Jualan di Marketplace Saja Apakah Cukup? Lanjutkan dengan Pembuatan Website

Jualan di Marketplace Saja Apakah Cukup? Lanjutkan dengan Pembuatan Website

by
Winda Ayu
June 16, 2022
June 20, 2022

Pandemi yang telah melanda dunia selama dua tahun kebelakang membuat perpindahan besar terjadi di berbagai kalangan pebisnis ke online shopping. Pada pertengahan 2020 saja, tercatat perpindahan dari 300 ribu UMKM ke platform digital.

Diimbangi juga dengan larisnya online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Hal itu dapat terjadi secara masif dikarenakan adanya berbagai macam solusi yang mudah dan terjangkau bagi para pebisnis yang baru saja masuk ke dunia digital.

Pebisnis juga merasa sangat terbantu dikarenakan di dalam marketplace mereka dapat langsung menawarkan produknya ke pelanggan tanpa memikirkan pemeliharaan platform. Hal ini dapat diibaratkan seperti menitipkan barang dagangan ke supermarket dan para pebisnis tinggal menunggu lakunya barang yang dititipkan.

Namun, apakah cukup melakukan bisnis online melalui online marketplace? Mari kita bahas lebih jauh mengenai pentingnya memiliki website pribadi perusahaan.

Apakah Berjualan di Marketplace Saja Cukup?

Banyak alasan orang membuka bisnis di online marketplace. Selain karena gratis, marketplace juga membantu mereka untuk menjangkau pasar yang luas. Dengan kondisi “pasar” yang begitu ramai pengunjung, produk penjualan tentu saja akan lebih mudah untuk muncul di hadapan target konsumen.

Namun, perlu disadari bahwa manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh 1 pebisnis saja, melainkan juga ratusan atau bahkan ribuan pebisnis sejenis di luar sana.

Selain tingkat persaingan yang tinggi, berikut adalah beberapa kekurangan berjualan via online marketplace:

  • Terdapat biaya admin di setiap transaksi – Contohnya seperti yang diterapkan Tokopedia dan Shopee.
  • Tidak mendapat akses data konsumen – Data konsumen dapat digunakan untuk melakukan retargeting atau retargeting, yaitu strategi untuk mendorong jumlah penjualan.
  • Diharuskan untuk mengikuti aturan platform – Setiap platform mempunyai aturannya masing-masing, contohnya untuk pencantuman judul produk dan deskripsinya. Jika Anda melanggar aturannya, toko Anda bisa dibanned.

Dengan melihat berbagai kelebihan dan kekurangan dari menggunakan platform online marketplace, tentunya ada alternatif lain untuk mengantisipasi yaitu membangun website toko online sendiri.

Mengapa Perlu Membangun Website Sendiri?

Website toko online (atau biasa disebut e-commerce) adalah website yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk Anda sendiri.

Apabila online marketplace diibaratkan seperti supermarket – yang menawarkan produk dari berbagai brand, toko online bisa diibaratkan seperti toko fisik yang menjual produk khusus satu brand saja. Karena website toko online adalah platform Anda sendiri, tentu Anda harus membangun websitenya terlebih dahulu. 

Lalu, apa kelebihan dalam memiliki website online sendiri?

Tidak Ada Produk Pesaing

Toko online dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi calon pembeli. Karena mereka dapat melihat solusi lengkap yang ditawarkan suatu brand tanpa terganggu penawaran produk dari toko atau brand lain.

Mempunyai Kendali Penuh

Pada online marketplace, toko Anda memang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penting. Seperti gambar produk, kolom deskripsi, hingga kolom review.

Tapi, bagaimana jika Anda ingin mengubah desain dan layout toko Anda? Atau mungkin Anda ingin menambah fitur-fitur baru di dalamnya?

Mempunyai website toko online sendiri adalah jawabannya.

Mudah Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Di website toko online, Anda bebas berinteraksi dengan pembeli dengan cara apapun. Contohnya seperti:

  • Memasang fitur live chat.
  • Menawarkan pengunjung untuk berlangganan email untuk mendapat info promo terbaru.
  • Mengarahkan pengunjung ke akun media sosial.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membangun hubungan dengan para pelanggan atau calon konsumen.

Mari Buat Website Toko Online di SoftwareSeni

Sudah mengerti pentingnya memiliki website toko online sendiri dan bagaimana dapat bermanfaat banyak bagi perkembangan bisnis Anda? Mari bangun website toko online Anda sendiri. Tak perlu khawatir lagi karena sudah banyak software house yang dapat membantu Anda membangun website sesuai dengan keinginan Anda.

SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman membangun e-commerce yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997