OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan dengan Financial Accounting System
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Oct 4, 2021

Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan dengan Financial Accounting System

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Financial Division merupakan salah satu divisi yang “sakral” dalam sebuah perusahaan. Bukan tanpa sebab, tanpa adanya divisi keuangan dalam sebuah perusahaan, cash flow perusahaan akan menjadi kacau dan menimbulkan banyak issue dalam perusahaan itu sendiri. 

Salah satu tugas utama dari divisi keuangan perusahaan adalah membuat laporan keuangan yang konkrit dan mudah dipahami. Gunanya tentu sebagai bahan evaluasi agar perusahaan terus survive dan bertumbuh untuk mencapai visi perusahaan yang telah ditentukan.

Namun, seiring dengan tumbuhnya perusahaan seperti pertambahan sumber daya, inventaris perusahaan, hingga kebutuhan perusahaan lainnya yang semakin besar. Tentu hal ini akan menambah beban dalam pembuatan laporan yang harus semakin konkrit dan detail.

Oleh karena itu perlu adanya sebuah sistem yang dapat membantu tim finance untuk memudahkan pengelolaan anggaran dan pencatatan keuangan perusahaan agar pembuatan laporan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien.

Software Akuntansi atau Financial Accounting System merupakan sebuah sistem yang dapat membantu dalam pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan perusahaan Anda.

Fungsi Financial Accounting System

Secara umum fungsi financial accounting system digunakan untuk memudahkan pengelolaan anggaran perusahaan, selain itu sistem ini juga dapat membantu tim finance untuk melakukan pencatatan keuangan perusahaan sekaligus memproses transaksi akuntansi dalam sebuah perusahaan.

Manfaat Aplikasi Financial Accounting System

Selain fungsi utamanya untuk mempermudah pengelolaan anggaran dan pembuatan laporan keuangan, ada beberapa manfaat lain jika perusahaan Anda menggunakan financial accounting system, diantaranya:

Meminimalisir Kesalahan Hitung dan Hilangnya Data

Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, dan tersentralisasi membuat kesalahan hitung dan hilangnya data dapat diminimalisir, sehingga resiko kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan pun dapat dihindari.

Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Dengan laporan keuangan yang lebih tertata dan tersentralisasi membuat Anda dapat mengambil keputusan bisnis lebih cepat dan lebih terstruktur berdasarkan data yang Anda punya, sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Arus Kas Perusahaan Lebih Terkendali

Pencatatan laporan keuangan yang rapi dan tersentralisasi juga membuat arus kas perusahaan akan lebih terkendali, Anda bisa melihat secara langsung arus keuangan perusahaan melalui dashboard sistem. 

Fitur Utama pada Financial Accounting System

Fitur Pencatatan Purchasing dan Sales

Merupakan salah satu fitur utama dalam sistem financial accounting yang berfungsi untuk membantu tim finance dalam melakukan pencatatan aktivitas finance perusahaan, khususnya purchase dan sales seperti purchase & sales request, purchase & sales order, purchase & sales invoice, purchase & sales payment, serta purchase & sales return.

Fitur ini juga memudahkan tim finance dalam melakukan tracking semua catatan mengenai data purchasing, sehingga perusahaan bisa menyusun strategi yang tepat di masa yang akan datang agar menjadi lebih berkembang.

Fitur Cash Flow

Fitur ini akan membantu tim finance dalam melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran perusahaan, selain itu fitur ini juga dapat melakukan tracking mengenai detail pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Sehingga fitur ini dapat meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan kas perusahaan.

Fitur Daftar Asset

Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan pengelolaan terhadap daftar, nila serta depresiasi aset perusahaan, baik aset fisik maupun non fisik.

Fitur Comparison

Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan perhitungan selisih laba dan rugi perusahaan termasuk didalamnya depresiasi aset perusahaan. Sehingga perusahaan dapat melakukan komparasi performa perusahaan, baik bulanan, maupun tahunan.

Dengan segala manfaat dan fitur yang dimiliki sistem financial accounting, penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem ini, agar manajemen dapat memantau secara langsung performa keuangan dari perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan menjadi lebih “pintar” dalam menyusun rencana anggaran perusahaan di masa yang akan mendatang.

Di era pasar bebas seperti saat ini, penting bagi sebuah perusahaan untuk mulai melakukan transformasi digital di sektor perusahaan. Tujuan utamanya tentu untuk mengefisiensikan pekerjaan dan meminimalisir terjadinya human error, sehingga waktu yang tersedia bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan untuk mencapai goal utama perusahaan.

Bagaimana untuk Membuat Sistem Financial Accounting yang Tepat?

Membuat sebuah sistem yang komplek memang bukan perkara yang mudah dan murah, terlebih lagi jika sistem yang akan dibangun merupakan sistem yang memuat privasi dan data rahasia suatu perusahaan.

Perlu adanya departemen IT yang solid yang bisa mengkonversi ide atau gagasan Anda, menjadi sebuah sistem baik, artinya sistem tersebut memanglah sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut atau tepat guna. 

Mengapa harus demikian? Seperti yang telah dijelaskan di awal, membangun sebuah sistem yang komplek bukanlah perkara mudah dan murah, apalagi jika sistem yang dibangun membutuhkan waktu yang lama untuk development-nya, sehingga jika sistem yang dibangun tidak tepat guna bagi perusahaan, maka perusahaan bisa mengalami kerugian, baik materiil maupun non materiil.

Lalu bagaimana jika, suatu perusahaan yang ingin membuat sebuah sistem tidak memiliki departemen IT khusus didalamnya? Bekerjasama dengan software house merupakan solusi terbaik untuk hal tersebut. 

Namun, perlu Anda garis bawahi, tidak mudah juga memilih software house yang tepat untuk keperluan transformasi digital perusahaan Anda. Anda harus cermat dan tepat dalam memilih software house, terutama jika Anda ingin membangun sistem financial accounting yang didalamnya terdapat data rahasia perusahaan. 

Alih - alih ingin melakukan percepatan dan efisiensi waktu dengan memilih software house, perusahaan dapat “kecolongan” data penting. Oleh karena itu penting juga bagi Anda memilih software house yang memiliki compliance terbaik, demi keamanan data perusahaan Anda.

Softwareseni, merupakan salah satu software house dengan compliance terbaik di Indonesia. Dengan lebih dari 190 staf ahli di bidangnya, Softwareseni memiliki tim yang solid, yang bisa memberikan solusi terbaik dalam membangun sistem di perusahaan Anda. 

Softwareseni juga berdedikasi untuk menjaga data perusahaan Anda agar tetap aman, selama pembangunan sistem, maupun sesudahnya. 

Keunggulan Softwareseni?

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 180 staf profesional yang ahli di setiap bidangnya. Dengan jumlah staf yang besar dan solid, SoftwareSeni siap memenuhi segala kebutuhan digitalisasi perusahaan Anda. 

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak layanan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan layanan - layanan unggulan yang ada di SoftwareSeni Indonesia.

Engagement Model yang Lebih Fleksibel

SoftwareSeni memiliki banyak engagement model yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

  • Seat Outsourcing: Staf yang berdedikasi khusus untuk project Anda
  •  Ad Hoc: Tim yang siap sedia untuk request satuan Anda
  • Project-based: Tim professional untuk menyelesaikan target project Anda.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan Besar Indonesia

Integritas dan profesionalitas tim SoftwareSeni telah dibuktikan dengan banyaknya perusahaan - perusahaan besar Indonesia mempercayakan projek digital mereka dan transformasi digital mereka pada SoftwareSeni. Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta adalah perusahaan - perusahaan yang telah mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

Salah Satu Software House dengan Compliance Terbaik

Dengan standar internasional yang dimiliki SoftwareSeni, menjadikan SoftwareSeni salah satu software house dengan compliance terbaik di Indonesia. 

Jika Anda ragu menggunakan pihak ketiga karena adanya kekhawatiran kebocoran data privasi perusahaan, maka hal itu tidak perlu dikhawatirkan ketika berkolaborasi dengan SoftwareSeni. 

SoftwareSeni akan menjamin kerahasiaan data perusahaan Anda. Tidak hanya itu source code dari produk digital Anda juga akan menjadi digital asset perusahaan Anda sepenuhnya.

Jadi apakah Anda tertarik untuk membuat sistem financial accounting bersama tim SoftwareSeni? 

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!