apa strategi yang selanjutnya untuk mengembangkan bisnis mereka.

Oleh karena itu, penting juga bagi perusahaan untuk menentukan langkah awal yang tepat ketika ingin memasuki pasar digital. Dan platform digital merupakan salah satu hal yang harus ada ketika perusahaan memutuskan untuk menerapkan strategi digital marketing pada bisnis mereka, sehingga perusahaan perlu membuat platform digital seperti website, atau mobile app terlebih dahulu, sebagai media penghubung antara bisnis mereka dan target konsumen mereka.

Lalu bagaimana jika dalam sebuah perusahaan belum mempunyai divisi khusus IT? Bekerjasama dengan software house merupakan solusi cepat dan praktis untuk membangun platform digital yang dibutuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997