Blog
Tech
Medication Apps: Aplikasi Manajemen Asupan Obat Pasien
Tech
Dec 21, 2021
Nov 17, 2022

Medication Apps: Aplikasi Manajemen Asupan Obat Pasien

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Untuk penyedia layanan kesehatan, mengembangkan aplikasi pengobatan berarti mendapatkan kontrol yang lebih besar atas manajemen pengobatan pasien dan tentunya akan menawarkan perawatan yang lebih baik dan lebih aman. 

Penting bagi pasien maupun penyedia layanan kesehatan untuk saling mengontrol dan menerima layanan yang lebih mudah dan fleksibel.

Fitur dan Keuntungan Memakai Medication Apps

Mengelola obat-obatan, termasuk mengingat kapan dan bagaimana meminumnya, dapat menjadi tantangan, terutama bagi mereka yang menghadapi banyak tanggung jawab dan aktivitas. Namun, terlambat atau bahkan lupa minum obat sesuai petunjuk dapat memiliki konsekuensi negatif, dan bahkan mengancam jiwa.

Medication Apps diciptakan untuk membantu baik dari pekerja kesehatan maupun pasien. Dengan medication apps, dokter dapat memantau langsung pengobatan pasien dan pasien juga akan merasa aman dan terkontrol lewat fitur-fitur yang ada di dalam medication apps.

Ada beragam fitur yang sangat bermanfaat yang bisa ditemukan di medication app, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Medication Plan

Medication plan atau manajemen asupan obat dengan daftar perawatan, instruksi, dan dosis yang ditentukan adalah fitur inti dari aplikasi medication apps pasien yang berkualitas. Biasanya, dokter membuat rencana pengobatan di aplikasi, membagikannya ke perangkat seluler pasien, dan dapat dengan bebas mengeditnya untuk memastikan penggunaan obat dapat terkontrol dengan baik.

Dengan rencana pengobatan digital, pelaku bidang kesehatan dan pasien akan selalu berada dalam pemahaman yang sama. Jika setelah kunjungan pasien baik langsung ataupun melalui online (halodoc, dsb) pasien memerlukan penyesuaian dosis obat, mereka dapat menghubungi dokter mereka dan meminta rencana pengobatan mereka untuk ditinjau dan diperbarui.

  1. Medication Reminder

Tidak seperti pasien yang meminum satu atau dua jenis obat, pasien dengan rencana pengobatan yang lebih intensif dapat mengalami kesulitan mengingat obat apa yang harus mereka minum dan pada jam berapa. 

Pasien tersebut akan mendapat manfaat dari fitur medication reminder dengan pemberitahuan yang menampilkan nama obat apa yang perlu diminum dan dosisnya. Foto seperti apa obat yang diperlukan dapat ditampilkan juga. 

Dengan cara ini, bahkan seseorang dengan penyakit neurodegeneratif (penyakit dimana pasien mengalami gangguan fungsi otak, untuk mengingat) tidak akan membuat kesalahan.

Fitur notifikasi dapat mengingatkan pengguna tidak hanya tentang asupan obat tetapi juga tentang perlunya mengisi kembali obat. Agar fitur ini berfungsi, pasien perlu secara teratur mencatat dosis dan jumlah obat yang telah mereka beli dan memasukkan data ini ke dalam paket pengobatan seluler mereka. Kemudian algoritma otomatis akan menghitung tanggal kapan stok akan habis dan akan memperingatkan pasien sebelumnya.

  1. Pembaruan Resep

Membuat pembaruan resep tersedia melalui aplikasi seluler berarti menghemat waktu pasien dan pegawai kesehatan. Setelah menerima pengingat tentang resep mereka yang kedaluwarsa, pasien akan bisa secara otomatis dapat memperpanjang pengobatan melalui persetujuan pasien dan juga dokter yang menanganinya. Pasien juga dapat mencetak resep atau menunjukkannya kepada petugas toko obat / apotek hanya dengan layar ponsel mereka. 

  1. Harga Obat / Pencarian Lokasi

Aplikasi obat mandiri yang memungkinkan pencarian toko obat terdekat atau termurah dengan persediaan obat yang diperlukan sudah populer di kalangan pasien. Namun, ketika dikombinasikan dengan fitur rencana pengobatan, pencarian menjadi jauh lebih mudah dan nyaman.

Pasien tidak perlu mengingat dan memasukkan nama obatnya ke dalam kotak pencarian. Yang perlu mereka lakukan hanyalah memilih entri dalam jadwal mereka, mengurutkan parameter seperti biaya dan jarak berdasarkan prioritas, dan melakukan pencarian berbasis GPS. 

Jika aplikasi bermitra dengan toko obat / apotek tertentu, halaman hasil akan menampilkan diskon yang memenuhi syarat untuk pasien. Peta dengan navigasi bersifat opsional tetapi juga dapat berguna, terutama bagi pengguna yang memprioritaskan harga yang lebih rendah.

  1. Identifikasi Obat

Menemukan obat tanpa label, lepuh dengan deskripsi pudar, atau obat terlepas di kotak obat seseorang dan tidak mengenali obat jenis apa merupakan hal yang sering dijumpai. Fitur pengidentifikasi obat dapat membantu dalam situasi ini dan akan memberi tahu pasien obat apa yang mereka miliki.

Mengembangkan Medication Apps 

Medication apps dapat menjadi platform multifungsi dengan berbagai fitur yang membantu pasien mengelola asupan obatnya. 

Pada intinya, aplikasi semacam itu dapat memiliki fitur pendukung lainnya seperti pengingat, alat pencarian toko obat dan algoritme pengidentifikasi obat, serta pembaruan resep jarak jauh.

Sebagai pemilik bisnis yang bergelut dibidang kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, laboratorium, ataupun praktek pribadi, memiliki medication apps merupakan investasi yang tepat untuk keberlangsungan bisnis Anda ditengah disrupsi teknologi seperti sekarang ini. 

Anda juga tak perlu khawatir ketika mengalami kebingungan atau kesulitan dalam memilih software house mana yang tepat untuk mengerjakan project Anda, sebab kini telah tersedia banyak pilihan perusahaan penyedia layanan jasa developer di Indonesia yang menawarkan berbagai pelayanan menarik dan juga talenta-talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan akan pengembangan aplikasi mobile khususnya medication apps, dan perusahaan pengembang yang bisa Anda andalkan adalah SoftwareSeni Indonesia. 

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam jenis proyek dari beberapa klien yang berbeda, membuat SoftwareSeni mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu Anda mempersiapkan dan mengembangkan aplikasi online untuk bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223