Kapan Sebaiknya Membuat Mobile App untuk Bisnis Anda

Kapan Sebaiknya Membuat Mobile App untuk Bisnis Anda

by
Ahid Maulana
November 12, 2021

Smartphone memang sudah bukan barang “mewah” lagi. Hampir di setiap lapisan masyarakat memiliki setidaknya satu smartphone di rumahnya. Harga smartphone yang kian terjangkau juga turut andil dalam semakin meningkatnya populasi pengguna smartphone di Indonesia.

Berdasarkan data WeAreSocial & Hootsuite, dilansir dari detik.com, jumlah pengguna smartphone yang terkoneksi internet meningkat tajam menjadi 345,3 juta atau naik 40 juta direntang periode januari 2020 hingga januari 2021.

Dengan angka pertumbuhan yang sebesar itu, tidak heran banyak masyarakat Indonesia menjadi lebih akrab dengan smartphone mereka di setiap aktivitas harian mereka. Ini yang kemudian menjadi peluang yang menjanjikan bagi para perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka dan menjangkau lebih banyak konsumen melalui mobile app.

Mobile app sendiri bukan lagi platform baru di pasar digital, khususnya di Indonesia. Mobile app menjadi salah satu platform yang paling popular, selain website yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis dan memperkuat brand mereka di tengah ketatnya kompetisi bisnis pasar digital saat ini.

Apa yang sebenarnya membuat mobile app begitu digandrungi oleh perusahaan, sehingga banyak perusahaan yang kemudian mengadopsi platform mobile app dalam bisnis mereka?

Manfaat Mobile App

Ada beberapa manfaat dari mobile app dilihat sisi bisnis yang membuat mobile app begitu populer di kalangan perusahaan.

Channel Marketing Bagi Bisnis Perusahaan

Berdasarkan data di atas, pengguna smartphone yang terhubung dengan internet di Indonesia, semakin hari semakin meningkat. Ini tentunya menjadi peluang bagi perusahaan untuk menciptakan channel marketing baru bagi bisnis mereka, demi mengakuisisi konsumen baru.

Mobile app dianggap sebagai platform yang cocok untuk mengakuisisi konsumen baru. Dengan mobile app konsumen Anda akan lebih mudah mendapatkan akses informasi mengenai produk yang Anda tawarkan. 

Selain itu Anda juga dapat mem-broadcast informasi terkait bisnis perusahaan Anda, seperti informasi harga, katalog produk, hingga promo yang Anda tawarkan lebih cepat melalui fitur push notification pada mobile app.

Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Selain sebagai channel marketing bagi perusahaan, nyatanya mobile app juga berfungsi sebagai platform untuk meningkatkan brand awareness. Mobile app dapat memberikan experience tersendiri pada konsumen, sehingga jika konsumen puas dengan pengalaman mereka ketika menjelajah produk yang ditawarkan melalui mobile app, maka secara tidak langsung brand dan tingkat kepercayaan konsumen akan meningkat.

Anda juga bisa mengkombinasikan mobile app dengan strategi digital marketing seperti ASO atau App Store Optimization, sehingga hasil yang didapatkan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan akan lebih optimal.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ketika konsumen puas dengan layanan yang diberikan perusahaan melalui mobile app-nya, seperti kemudahan, fleksibilitas, dan pengalaman jelajah mereka (red. konsumen) yang menyenangkan ketika mengakses mobile app, maka secara bersamaan perusahaan akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Tentunya dengan mendapat konsumen yang loyal, perusahaan akan lebih diuntungkan, dan bisnis perusahaan pun akan semakin berkembang.

Mobile app sendiri memberikan pengalaman jelajah yang berbeda jika dibandingkan dengan website, selain itu eksklusifitas yang ditawarkan mobile app menjadi faktor pembeda antara mobile app dan website. Itulah faktor yang membuat mobile app lebih unggul dalam meningkatkan loyalitas konsumen.

Lalu, kapan sebaiknya perusahaan mengadopsi mobile app untuk bisnis mereka?

Mulai Membangun Mobile App

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membangun mobile app.

Customer Behavior

Penting bagi Anda untuk melakukan riset customer behavior terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun mobile app untuk bisnis Anda atau tidak.

Dengan melakukan riset customer behavior, Anda dapat memastikan potensi konsumen yang akan dijangkau oleh bisnis Anda, jika Anda memutuskan untuk membangun mobile app untuk bisnis Anda.

Teknologi dan Fitur yang Akan Dibangun

Hasil dari riset customer behavior juga bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk menentukan teknologi dan fitur apa yang akan dibangun dalam mobile app.

Data customer behavior  bisa Anda gunakan untuk membangun UI/UX yang sesuai dengan persona bisnis Anda, serta mudah dipahami oleh konsumen Anda ketika mengakses dan menggunakan mobile app yang Anda bangun.

Selain itu data customer behavior juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan fitur apa yang cocok dengan kebutuhan konsumen Anda, sehingga Anda benar - benar akan membangun mobile app yang tepat guna, sesuai dengan kebutuhan dan bisa menjadi solusi dari permasalahan bisnis Anda yang berkaitan dengan akuisisi konsumen.

Dari situlah Anda dapat menentukan teknologi apa yang cocok digunakan untuk mobile app Anda, atau setidaknya Anda akan lebih mudah untuk menjelaskan kebutuhan mobile app yang akan Anda bangun kepada pihak ketiga, seperti software house ketika Anda memutuskan untuk menggunakan mereka (red. Software house).

Biaya untuk Membangun Mobile App

Sudah menjadi rahasia umum, jika membangun mobile app bukan perkara yang murah, apalagi jika Anda ingin membangun mobile app yang bisa digunakan untuk dua sistem operasi yang berbeda (dalam hal ini Android & iOS).

Banyaknya fitur yang ingin Anda bangun juga berpengaruh dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun sebuah mobile app. Itulah mengapa riset di awal menjadi faktor yang penting bagi Anda sebelum membangun mobile app untuk bisnis Anda.

Perlu Anda ketahui, untuk membangun sebuah mobile app setidaknya Anda memerlukan biaya kurang lebih 100 juta rupiah, tergantung seberapa kompleks mobile app yang ingin Anda bangun, dan berapa banyak fitur yang ingin Anda buat.

Oleh karena itu, jika Anda belum atau tidak memiliki tim IT untuk membangun mobile app, maka bekerjasama dengan pihak ketiga seperti software house adalah solusi yang tepat untuk membangu mobile app Anda sendiri.

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223