IT Seat Outsourcing, Tim yang Dapat Mempercepat Digitalisasi Bisnis Anda

IT Seat Outsourcing, Tim yang Dapat Mempercepat Digitalisasi Bisnis Anda

by
Ahid Maulana
October 4, 2021

Kemajuan teknologi yang begitu cepat telah membuat “celah baru” bagi penyedia layanan dan jasa teknologi atau software house untuk terus memperbarui layanan dan model kerjasama mereka. 

Hal itu bukannya tanpa sebab, masuknya era teknologi 4.0 dan era ekonomi pasar bebas membuat hampir sebagian besar pebisnis melakukan transformasi digital dari yang sebelumnya mengadopsi sistem tradisional.

Adalah Seat Outsourcing yang menjadi layanan paling banyak diminati oleh para pebisnis untuk membantu melakukan transformasi digital ataupun membantu membangun sistem digital di awal berdirinya suatu start up.

Apa Itu Layanan Seat Outsourcing?

Apa Itu Layanan Seat Outsourcing?

Sederhananya, seat outsourcing adalah layanan dari pihak ketiga yang menyediakan tenaga kerja IT untuk melakukan pekerjaan - pekerjaan tertentu seperti developing, pembenahan, maintenance, perencanaan serta implementasi sistem, sesuai dengan kesepakatan kerjasama.

Selain itu, penyedia layanan outsourcing juga memiliki tanggung jawab penuh pada sistem IT perusahaan berdasarkan perjanjian layanan atau Service Level Agreement (SLA). 

Tipe - Tipe IT Outsourcing yang Perlu Anda Tahu

Tipe - Tipe IT Outsourcing yang Perlu Anda Tahu

Secara umum IT outsourcing terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya adalah:

Total Outsourcing 

Jika Anda ingin melimpahkan secara keseluruhan kebutuhan IT perusahaan Anda, mulai dari hardware, software hingga brainware / tenaga IT kepada pihak penyedia layanan outsourcing, maka tipe outsourcing ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Total Insourcing

Tipe outsourcing ini berfokus pada penyewaan tenaga ahli IT yang dimiliki oleh pihak penyedia layanan outsourcing kepada pihak perusahaan yang membutuhkan. Jadi jika Anda membutuhkan tenaga IT dengan skill tertentu tanpa harus melakukan rekrutmen tenaga kerja baru, maka tipe ini cocok untuk Anda.

Selective Sourcing

Jika Anda memiliki kebutuhan outsourcing untuk memilah - milah mana saja fasilitas IT  dalam hal tata kelola, maka tipe outsourcing ini tepat untuk Anda pilih.

De Facto Insourcing 

Merupakan tipe outsourcing dimana Anda menyerahkan semua hal mengenai masalah IT kepada pihak penyedia layanan outsourcing karena faktor hubungan kerja yang baik yang telah dibangun sebelumnya.

Mengapa Sistem Seat Outsourcing Banyak Diminati?

Mengapa Sistem Seat Outsourcing Banyak Diminati?

Salah satu alasan utama mengapa sistem seat outsourcing banyak diminati adalah memudahkan rekrutmen tenaga kerja IT. 

Jika Anda seorang pebisnis yang baru akan membangun sebuah sistem digital atau membangun sebuah start up, maka tim development yang solid merupakan suatu keharusan, agar proses develop sistem berlangsung cepat dan efektif. 

Alih - alih membuat tim development yang solid, terkadang proses rekrutmen menjadi salah satu “batu sandungan” yang membuat proses pembuatan tim development itu menjadi lamban. Kalaupun Anda berhasil melakukan rekrutmen beberapa tenaga kerja, maka proses adaptasi, penyesuaian ritme kerja, dan koordinasi antar tenaga kerja menjadi masalah lainnya, sehingga proses pembentukan tim IT development yang solid memakan waktu yang cenderung lebih lama.

Hal itulah yang menjadi “celah” mengapa pada akhirnya sistem seat outsourcing banyak diminati. Adapun hal - hal lain yang menyebabkan sistem seat outsourcing banyak diminati adalah sebagai berikut.

Menghemat Anggaran Perusahaan

Jika Anda menggunakan jasa outsourcing maka Anda dapat menghemat anggaran perusahaan. Mengapa? Karena dengan sistem seat outsourcing Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pelatihan yang diberikan untuk karyawan baru, selain itu Anda tidak perlu repot mengenai sistem gaji karyawan.

Mengurangi Beban Rekrutmen

Bukan perkara mudah mencari tenaga kerja profesional, apalagi dengan jumlah yang banyak. Dengan menggunakan sistem seat outsourcing Anda bisa dengan mudah mendapatkan tenaga kerja profesional yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga beban rekrutmen pun akan berkurang.

Fokus pada Core Bisnis

Dengan sistem seat outsourcing Anda tidak akan direpotkan dengan pencarian tenaga kerja khusus, mengadakan training, mengalokasikan rekrutmen khusus untuk posisi-posisi tertentu, atau urusan gaji tenaga kerja tersebut, semua itu telah diatur oleh penyedia layanan sistem outsourcing. Dengan begitu Anda akan lebih fokus untuk mengembangkan core bisnis Anda.

Tenaga Kerja yang Lebih Profesional

Pemilihan tenaga outsourcing biasanya melalui seleksi serta persyaratan yang ketat, oleh sebab itu tenaga kerja yang dipilih biasanya merupakan tenaga kerja yang ahli di bidangnya serta profesional. Dengan tenaga kerja yang lebih profesional, Anda pun tidak perlu khawatir tentang proyek sedang di develop.

Mengurangi Resiko

Menerapkan outsourcing juga menjadikan perusahaan lebih sedikit mempekerjakan staf atau karyawan. Hal ini dapat mengurangi resiko dari ketidakpastian bisnis di masa depan, apalagi dengan era ekonomi pasar bebas, dan era teknologi 4.0 yang berkembang dengan cepat. 

Bisnis yang tidak pasti akan berdampak besar kepada jumah tenaga kerja, yang dapat mengakibatkan adanya pemutusan hubungan kerja.

Lebih Fleksibel dalam Perubahan Teknologi

Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan perubahan teknologi yang begitu cepat, dengan menggunakan sistem outsourcing

Anda hanya perlu memperbarui kontrak kerjasama dengan penyedia layanan outsourcing untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja IT, teknologi, hingga infrastruktur IT yang Anda butuhkan pada saat itu. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengadakan training kepada staf atau karyawan IT internal untuk meng-upgrade kebutuhan IT perusahaan Anda.

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih IT Outsourcing?

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih IT Outsourcing?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih layanan IT outsourcing, terlebih lagi di Indonesia. 

Saat ini sudah banyak sekali pilihan penyedia layanan seat outsourcing yang menawarkan pelayanan yang menarik. Agar Anda tidak salah pilih IT outsourcing, berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memilih layanan IT outsourcing:

Tenaga IT yang profesional

Indikator pertama dalam memilih layanan IT outsourcing adalah ketersediaan tenaga IT yang profesional dan support berbagai teknologi IT terbarukan. Sehingga layanan IT outsourcing tersebut bisa memenuhi kebutuhan teknologi digital perusahaan Anda.

Selain itu tenaga IT outsourcing yang profesional, bisa Anda andalkan jika sewaktu - waktu terjadi kendala pada sistem IT perusahaan Anda. Dengan demikian, kerugian yang dihadapi perusahaan bisa diminimalisir atau bahkan tidak ada.

Pengalaman Dalam Menangani Berbagai Kebutuhan Klien

Indikator selanjutnya adalah Anda harus tahu bagaimana “sepak terjang” penyedia layanan IT outsourcing tersebut, Anda bisa melihat dari portfolio yang mereka kerjakan dan bagaimana tingkat kepuasan terhadap kinerja mereka melalui testimoni klien mereka. 

Hal ini penting, jika banyaknya portfolio merepresentasikan banyaknya tingkat kepercayaan klien terhadap mereka, sedangkan testimoni sendiri merepresentasikan tingkat kepuasan kinerja tenaga IT outsourcing yang mereka punyai.

Memiliki Compliance yang Baik dan Jelas.

Yang terakhir, pilihlah jasa layanan IT outsourcing yang memiliki compliance yang baik dan jelas. 

Mengapa demikian? Hal ini penting untuk melindungi privasi dan kerahasiaan data perusahaan Anda, sehingga meminimalisir atau bahkan meniadakan terjadinya kebocoran data yang dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan Anda.

SoftwareSeni merupakan salah satu software house yang menyediakan layanan IT outsourcing terbaik di Indonesia yang memiliki compliance berstandar internasional. 

Diantara compliance yang dimiliki SoftwareSeni adalah sebagai berikut:

  • Compliance Manager
  • Monthly Review for Infrastructure
  • Memiliki 2 Certified AWS DevOps
  • Indonesian and Global Regulation
  • Password Policy
  • Intellectual Property
  • Staff background check

Mengapa Anda Harus Memilih SoftwareSeni?

Selain memiliki compliance yang baik dan jelas, alasan lain yang menjadikan SoftwareSeni merupakan salah satu software house terbaik dalam menyediakan layanan IT outsourcing adalah:

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client - nya.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 170 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Bervariasi

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga IT ataupun kebutuhan sistem digital perusahaan. Sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi jika anda adalah seorang pebisnis yang sedang mencari layanan IT outsourcing untuk perusahaan anda, SoftwareSeni adalah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan IT perusahaan Anda.

Berminat untuk menyewa layanan IT outsourcing di SoftwareSeni?


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223