Mengapa Webiste Begitu Penting di Era Digital? Berikut 10 Manfaatnya

Mengapa Webiste Begitu Penting di Era Digital? Berikut 10 Manfaatnya

by
Rian Romadhon
July 29, 2021

Perkembangan teknologi tak pelak lagi membawa wajah dan kehidupan baru bagi masyarakat dunia, baik dalam kehidupan sosial maupun kemajuan industri. Dua puluh tahun lalu, strategi pemasaran dan penjualan belum mengenal website, media sosial, dan eCommerce. Namun, ketiganya menjadi media paling populer bagi pengembangan bisnis sekarang ini. Perubahan tersebut tidak lepas dari manfaat website, media sosial, dan eCommerce yang sangat profitabel.

Bagaimana tidak menguntungkan? Banyak mata selalu tertuju pada internet. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tercatat bahwa jumlah pengguna internet Indonesia mengalami peningkatan pada kuartal II tahun 2020, yakni 196,7 juta jiwa. Tingginya angka tersebut menunjukkan peluang besar bagi pelaku usaha untuk menargetkan lebih banyak calon konsumen. 

Nah, tertarik untuk membangun website bisnis untuk perusahaan Anda? Jangan tergesa-gesa! Sebaiknya, Anda pelajari dahulu seluk-beluk website secara detail, mulai dari definisi hingga manfaat. Barulah nanti, Anda bisa memutuskan perlu tidaknya website development untuk bisnis Anda.

10 manfaat website yang menguntungkan bagi bisnis

‍Definisi

Website sejatinya merupakan tempat setiap orang bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Namun, tentunya dengan satu syarat khusus, yakni memiliki perangkat komputer, laptop, ponsel, atau tablet yang terkoneksi internet. 

Agar lebih jelas, Anda bisa mempelajari beberapa pengertian website menurut ahli di bawah ini. 

  • Website merupakan kumpulan banyak halaman yang berfungsi untuk menampilkan informasi gambar, teks, animasi, suara, dan/atau gabungan semuanya. Kemudian, kumpulan tersebut membentuk satu rangkai bangun saling terkait dan terhubung dengan jaringan-jaringan halaman (Bekti: 2015).
  • Website adalah suatu metode untuk menampilkan informasi interaktif pada internet. Kelebihannya ada pada sistem keterkaitan antar dokumen (hypertext) sehingga terhubung antara satu dokumen dengan dokumen lainnya (Yuhefizar: 1998).
  • Website, lebih dikenal dengan sebutan situs, adalah sejumlah halaman web dengan topik saling terkait. Lalu, halaman ini terkadang disertai pula dengan berkas-berkas teks, gambar, video, atau lainnya (Rahmadi: 2013).

Menyimak ketiga pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa website merupakan kumpulan informasi atau halaman pada suatu domain yang menampilkan dokumen berupa teks, gambar, video, suara, dan lainnya. Website sendiri bisa diakses secara luas menggunakan alamat website (disebut juga URL). 

Sejarah Singkat

Ada seorang ilmuwan genius di balik kemunculan teknologi website ini. Ilmuwan tersebut bernama Tim Berners-Lee. Dia adalah seorang ilmuwan komputer yang lahir di London dan lulus dari Universitas Oxford. 

Awal sejarah website dimulai saat Berners-Lee memulai sebuah proyek yang dijuluki World Wide Web (WWW) di tahun 1989. Proyek ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan ilmuwan di seluruh belahan dunia dalam hal berbagi informasi secara cepat dan otomatis.

Dalam proses pengembangannya, Berners-Lee menuliskan tiga teknologi dasar yang sampai saat ini masih menjadi dasar pembuatan web. Ketiga teknologi dasar tersebut mencakup HTML (HyperText Markup Language), URI (Uniform Resource Identifier) yang sekarang lebih umum disebut URL (Uniform Resource Locator), dan HTTP (HyperText Transfer Protocol). 

Barulah di tahun 1990an, Berners-Lee memperkenalkan website untuk dipergunakan oleh masyarakat luas. Sejak saat itu, pertumbuhan web selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Internet Live Stats mencatat bahwa terdapat lebih dari 1,5 miliar website yang tergabung dalam World Wide Web saat ini. Sungguh sebuah perkembangan fantastis, bukan?

10 manfaat website yang menguntungkan bagi bisnis

Unsur Penunjang

Meski bukan seorang IT consultant, memahami unsur penunjang sebuah website merupakan suatu keharusan jika Anda berniat mengembangkan web perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kebingungan bila harus berdiskusi dengan tim pengembang nantinya.

Domain Name

Domain Name dikenal juga URL merupakan alamat website di dunia maya. Ya, anggap saja website sebagai sebuah bangunan. Jika orang mau mengunjunginya, orang tersebut memerlukan alamat agar sampai pada tujuan yang tepat. 

Sebagai pemilik usaha, Anda harus menggunakan nama domain semenarik mungkin. Hal ini agar halaman web mudah diingat sekaligus membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya

Berikut beberapa pilihan domain name extensions yang umumnya dipakai di Indonesia. 

  • .ac.id, biasanya digunakan untuk lembaga pendidikan.
  • .go.id, umumnya dipakai oleh lembaga pemerintahan.
  • .or.id, disematkan untuk segala organisasi selain golongan sekolah, lembaga pemerintahan, dan badan usaha.
  • .co.id, digunakan buat Badan Usaha berbadan hukum sah.
  • .sch.id, dipakai oleh lembaga pendidikan bertingkat (SD, SMP, SMA).
  • .web.id, diperuntukkan bagi badan usaha, organisasi, ataupun perseorangan yang berkegiatan di World Wide Web.

Kalau berkeinginan menggunakan ekstensi internasional, Anda bisa mempertimbangkan .com, .net, .org, .info, .biz, .name, .ws. Semua alamat URL yang disebutkan sebelumnya diperjualbelikan secara bebas dengan sistem sewa tahunan.

Web Hosting

Kalau domain name sebelumnya diibaratkan alamat, web hosting adalah rumah atau bangunannya. Web hosting merupakan tempat menyimpan data yang akan ditampilkan, berupa dokumen teks, gambar, video, statistik, dan sebagainya. 

Layaknya sebuah rumah, web hosting memiliki ukuran serta kapasitas guna memuat semua data tersebut. Besaran kapasitas ini tergantung pada seberapa banyak web hosting yang Anda sewa. Makin besar web hostingnya, makin banyak pula data yang bisa dimuat serta ditampilkan. 

Sama halnya dengan domain, web hosting juga disewakan oleh para penyedia layanan internet. Ketika sudah membayar uang sewa, pengguna akan diberikan username dan password untuk administrasi web-nya. 

Scripts/Bahasa Pemrograman 

Anda pasti sudah sangat sering mendengar istilah “Programming Language”, atau lebih dikenal dengan Bahasa Pemrograman. Pasalnya, bahasa ini selalu hadir dalam proses pengembangan, mulai dari web hingga mobile app development. 

Fungsi utama dari scripts dalam sebuah website adalah untuk menerjemahkan setiap perintah yang diberikan oleh pengguna. 

HTML, PHP, ASP, Java Scripts, XML, JSP, dan Ajax adalah sedikit dari banyaknya contoh bahasa pemrograman yang umum dipergunakan oleh pengembang. 

Desain Website

Desain merupakan sebuah komponen terpenting dari sebuah website karena akan menentukan kualitas serta keindahan tampilan. Menarik tidaknya penampakan sebuah web sudah pasti akan berimbas pada penilaian pengunjung. 

Melihat arti penting sebuah desain website inilah, banyak pelaku usaha yang memercayakan pengerjaannya pada tim ahli software house (penyedia layanan jasa pengembangan software, mulai dari web hingga mobile). 

Konten

Meskipun Anda sudah menyediakan domain, hosting, maupun desain, semuanya tidak akan berarti tanpa adanya konten, yakni informasi gambar, teks, video yang ingin dibagikan perusahaan kepada pelanggannya. Oleh karenanya, persiapkanlah isi web perusahaan Anda seinformatif mungkin sehingga menjawab semua keingintahuan konsumen. 

Publikasi dan Pemeliharaan

Ini adalah unsur terakhir dari sebuah website. Bila semua unsur di atas sudah terpenuhi, web bisnis siap dibuka untuk umum. 

Namun, tugas Anda belum selesai karena halaman web wajib dipublikasikan agar dikenal dan dikunjungi masyarakat. Ada banyak cara untuk mengenalkan laman web perusahaan ke masyarakat, misal selebaran, baliho, kartu nama, media sosial, mesin pencarian internet, dan lain-lain.

Setelah semua berjalan lancar, Anda hanya perlu memastikan pemeliharaan website ke depannya. Pastikan Anda memperpanjang sewa domain atau bahkan memperbarui tampilannya agar lebih menarik.

10 manfaat website yang menguntungkan bagi bisnis

‍Jenis Website Populer

Sebelum menentukan web apa yang akan dikembangkan, ada baiknya pelajari berbagai jenis website populer berikut ini. 

Social Media

Website populer pertama adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lain-lain. Web ini berfungsi sebagai tempat bersosialisasi antara satu individu dengan banyak individu lainnya secara online. Tak hanya itu, media sosial juga membuat jarak dan waktu seakan bukan hambatan besar lagi karena interaksi bisa terjadi antara individu yang berbeda lokasi, baik daerah maupun negara. 

Kehebatan media sosial dalam pengembangan bisnis pun sudah diakui banyak pengusaha. Itulah mengapa banyak ditemukannya iklan di masing-masing media sosial. 

Ecommerce

Perusahaan bergerak pada bidang jual beli produk? Ecommerce adalah jenis web paling tepat buat dikembangkan. Anda pasti sudah pernah berbelanja dari beberapa online marketplace sukses Indonesia, sebut saja Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan Lazada.

Ecommerce bisa dikatakan sebagai toko di dunia maya. Konsumen dan penjual melakukan transaksi, mulai dari memilih hingga pembayaran barang, melalui sarana website.

Company Profile

Bila berkunjung ke laman Apple, Nike, Solar Gard, Anda akan menemukan betapa detailnya perusahaan-perusahaan tersebut memberikan informasi mengenai profil mereka. 

Ya, sejatinya, website tersebut diciptakan tidak berfokus pada penjualan melainkan untuk memberitahu masyarakat mengenai visi, misi, deskripsi produk, hingga pencapaian-pencapaian yang diraih. Sebab itulah, jenis web ini berbeda dari yang disebutkan sebelumnya. Manfaat website company profile lebih diperuntukkan sebagai sarana komunikasi juga informasi antara pelanggan dan perusahaan. 

Mesin Pencari

Selanjutnya adalah website paling sering dikunjungi setiap harinya oleh pengguna internet, apalagi kalau bukan mesin pencari (search engine). Contohnya adalah google, bing, yahoo, dan lainnya. 

Anda bisa mencari informasi apa pun melalui sebuah mesin pencari. Itulah mengapa website-nya menjadi sangat populer.

Hiburan

Internet tak hanya menyuguhkan informasi rumit nan membosankan. Pasalnya, ada beberapa website yang memang mengkhususkan diri sebagai sarana hiburan (entertainment) bagi warganet. Contohnya adalah YouTube, 9gag, 1cak, dan masih banyak lagi.

Crowdfunding

Website crowdfunding bertujuan sebagai media penggalangan dana bagi orang-orang yang membutuhkan. Bantuan biasanya ditujukan untuk pasien medis, korban bencana alam, rumah ibadah, dan lainnya. 

Dengan adanya web ini, pengumpulan dana tidak lagi terbatas oleh jarak. Siapa pun, di mana pun bisa ikut serta berdonasi. 

Kitabisa dan gandengtangan adalah contoh-contoh crowdfunding populer Indonesia. 

Personal

Menilik kamus Bahasa Indonesia, personal artinya bersifat pribadi atau perseorangan. Jadi, wajar saja bila website jenis ini memuat informasi pribadi sang pemilik. Tujuannya adalah tentu untuk membangun sekaligus meningkatkan personal branding.

Sejatinya, siapa pun boleh memiliki laman pribadi ini, tetapi biasanya website ini didominasi oleh kalangan-kalangan yang memiliki kepentingan khusus, seperti politikus, IT developer, dan pengacara. Sandiaga Uno, Barrack & Michelle Obama, Bill Gates, Ganjar Pranowo, Allan Rouben, dan masih  banyak lagi.

Pemerintahan

Era digital menuntut perubahan di setiap lini, termasuk sisi pemerintahan. Lembaga-lembaga pemerintah, baik di pusat maupun daerah, wajib memberikan transparansi informasi kepada masyarakat luas. Salah satu caranya adalah dengan memuatnya melalui website. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laman pemerintahan bisa dikenali dengan ekstensi khusus (.go.id), contoh kemenperin.go.id, bawaslu.go.id, dan sebagainya.

Media (Portal Berita)

Jenis website populer terakhir adalah portal berita. Ada banyak laman berita online populer Indonesia, seperti Kompas, Liputan6, Detik, dan sebagainya. 

Melalui website ini, Anda dapat membaca informasi-informasi menarik seputar dunia politik, ekonomi, pendidikan, kriminal, olahraga, bisnis, hukum, hingga hiburan secara daring.

10 manfaat website yang menguntungkan bagi bisnis

‍Manfaat Website: 10 Keuntungan buat Bisnis Anda

Dari jumlah total penduduk dunia saat ini (7,8 miliar), lebih dari separuhnya, yakni 60% atau 4,7 miliar orang, tercatat online setiap harinya dengan beragam aktivitas, mulai membaca berita, menonton streaming, berinteraksi di media sosial, hingga berbelanja online. 

Bagi seorang pengusaha, data tersebut tentu bukanlah sekadar deretan angka saja, melainkan sebuah peluang besar. Sebab itulah, sangat wajar jika hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membangun website. Hal ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya populasi pengguna sekaligus keuntungan yang didapatkan dari sebuah web. 

Nah, berikut ini telah dirangkum sepuluh manfaat website bagi pelaku usaha dari berbagai sumber. 

Bisnis Buka selama 24 Jam per Hari, Non-Stop

Website dapat diakses kapan pun, di mana pun. Inilah yang memungkinkan konsumen mengunjungi bisnis Anda 24 jam dalam sehari, bahkan di hari libur sekalipun. Penggunaan website 24 jam non-stop ini secara persisten mencari calon-calon konsumen untuk bisnis Anda. 

Bayangkan bila Anda hanya bertahan dengan sistem offline. Berapa banyak calon pelanggan terlepas dari genggaman karena digempur oleh website kompetitor.

Kredibilitas Meningkat juga Terjaga

Manfaat website selanjutnya adalah meningkatnya kredibilitas perusahaan Anda.

Anda salah besar kalau menganggap pemasaran melalui Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya sudah cukup membangun kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen. Mengapa? Pasalnya, sebagian besar masyarakat berpikir bahwa membuat akun di media sosial mudah dan gratis sehingga rentan penipuan. Sebaliknya, website membebankan biaya sewa domain & web hosting bagi user-nya sehingga mengurangi potensi tindak kriminal di dalamnya.

Selain itu, website memiliki halaman informasi lengkap nan akurat bagi customer-nya. Siapa pun bisa menggali informasi detail mengenai bisnis Anda, mulai dari halaman utama (Homepage), Tentang Kami (About Us), Produk & Layanan (Products & Services), hingga Hubungi Kami (Contact Us)

Informasi detail dari halaman-halaman tersebutlah yang kemudian meningkatkan sekaligus menjaga kredibilitas bisnis di mata konsumen. 

Perusahaan Mampu Membangun Hubungan Kuat dengan Target Pasar

Tujuan akhir dari pemasaran adalah mencari sebanyak-banyaknya target pasar dan menjadikannya konsumen loyal. Nah, loyalitas ini sendiri bisa hadir bila konsumen merasa bahwa mereka telah menemukan sebuah bisnis yang tidak hanya memperhitungkan keuntungan saja, tetapi juga mengerti kebutuhan konsumen. 

Caranya? Manfaatkan fitur blog di web bisnis Anda!

  • Atur blog dengan isi konten menarik sesuai kebutuhan pelanggan. Namun, jangan lupa, bumbui sedikit tentang bisnis, produk, dan layanan perusahaan. 
  • Buat isi blog seinteraktif mungkin. Ajak pengunjung buat meninggalkan komentar atau mengisi survei.
  • Tingkatkan layanan pelanggan melalui fitur chat. Ini akan menjadi alternatif bagi pelanggan yang ingin berkonsultasi secara cepat dibandingkan email, social media, dan mobile.

Berbagi ide dengan pelanggan selalu menjadi langkah tepat untuk membangun suatu hubungan baik. Secara otomatis, loyalitas tumbuh dengan sendirinya.

Promosi Jadi Lebih Efektif dan Efisien

Masih menggunakan strategi pemasaran manual? Jika iya, perusahaan Anda membuang banyak hal berharga, termasuk uang dan waktu. Jelas saja, pasalnya, cara tradisional membutuhkan banyak pembiayaan, contoh siaran pers, iklan cetak, pamflet, dan lainnya.

Meski masih populer, cara ini dinilai kurang efektif karena tidak dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, mulai dari umur hingga tingkat ekonomi. Selain itu, metode tradisional juga kurang efisien karena biasanya akan berujung pada penumpukan sampah. 

Bandingkan dengan pemasaran online melalui web! Tentu saja pemasaran daring lebih murah dan efektif, bukan?

Perkembangan Bisnis Kian Mudah Dipantau

Salah satu manfaat paling signifikan dari penggunaan sebuah website bisnis adalah Anda dapat memantau perkembangan perusahaan secara real time dengan perangkat analyticssebuah perangkat yang menampilkan informasi statistik dari pengukuran, pengumpulan data, juga analisa perilaku pengguna website. 

Beberapa indikator yang dapat ditampilkan oleh analytics, antara lain:

  • Jumlah pengunjung aktif
  • Jumlah pengunjung yang tingkat kunjungannya rendah (satu atau dua kali saja)
  • Halaman yang sering dikunjungi oleh pengguna
  • Waktu rata-rata berkunjung

Manfaat ini tentu tidak dapat Anda rasakan bila hanya terpaku pada strategi pemasaran non-digital. Meski masih bisa dilakukan analisa, perhitungan hasil statistiknya membutuhkan waktu lebih lama.

Jangkauan Pasar Bertambah Luas

Internet tidak terhalang oleh jarak. Siapa pun, di mana pun bisa terhubung asalkan memiliki akses internet. Tambahan lagi, internet telah menjangkau lebih dari setengah populasi penduduk dunia. Itu berarti pasar Anda bukan lagi lokal, tetapi juga internasional. 

Website perusahaan Anda bisa saja dikunjungi oleh orang-orang dari Arab, Amerika, Paris, Korea Selatan, Taiwan, Belanda, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya kesempatan seperti di atas, bukan tidak mungkin kalau bisnis Anda akan mendunia suatu saat nanti.

Kepuasan Konsumen Terpenuhi dengan Baik

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kepuasaan pelanggan. Website bisa dibilang sebagai layanan all-in-one terbaik yang perusahaan bisa tawarkan untuk konsumen setianya. 

Hanya dengan bantuan sebuah website, pelanggan sudah bisa mendapatkan banyak hal, meliputi:

  • Mengetahui visi dan misi perusahaan secara detail
  • Mengenal sejarah perusahaan dari nol hingga berkembang
  • Mempelajari berbagai layanan dan produk yang ditawarkan
  • Mendapatkan informasi menarik dari artikel-artikel dalam blog
  • Menghubungi layanan pelanggan secara langsung
  • Memesan produk dan jasa yang dibutuhkan
  • Melakukan proses pembayaran pesanan
  • Menyediakan layanan keanggotaan, lengkap dengan penawaran diskon
  • Memberikan testimoni kondisi produk atau hasil pengerjaan layanan

Bisnis Memiliki Benteng Pertahanan untuk Situasi Force Majeure (Tak Terduga)

Pelaku bisnis profesional harus siap menghadapi segala macam situasi, termasuk kondisi tak terduga (force majeure), seperti gempa, kerusakan bangunan, pandemi, banjir, dan lain sebagainya.

Mengambil pelajaran nyata dari kondisi pandemi COVID-19, semua bisnis offline terhenti operasionalnya karena kebijakan pemerintah masing-masing negara untuk melakukan lockdown

Hanya bisnis dengan teknologi penjualan/pemasaran digital-lah yang mampu bertahan di tengah gempuran kebijakan pemerintah tersebut. Maka, wajar saja bila website dianggap sebagai benteng pertahanan dalam segala macam kondisi. 

Website Menjaga Reputasi Perusahaan dari Kompetitor

Jangan mau kalah dari kompetitor! Ketika semua perusahaan pesaing telah memiliki sebuah web, Anda harus punya juga. Ini akan sangat berkaitan dengan reputasi perusahaan.

Sebuah website bisa saja membuat bisnis Anda tampil lebih unggul dari kompetitor. Lalu, imbasnya adalah reputasi bisnis Anda akan dinilai lebih baik dari pesaing. 

Lantas, bagaimana caranya? Mudah saja ciptakan forum pada website melalui fitur blogging, podcast, dan seminar. 

Bisnis Memiliki Kesan Profesional

Website yang dibuat secara profesional memberikan kesan bahwa Anda serius dalam membangun bisnis. Lalu, kesan ini tentu akan mempengaruhi pandangan publik terhadap bisnis Anda. 

Lebih jauh lagi, pemanfaatan website juga mampu menciptakan kesan profesional pada merek dagang Anda dengan cara menyisipkan logo brand secara apik di dalam website

10 manfaat website yang menguntungkan bagi bisnis

‍Kesimpulan

Dengan semakin majunya teknologi, semakin bebasnya pasar dan industri, serta meningkatnya akan kebutuhan sistem untuk efisiensi suatu pekerjaan hingga dibutuhkannya sarana atau wadah untuk meningkatkan nilai trust dan kemudahan user, membuat website menjadi primadona sebagai solusi untuk menjawab isu tersebut. 

Softwareseni merupakan software house yang telah banyak membantu berbagai perusahaan dan brand besar dalam memenuhi kebutuhan teknologi mereka. 

Website seperti eCommerce, Mobile App, PWA hingga Custom Software seperti SSO dapat disediakan dengan baik oleh Softwareseni.

Dengan lebih dari 150 staf ahli di bidangnya, Softwareseni berkomitmen untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis. Mulai dari estimasi kebutuhan, scoping, designing, building, hingga tahap adjustment untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

Selain itu teknologi seperti Wordpress, Laravel, Scala, React, Ruby on Rail merupakan teknologi yang familiar bagi tim developer kami.

Softwareseni juga merupakan perusahaan One-stop IT solutions yang telah menggunakan standar internasional sehingga keamanan data dan privasi perusahaan Anda menjadi prioritas bagi Softwareseni.

So, apa yang anda tunggu, ayo menjadi mitra kami, dan kembangkan bisnis anda!

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223