Iklan Digital, Solusi Instan untuk Sukseskan Bisnis?

Iklan Digital, Solusi Instan untuk Sukseskan Bisnis?

by
Ahid Maulana
June 3, 2022
June 20, 2022

Teknologi membawa babak baru dalam perkembangan strategi pemasaran suatu industri bisnis. Ada banyak strategi yang populer yang dianggap mampu untuk “mendongkrak” performa suatu bisnis di era digital seperti saat ini, sebut saja SEO (search engine optimization) yang begitu populer dua tahun terakhir, sosial media optimization, hingga digital advertising seperti Google Ads, Facebook Ads dan yang lainnya.

Selain karena faktor teknologi yang mendorong perkembangan strategi pemasaran digital, pun perubahan minat dan perilaku konsumen juga turut menjadi faktor mengapa pada akhirnya banyak perusahaan yang kemudian berlomba - lomba menerapkan strategi pemasaran digital pada lini bisnis mereka. 

Periklanan Digital

Selain SEO dan social media, periklanan digital seperti Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dan lain sebagainya juga menjadi pilihan strategi pemasaran digital utama untuk menaikan “pamor” suatu bisnis. 

Lantas apa yang menyebabkan strategi periklanan digital lebih diminati dibandingkan dengan strategi periklanan konvensional pada umumnya?

Keuntungan Menggunakan Periklanan Digital

Setidaknya ada beberapa keuntungan, mengapa strategi periklanan digital lebih diminati dibandingkan dengan strategi periklanan konvensional, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jangkauan yang Lebih Luas

Dilansir dari katadata.co.id ada sekitar 204,7 juta pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2022 atau naik 1.03% dibandingkan dengan awal tahun lalu dan kemungkinan akan terus meningkat kedepannya. 

Ekosistem pengguna yang besar menjadi peluang tersendiri bagi pebisnis untuk mempromosikan produk maupun brand mereka secara masiv, yang mana hal ini sulit untuk dilakukan oleh strategi periklanan konvensional seperti baliho dikarenakan adanya batasan geografis. Berbeda dengan strategi periklanan konvensional, strategi periklanan digital dapat menjangkau semua itu tanpa adanya batasan geografis konsumen yang menjadi target bisnis.

Target Konsumen yang Lebih Terarah

Dibandingkan dengan periklanan konvensional, periklanan digital dapat diatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan target konsumen yang diinginkan, baik dari sisi demografi konsumen seperti umur, gender, dan lokasi, hingga faktor ketertarikan konsumen. 

Hal itulah yang membuat periklanan digital lebih efektif dan terarah dibandingkan dengan periklanan konvensional pada umumnya.

Variasi Media yang Beragam

Tidak hanya text saja, periklanan digital juga mendukung format gambar dan video sebagai media periklanannya. Sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk menentukan format media apa yang sekiranya cocok untuk mempromosikan bisnis Anda kepada target konsumen Anda.

Lebih Terukur

Dengan adanya sistem tracking pada setiap kampanye iklan digital, membuat iklan digital menjadi lebih terukur. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan audit dan evaluasi terhadap kampaye iklan digital yang berjalan, sehingga mengurangi terjadinya kerugian yang diakibatkan oleh kampaye iklan digital yang tengah berjalan.

Lebih Efisien dalam Pengeluaran Budget

Periklanan digital cenderung lebih efisien dan “ramah dikantong”. Hal ini dikarenakan Anda memiliki kontrol penuh terhadap kampaye iklan yang dijalankan, Anda bisa dengan mudah menentukan kapan sebaiknya iklan dijalankan, kapan sebaiknya budget iklan dinaikan, hingga kapan sebaiknya kampanye iklan diberhentikan. 

Dilema Periklanan Digital

Melihat keuntungan bisnis yang ditawarkan, banyak para pemilik bisnis yang menganggap iklan digital sebagai solusi instan untuk mensukseskan bisnis mereka. Sayangnya untuk menjalankan kampaye iklan digital, sebenarnya bukanlah perekara yang mudah. 

Ketika Anda sebagai pemilik memutuskan untuk menjalankan iklan digital sebagai salah satu strategi bisnis Anda, maka setidaknya Anda harus mengetahui atau menetapkan goal dari kampanye iklan yang akan Anda jalankan. Sehingga Anda tidak keliru dalam menilai result dari kampanye iklan yang dijalankan.

Nyatanya tidak sedikit dari pemilik bisnis yang salah memaknai iklan digital. Banyak dari pemilik bisnis yang beranggapan, bahwa menjalankan periklanan digital merupakan solusi instan untuk menyukseskan bisnis mereka. Padahal menjalankan iklan digital terkadang memerlukan proses yang panjang, dari mulai riset target audience, permasalahan asset dan teknikal, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk beriklan.

Jika beriklan digital merupakan solusi instan dalam menyukseskan bisnis, tentu semua bisnis yang menggunakan metode periklanan digital akan sukses, namun fakta di lapangan mengatakan tidak semua pemilik bisnis yang menggunakan periklanan digital sukses dalam memajukan dan mengembangkan bisnis mereka. Masih ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan kampaye iklan digital, baik faktor internal seperti riset dan permasalahan teknikal, hingga faktor eksternal dimana para kompetitor dengan bisnis yang serupa juga menggunakan strategi yang sama.

Oleh karena itu anggapan iklan digital merupakan solusi instan untuk kesuksesan sebuah bisnis tidak begitu tepat. Anda harus memikirkan matang - matang dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk menunjang kesuksesan kampaye iklan digital Anda, sehingga Anda dapat terhindar dari kerugian yang lebih besar.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997