Kapan Sebaiknya Melakukan Digitalisasi pada Bisnis Anda

Kapan Sebaiknya Melakukan Digitalisasi pada Bisnis Anda

by
Ahid Maulana
October 12, 2021

Masyarakat semakin hari semakin erat dengan teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu cepat, dan akses teknologi yang semakin mudah menjadi faktor yang mendorong masyarakat untuk cepat beradaptasi. Hal ini kemudian memicu adanya perubahan minat dan perilaku masyarakat terhadap gaya hidup dan kebiasaan mereka, terutama kebiasaan dalam berbelanja.

Dari perubahan minat dan perilaku masyarakat itu, kemudian banyak pebisnis yang akhirnya memutuskan untuk melakukan transformasi bisnis dan berinvestasi dengan menjajakan produk dan jasa mereka melalui layanan digital. Tujuan utamanya jelas, mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, dari semakin luasnya pangsa pasar yang tersedia (red. Internet).

Digitalisasi dalam Bisnis

Website, mobile app, hingga periklanan digital sudah menjadi rahasia umum bagi para pebisnis, dalam upaya mereka untuk meningkatkan trust pelanggan, dan juga potensi mendapatkan pelanggan baru. Perkembangan teknologi yang begitu cepat juga seolah mengamini, bahwa teknologi seperti website, mobile app hingga periklanan digital adalah cara yang ideal untuk mendorong kesuksesan suatu bisnis di era digital dan pasar bebas seperti saat ini.

Namun, ada yang perlu digaris bawahi, jika Anda adalah seorang pebisnis yang ingin melakukan transformasi digital pada bisnis Anda. Adalah tidak adanya jaminan bahwa setelah Anda melakukan transformasi bisnis dan berinvestasi pada teknologi terkini, bisnis Anda akan secara otomatis sukses setelahnya. 

Perlu Anda ketahui juga, bahwa melakukan transformasi digital pada sebuah bisnis, bukanlah perkara yang mudah dan murah. Butuh proses yang panjang, dan juga rencana yang matang agar nantinya, transformasi digital tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi bisnis Anda.

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda jawab sebelum akhirnya memutuskan untuk mentransformasi bisnis Anda ke arah digital.

Riset dan Validasi

Seperti yang sebelumnya disebutkan, perlu adanya rencana yang matang sebelum akhirnya Anda melakukan transformasi digital pada bisnis Anda. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai potensi pasar yang akan Anda masuki (red. Pasar digital). 

Setelah melakukan riset pun Anda perlu melakukan validasi, seperti “apakah benar jika pelanggan saya membutuhkan hal ini? Apakah benar jika saya melakukan hal ini potensi bisnis saya akan berkembang? Apakah benar jika teknologi ini dapat mempercepat bisnis saya?”, sebelum pada akhirnya Anda benar - benar memutuskan untuk melakukan transformasi digital.

Riset dan validasi tersebut berguna untuk meminimalisir kerugian, jika transformasi digital yang Anda lakukan itu gagal, juga memastikan teknologi atau sistem yang Anda bangun sesuai dan tepat guna untuk perusahaan Anda, sehingga memberikan dampak yang positif bagi perusahaan Anda.

Timeline dan Rencana Anggaran

Merancang dan membangun sebuah teknologi atau sistem untuk kebutuhan bisnis tentu memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sebagai contoh untuk membuat sebuah custom mobile app diper utuhkan waktu pengerjaan 4 - 6 bulan, tergantung kebutuhan sistem dan fitur yang Anda inginkan. Tentu jika Anda menginginkan sistem yang komplek, maka waktu pengerjaan semakin lama, dan biaya yang harus Anda keluarkan juga akan semakin besar.

Hal inilah yang perlu Anda pertimbangkan, sehingga Anda dapat menentukan momentum yang tepat untuk melakukan transformasi digital pada bisnis Anda.

Plan Selanjutnya

Sistem yang baik adalah sistem yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis dimasa yang akan datang. Sehingga ketika Anda membangun sebuah sistem atau teknologi, Anda perlu tahu sejauh mana potensi sistem atau teknologi tersebut membawa bisnis Anda ke arah yang positif dan tentunya memberikan keuntungan bagi bisnis Anda, tentunya dengan riset dan validasi yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Mengapa tidak langsung menciptakan sistem yang komplek untuk keperluan di masa yang akan datang juga?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk membangun sebuah sistem atau teknologi membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan biaya yang tidak murah. Sehingga jika di awal transformasi Anda memutuskan langsung membuat sebuah sistem yang kompleks, maka ada kekhawatiran jika hal itu memerlukan waktu yang lama, yang membuat arus bisnis Anda terhambat. Selain itu sistem atau teknologi yang komplek akan membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Lebih dari itu Anda perlu memperhatikan kegunaan dari sistem atau teknologi pada waktu yang sekarang. Sistem atau teknologi yang kompleks, cenderung tidak tepat guna dengan flow bisnis Anda. 

Jika 3 hal di atas sudah Anda ada dalam business plan Anda, maka bisnis Anda siap di digitalisasikan untuk menargetkan pangsa pasar yang lebih luas, dan sejalan dengan goal dari perusahaan yang ingin dicapai.

Teknologi dan Platform Digital

Perkembangan teknologi yang begitu cepat “membawa” teknologi yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menargetkan pangsa pasar baru yang mungkin belum bisa Anda jangkau sebelumnya. Setidaknya ada beberapa teknologi dan platform yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda di era digital dan pasar bebas seperti saat ini.

Website

Siapa yang tidak kenal website? Website merupakan kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi yang dapat diakses oleh pengguna internet, baik diakses secara langsung (direct) atau melalui search engine seperti Google. Informasi yang disajikan pun bisa beragam, mulai dari teks artikel, gambar, animasi, podcast hingga video.

Hingga kini tren website terus berkembang, tidak hanya sebatas menyajikan informasi semata, kini pengguna internet juga bisa melakukan jual beli, booking hotel, hingga melakukan belajar online

Dari situlah kemudian banyak perusahaan berlomba - lomba membuat website official untuk keperluan bisnis mereka, tidak hanya sebatas untuk meningkatkan brand, tetapi juga sebagai opportunity untuk menggaet pangsa pasar baru, dengan website sebagai media penghubung antara perusahaan dan calon konsumen.

Mobile App

Aplikasi mobile kini tengah naik daun. Bukan tanpa sebab, kenaikan jumlah pengguna smartphone setiap tahunnya menjadi salah satu faktor utama begitu populernya aplikasi mobile untuk saat ini. Banyak perusahaan yang pada akhirnya mengadopsi aplikasi mobile untuk kebutuhan bisnis mereka, selain untuk mengikuti tren teknologi, aplikasi mobile juga dianggap teknologi yang efektif untuk menjembatani perusahaan dengan calon konsumen mereka.

Social Media

Selain website dan aplikasi mobile, social media juga bisa Anda jadikan platform untuk mengembangkan bisnis Anda. Di Indonesia sendiri, pengguna media sosial juga mengalami peningkatan pada tahun 2021 menjadi 170 juta pengguna. Angka tersebut berpotensi terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan tren yang ada di tengah masyarakat sampai saat ini.

Digital Marketing

Selain aplikasi mobile yang tengah naik daun, digital marketing juga menjadi hal yang paling dicari pada saat ini. Pandemi covid-19 yang mengakselerasi perubahan minat dan perilaku konsumen menjadi salah satu penyebab sangat diminatinya digital marketing untuk meningkatkan pasar bisnis suatu perusahaan.

SEO (Search Engine Optimization), SMO (Social Media Optimization), ASO (App Store Optimization) hingga Digital Advertiser merupakan cabang dari digital marketing yang banyak diminati oleh perusahaan. Tentu dengan goal dan KPI yang berbeda - beda. 

Kapan Harus Memulai dan Harus Darimana?

Anda bisa mulai melakukan transformasi digital pada bisnis Anda ketika Anda telah melakukan riset pasar dan perencanaan yang matang. Riset dan validasi, timeline dan rencana anggaran, hingga business plan selanjutnya merupakan poin penting yang Anda harus eksekusi terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mentransformasi bisnis Anda.

Selain itu, jika Anda benar - benar berada pada tahap awal dalam melakukan transformasi digital, Anda bisa menggunakan teknologi website, social media dan juga digital marketing sebagai langkah awal untuk menaikan brand bisnis Anda serta menjangkau calon konsumen baru.

Memang, untuk mentransformasi digital suatu bisnis secara keseluruhan bukanlah perkara mudah dan murah seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Dalam proses transformasinya pun Anda harus menyiapkan divisi IT yang bisa mengubah ide - ide bisnis Anda ke dalam sebuah teknologi yang mudah dijangkau oleh calon konsumen Anda, seperti website atau mobile app.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Bagaimana? Sudah siap melakukan transformasi digital bisnis Anda bersama Softwareseni?

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
+62 858 6514 9577