Dapatkah JavaScript Digunakan pada Back-End?

Dapatkah JavaScript Digunakan pada Back-End?

by
Winda Ayu
August 3, 2022
September 13, 2022

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dibangun di semua browser modern di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan para programmer untuk membuat halaman web yang interaktif. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa JavaScript juga dapat digunakan pada back-end untuk sebuah sistem, artinya developer dapat menggunakannya untuk mengembangkan seluruh situs web dengan menggunakan JavaScript.

Apa yang Dimaksud dengan Back-End?

Back-end adalah bagian dari sebuah situs web yang berhubungan dengan pemrosesan data yang sebenarnya. Pemrosesan data ini mencakup semua hal yang terjadi pada sebuah website, mulai dari menangani pesanan pelanggan hingga mengelola dan menyimpan data.

JavaScript adalah bahasa yang populer digunakan untuk back-end karena kuat dan efisien. JavaScript dapat digunakan untuk membuat situs web dan aplikasi yang kompleks.

Ada berbagai framework pengembangan web yang memungkinkan Anda menggunakan JavaScript pada back-end. Kerangka kerja ini menyediakan berbagai fitur, termasuk library untuk manajemen database, user authentication, dan content management systems (CMSs).

Dapatkah JavaScript Digunakan sebagai Back-End?

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan sebagai back-end pada sebuah situs web. Hal ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. 

Salah satu alasan mengapa JavaScript menjadi ideal untuk digunakan pada back-end sebuah situs web adalah karena dapat digunakan untuk membuat user interface. Hal ini berarti Anda dapat membuat user interface menggunakan JavaScript dan kemudian menggunakannya untuk mengontrol back-end situs web Anda.

Selain kegunaannya menjadi front-end sekaligus back-end pada sebuah website, JavaScript juga memiliki banyak manfaat dalam hal keamanan. Karena merupakan kode pemrograman, JavaScript dapat digunakan untuk melindungi situs web Anda dari serangan cybercrime. Selain itu, JavaScript dapat digunakan untuk menghasilkan kode otentikasi dan kata sandi.

Secara keseluruhan, JavaScript merupakan bahasa yang kuat yang dapat digunakan di back-end situs web. Hal ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Jika Anda ingin menggunakan bahasa pemrograman di back-end dan front-end situs web Anda, JavaScript tentu harus dipertimbangkan.

Menggunakan JavaScript sebagai Back-End

Kita dapat menggunakan JavaScript sebagai back-end dengan menggunakan Node.js dan Express.js. Node.js merupakan platform untuk membuat aplikasi jaringan yang scalable. Node.js dapat digunakan untuk menjalankan server web, membuat aplikasi FastCGI, dan membangun aplikasi real-time.

Express.js adalah framework yang kuat untuk membangun aplikasi web. Express.js merupakan framework yang cepat, murah, dan mudah digunakan. Bersama-sama, Anda dapat menggunakan teknologi ini untuk membuat back-end untuk situs web kita menggunakan JavaScript.

Penggunaan JavaScript sebagai back-end sudah terjadi dengan kurun waktu yang lama dan sudah diterima secara luas. Karenanya, sebuah halaman website menjadi kuat, mudah diperbarui, dan mudah dipelihara.

Secara keseluruhan, JavaScript merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai back-end

Jika Anda sedang dalam pencarian untuk pembuatan website dan membutuhkan JavaScript sebagai back-end dan front-end, tak perlu khawatir karena SoftwareSeni menyediakan talenta-talenta terbaik pada bidang development website dan aplikasi.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997