5 Top Website yang Dibangun Menggunakan ReactJS

5 Top Website yang Dibangun Menggunakan ReactJS

by
Ahid Maulana
December 29, 2021
July 13, 2022

ReactJS merupakan JavaScript Library yang bersifat open source yang diperuntukan untuk kebutuhan front end development. ReactJS juga dikenal sebagai salah satu framework tercepat di antara pilihan framework diluaran sana.

Tak heran, banyak perusahaan besar yang menggunakan ReactJS sebagai framework untuk kebutuhan front end development dari website yang akan mereka bangun. Dari sekian banyak website yang dibangun menggunakan ReactJS, berikut ini adalah 5 website top dunia yang dibangun menggunakan ReactJS

Airbnb

Airbnb merupakan salah satu website paling terkenal yang dibangun menggunakan ReactJS. Halaman utama mereka (red. airbnb) terlihat begitu sederhana, namun juga elegan. 

Tak heran banyak developer yang disarankan mengecek website Airbnb untuk melihat bagaimana ReactJS dapat menjadikan website Airbnb lebih dari sekedar situs eCommerce biasa.

Facebook

Selanjutnya ada Facebook. Facebook dikenal sebagai salah satu jejaring sosial paling berpengaruh di dunia. Data mencatat ada sekitar 3 milyar orang di dunia yang terdaftar sebagai pengguna Facebook. 

Fakta uniknya adalah Facebook dibangun menggunakan ReactJS untuk menangani setiap kebutuhan user mereka (red. Facebook) yang begitu besar dengan cepat dan fleksibel. Dengan ketersediaan fitur yang lengkap juga membuat ReactJS sebagai solusi praktis bagi kebutuhan developer untuk membangun website.

Manfaat lain dari ReactJS adalah ReactJS memiliki ekosistem yang luas dan menyediakan solusi yang cepat dan lengkap. Hal itu yang kemudian menjadikan ReactJS semakin diminati dan menjadi pilihan utama untuk mengembangkan sebuah website.

Uber

Web app Uber merupakan platform digital selanjutnya yang dibangun menggunakan ReactJS. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bisnis utama Uber adalah menjembatani antara driver dan pelanggan mereka untuk memesan taxi secara online

Tak ayal Uber memiliki kebutuhan yang sangat kompleks, seperti estimasi biaya yang harus dikeluarkan pelanggan mereka, kalkulasi dan penentuan jarak tercepat untuk kebutuhan driver hingga metode pembayaran yang beragam. “Ajaibnya” dengan kebutuhan yang begitu kompleks Uber masih dapat menghadirkan web app yang ringan dan UI yang baik bagi para penggunanya.

Dari case tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa ReactJS dapat membantu Anda dalam meningkatkan pengalaman pengguna yang menyenangkan ketika mengakses platform digital yang Anda bangun, baik website maupun web app, khususnya dalam hal kecepatan akses.

Pinterest

Seperti halnya Facebook, Pinterest juga merupakan salah satu jejaring sosial yang paling berpengaruh di dunia, meskipun di Indonesia sendiri Pinterest tidak begitu populer. 

Fitur utama Pinterest adalah pengguna dapat mengunggah foto, membagi foto tersebut, dan mempublikasi setiap momen pengguna mereka (red. Pinterest) ke publik atau khalayak ramai. Layanan Pinterest sendiri hadir sejak tahun 2010, dan sekarang mereka telah memiliki jutaan pengguna aktif setiap bulannya. 

Tentunya hal itu menjadi bukti bahwa ReactJS dapat menangani kebutuhan pengguna yang begitu besar untuk sebuah layanan platform digital.

Instagram

Sejalan dengan Pinterest, Instagram juga merupakan jejaring sosial yang layanan utamanya adalah pengguna dapat membagikan foto dan video mereka ke publik dan menjadi jejaring sosial paling populer saat ini, khususnya di Indonesia. Instagram sendiri berdiri sejak tahun 2010 yang kemudian diakuisisi oleh Facebook.

Pada Maret 2016, Instagram memutuskan untuk bermigrasi menggunakan ReactJS sebagai framework mereka, dan hasilnya adalah kecepatan akses website Instagram meningkat 60%, hal ini juga dibuktikan oleh mereka dengan ketika mereka memperkenalkan server-side rendering: network dispatch.

Tak heran, dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh ReactJS membuatnya semakin diminati developer untuk kebutuhan development platform digital seperti website atau platform digital lainnya. 

Jadi, jika Anda memiliki kebutuhan untuk membangun platform digital seperti website, dengan kecepatan dan fleksibilitas sebagai goal utama dari platform digital Anda, maka ReactJS bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Untuk mencari ReactJS developer pun kini menjadi lebih mudah, karena hampir semua perusahaan pengembang atau software house memiliki developer yang diperuntukan khusus untuk kebutuhan ReactJS. Dan Softwareseni adalah salah satu dari perusahaan pengembang tersebut.

Softwareseni merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997