Media Sosial vs Website? Pilih Mana untuk Mengawali Bisnis Startup?

Media Sosial vs Website? Pilih Mana untuk Mengawali Bisnis Startup?

by
Winda Ayu
July 15, 2022
August 11, 2022

Merencanakan sebuah bisnis online ditengah menjamurnya kegiatan online mungkin merupakan rencana yang tepat dikarenakan hampir seluruh aktifitas pasar yang melibatkan banyak orang kini berpusat pada internet.

Adanya pandemi selama 2 tahun terakhir yang menyebabkan akselerasi dalam naiknya jumlah konsumen yang berbelanja online secara signifikan. Awal tahun 2022 saja, jumlah konsumen digital di Indonesia diprediksi sudah mencapai 137 juta orang.

Dengan tingginya kebutuhan akan belanja online, banyak dari pemilik bisnis yang kemudian meng-online-kan bisnis mereka, sehingga tidak bisa dipungkiri jika persaingan bisnis online kian hari kian ketat 

Lalu, bagaimana cara agar bisnis kita dapat bersaing ditengah ketatnya persaingan bisnis online sekarang?

Awali Dengan Media Sosial

Mengapa media sosial menjadi sangat berpengaruh dalam langkah awal membangun startup?

Gratis

Anda tinggal mendaftar dan akun Anda langsung siap untuk digunakan. Semuanya bebas biaya, kecuali jika Anda ingin mulai menggunakan iklan.

Mudah Digunakan

Tak perlu waktu lama untuk tahu cara menggunakan platform media sosial. Mulai dari mengatur akun hingga posting konten bisa dilakukan dengan beberapa klik saja!

Mendapatkan Feedback Langsung

Berinteraksi dengan calon konsumen di media sosial menjadi sangat mudah. Anda dapat melihat dan menjawab komentar-komentar mereka di kolom komentar atau di direct message.

Jangkauan Pasar Luas

Dengan memanfaatkan fitur hashtag, konten Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Sudah gratis, mudah dipakai, tak sulit pula pengelolaannya. Bagi orang-orang yang baru memulai bisnis, tentu media sosial terlihat sangat ideal.

Tak heran jika banyak startup juga memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi.

Namun, hanya menggunakan media sosial tentu saja tidak cukup untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda di era digitalisasi seperti saat ini. Nyatanya ada beberapa kelamahan yang dimiliki oleh sosial media, seperti:

Desain yang Terbatas

Anda tak dapat mengubah tampilan akun Anda sesuka hati. Satu-satunya solusi adalah menyesuaikan desain konten Anda dengan karakter bisnis Anda.

Fungsi Tidak Fleksibel 

Platform ini hanya bisa Anda gunakan untuk menjaring calon konsumen via konten. Tidak ada opsi lain seperti membangun email list.

Kontrol Terbatas 

Siapapun bebas memberi komentar di postingan Anda. Sehingga Anda tidak dapat mengontrol komentar-komentar yang muncul di akun Anda.

Bisnis Tetap Membutuhkan Website

Ditengah segudang manfaat yang ditawarkan oleh website, banyak pebisnis yang masih awam dengan dunia teknologi, membangun sebuah website mungkin terdengar rumit.  Padahal, memiliki sebuah website merupakan langkah awal yang tepat untuk mengembangkan bisnis, terutama di era digital seperti sekarang. Adapun manfaat dari website untuk bisnis adalah sebagai berikut:

Aktivitas Branding 

Anda dapat membangun citra positif untuk bisnis Anda dengan cara memperkenalkan nilai-nilai bisnis Anda melalui halaman website yang menjelaskan layanan atau produk yang Anda tawarkan atau melalui artikel-artikel yang Anda posting di blog yang merepresentasikan bisnis yang tengah Anda kembangkan.

Mendukung Pemasaran 

Dalam webiste Anda bisa melakukan promosi di banyak tempat, mulai dari slider di halaman utama, hingga di halaman produk. Hal itu jelas akan menambah daya tarik kepada calon konsumen Anda terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan

Bebas Memilih Desain 

Anda dapat menyesuaikan desain website Anda sesuai dengan style bisnis Anda tanpa perlu khawatir akan terlihat sama dengan bisnis startup lainnya. 

Fungsi Platform Luas  

Anda bisa menggunakan website untuk banyak hal, seperti menampilkan katalog produk, membuat artikel blog, mengumumkan info promosi hingga mendefinisikan siapa sebenarnya target produk atau layanan bisnis Anda.

Muncul di Mesin Pencari 

Dengan website Anda juga dapat menjaring lebih banyak konsumen melalui mesin pencari. Pada umumnya konsumen akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai produk atau layanan yang mereka butuhkan, dan seringkali mereka menggunakan mesin pencari untuk menemukan solusi atas kebutuhan mereka. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda melangkahkan kaki lebih jauh untuk memiliki sebuah website, seperti:

Tidak Gratis 

Untuk membuat website, Anda perlu hosting dan domain. Keduanya butuh biaya. 

Dikerjakan Sendiri  

Mulai dari memilih desain, mengelola isinya, hingga update tema dan plugin, semuanya Anda yang mengerjakannya. Termasuk perihal keamanan dan kecepatan websitenya juga. 

Perlu Dipelajari  

Karena penggunaannya tidak semudah media sosial, Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar cara menggunakannya.

Miliki Website Startup Anda dengan Mudah

Kita sudah mempelajari masing-masing kelebihan dan kekurangan setiap kanal marketing baik dari sisi media sosial maupun website. Tak sedikit bisnis yang menggunakan kombinasi media sosial dan website. Entah bisnis yang menampilkan akun media sosial di websitenya, atau bisnis yang menampilkan website di akun media sosialnya.

Namun, tahukah Anda? Anda bisa memiliki website dengan mudah dan cepat, termasuk hosting dan domain serta pilihan tema dan plugin sesuai yang Anda inginkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sekarang banyak software house yang dapat dengan mudah Anda approach untuk membantu Anda mengembangkan website perusahaan yang cocok untuk bisnis yang Anda sedang kembangkan. Salah satunya adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman membangun website dan aplikasi untuk instansi serta telah dipercaya oleh banyak perusahaan terkemuka di Indonesia. 

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997