OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Pentingnya Digital Branding di Era Digital Bagi Suatu Bisnis
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Nov 30, 2021

Pentingnya Digital Branding di Era Digital Bagi Suatu Bisnis

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Era digital, entah disadari atau tidak telah mengubah kiblat dari setiap lini bisnis. Selain faktor teknologi yang telah berkembang dengan sangat cepat dan bertambah “murahnya” teknologi, tren perubahan minat dan perilaku konsumen, khususnya dalam hal berbelanja, membuat banyak perusahaan yang akhirnya mengubah arah kiblat bisnis mereka ke arah digital. 

Ekosistem digital memang terlihat sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari HootSuite dan We Are Social, dikutip dari detik.com, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202.6 juta per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.

Tidak hanya pengguna internet saja yang naik, jumlah perangkat mobile yang terkoneksi internet juga meroket tajam menjadi 345,3 juta dengan pengguna yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya.

Pengguna internet di Indonesia sendiri “rela” menghabiskan waktu sampai 8 jam 52 menit untuk mengakses internet. Dengan komposisi bermain sosial media sekitar 3 jam 14 menit, streaming 2 jam 50 menit, dan menghabiskan sekitar 1 jam 38 menit hanya untuk membaca media online maupun offline.

Dengan jumlah pengguna internet yang terus bertambah setiap tahunnya, membuat ekosistem digital menjadi “lahan basah” yang banyak diperebutkan oleh banyak perusahaan untuk mengakuisisi konsumen baru bagi bisnis mereka. Tak ayal banyak perusahaan yang kemudian menyusun berbagai strategi untuk mengembangkan bisnis mereka pada ekosistem digital, dan salah satu strategi tersebut adalah digital branding

Apa itu Digital Branding

Digital branding merupakan serangkaian proses untuk membangun dan memperkenalkan brand bisnis Anda melalui platform digital yang tersedia, seperti website, aplikasi mobile, sosial media dan platform digital lainnya.

Digital branding sendiri dianggap cara yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda ke konsumen secara luas di tengah ketatnya persaingan bisnis di era digital seperti saat ini. Digital branding juga akan membantu Anda dalam membangun koneksi dan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan.

Mengapa Digital Branding Penting?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ekosistem digital yang terus bertambah, tren perubahan minat dan perilaku belanja konsumen, serta ketatnya persaingan bisnis di era digital, merupakan beberapa sebab mengapa digital branding menjadi sangat penting bagi kelangsungan bisnis suatu perusahaan di era digital seperti saat ini.

Selain itu, digital branding juga memiliki beberapa potensi yang bila perusahaan dapat memanfaatkannya, bukan tidak mungkin laju bisnis perusahaan akan menjadi lebih baik. Diantara potensi dari digital branding adalah sebagai berikut

Menciptakan Interaksi dan Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Poin penting dari sebuah digital branding adalah bagaimana berinteraksi dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen melalui platform digital yang tersedia. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa menyajikan konten - konten dengan pendekatan yang unik, seperti konten yang berisikan storytelling, edukasi, atau konten yang bersifat persuasif. Anda juga bisa menyajikan konten - konten tersebut dalam berbagai format konten seperti artikel, infografis, video, atau bahkan gambar yang bersifat animasi (GIF).

Menyajikan konten - konten yang menarik menjadi hal yang penting sebagai langkah awal untuk membangun dan menciptakan interaksi antara konsumen dengan bisnis Anda, sehingga Anda akan lebih memahami kebutuhan konsumen Anda, sedangkan konsumen Anda akan merasa lebih dekat dengan bisnis yang Anda jalankan.

Membuat Brand Anda Menjadi Mudah Diingat

Dengan semakin banyaknya interaksi yang tercipta antara konsumen dan bisnis Anda, maka brand Anda pun akan menjadi lebih mudah diingat oleh konsumen. Dan untuk memperoleh hasil tersebut, wajib bagi Anda untuk mengetahui channel marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dimana konsumen Anda terbiasa berinteraksi atau menghabiskan waktu ketika mereka menjelajah internet, apakah website, sosial media, atau platform digital yang lainnya.

Dengan mem-broadcast konten Anda pada channel marketing yang tepat, Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi atensi dan interaksi dari konsumen Anda, sehingga brand bisnis Anda akan menjadi lebih mudah diingat.

Menjangkau Konsumen Lebih Luas Lagi

Digital branding juga akan membawa bisnis Anda menjangkau konsumen lebih luas lagi, seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya. Jika Anda dapat menciptakan interaksi dengan konsumen yang baik, sehingga membuat brand Anda menjadi lebih mudah diingat, tentu bukan suatu hal yang mustahil jika Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi untuk mengekspansi pangsa pasar bisnis Anda.

Bisnis yang Lebih Cepat Berkembang

Dan “muara” dari digital branding adalah bisnis Anda yang akan berkembang lebih cepat. Dengan hadirnya platform digital yang semakin beragam, membuat sebaran informasi semakin cepat pula, termasuk didalamnya informasi mengenai bisnis Anda. Sehingga bukan tidak mungkin bisnis Anda akan semakin viral, walaupun untuk membangun viralitas tidak bisa direncanakan secara menyeluruh.

Tentunya untuk membangun sebuah digital branding, setidaknya Anda harus memiliki platform digital seperti website, mobile app atau sosial media, sebagai media penghubung antara bisnis Anda dan konsumen. Sedangkan untuk membangun sebuah platform digital, Anda harus memiliki sebuah divisi IT dalam perusahaan Anda, namun jika tidak atau belum memiliki divisi IT dalam perusahaan Anda, maka bekerjasama dengan perusahaan pengembang atau software house adalah solusi cepat dan praktis untuk membangun platform digital yang Anda butuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!