Pentingnya Mempunyai Website yang "Cepat" Bagi Perusahaan

Pentingnya Mempunyai Website yang "Cepat" Bagi Perusahaan

by
Ahid Maulana
December 8, 2021

Platform digital seperti halnya website atau mobile app memang tengah menjadi primadona di kalangan perusahaan yang mencoba melakukan transformasi digital pada bisnis mereka. Bukan tanpa sebab, platform digital dianggap sebuah media yang cocok untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi, tanpa adanya batasan geografis. 

Kehadiran platform digital seperti website juga memberi dampak positif bagi strategi pemasaran dari sebuah perusahaan, dengan memanfaatkan data konsumen yang telah dikumpulkan melalui platform digital tersebut.

Namun, ternyata ada beberapa kualifikasi dalam platform digital yang harus dipenuhi, agar platform digital dapat memberikan dampak positif yang maksimal bagi keberlangsungan bisnis perusahaan, khususnya pada strategi bisnis yang tengah dan akan dijalankan. Dan salah satu kualifikasi dalam platform digital seperti website, adalah kecepatan situs atau website itu sendiri.

Mengapa kecepatan situs penting?

Pada dasarnya kecepatan situs penting untuk membuat konsumen atau user menjadi nyaman dalam menjelajah situs tersebut. Hal ini dibuktikan melalui riset yang dilakukan oleh Google bahwa website atau situs yang lambat berdampak negatif pertumbuhan pengunjung dan penjualan produk, sehingga Google sebagai search engine paling populer di dunia memasukan kecepatan situs sebagai salah satu parameter penilaian. 

Selain hal itu, kecepatan situs terbukti dapat membantu suksesnya strategi digital marketing seperti SEO dan SEM yang Anda implementasikan, sebagai upaya dan strategi bisnis Anda untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi. 

Faktor yang Membuat Kecepatan Situs Lambat

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kecepatan situs menjadi lambat, tak terkecuali faktor jaringan internet yang digunakan oleh konsumen itu sendiri, yang sebenarnya itu sudah diluar kendali Anda sebagai pemilik website atau situs. 

Namun ada juga beberapa faktor yang masih dalam jangkauan Anda, sehingga Anda bisa melakukan beberapa optimasi dan perbaikan dalam website atau situs bisnis Anda. Setidaknya ada dua faktor utama yang menyebabkan website atau situs Anda lambat, diantaranya adalah sebagai berikut

Server atau Hosting yang bermasalah

Indikasi awal dari kecepatan situs yang lambat adalah faktor server atau hosting yang Anda gunakan, seperti performa server itu sendiri yang meliputi spesifikasi server yang digunakan, optimasi server yang diimplementasi, hingga lokasi server. Sedangkan hal lainnya bisa jadi kapasitas harddisk server yang penuh atau melewati batas hingga trafik yang terlalu besar.

Kualitas dari situs itu sendiri

Nyatanya selain permasalah server atau hosting, seringkali permasalahan situs yang lambat justru berasal dari instalasi dari website atau situs yang kurang optimal, seperti coding yang tidak efisien dan penggunaan file yang memiliki kapasitas yang besar pada konten situs tanpa adanya kompresi dari konten tersebut, sehingga jika didapati user dengan koneksi jaringan yang tidak mumpuni, maka situs tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimuat, sehingga mempengaruhi user experience dari konsumen yang mengunjungi situs Anda.

Kecepatan situs menjadi sangat penting bagi keberlangsungan bisnis dalam sebuah perusahaan di Era digital karena situs atau website bersinggungan secara langsung dengan konsumen. Tidak ada satupun konsumen yang senang ketika membuka situs yang lambat, hal ini yang berdampak negatif pada jalannya sebuah bisnis, karena pengalaman jelajah yang kurang baik, akan menyebabkan perusahaan kehilangan sebagian besar calon konsumen yang potensial.

Oleh karena itu, jika Anda benar - benar ingin totalitas membangun image bisnis Anda di dunia digital dengan baik, maka membangun sebuah situs atau website yang cepat adalah sebuah keharusan.

Lalu bagaimana caranya untuk membangun situs atau website yang cepat? Jika dalam perusahaan Anda memiliki departemen IT sendiri, Anda bisa meminta mereka untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai teknologi dan cara optimasi untuk sebuah situs agar situs itu dapat diakses dengan cepat, namun jika Anda belum memiliki departemen IT sendiri, bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house adalah solusi praktis. Dengan pengalaman mereka (red. Software house), mereka akan memberikan saran dan solusi untuk kebutuhan situs atau website Anda.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997