Blog
Business
Cara Menghitung Biaya Revamp Situs Web Anda
Business
Dec 21, 2021
Dec 2, 2022

Cara Menghitung Biaya Revamp Situs Web Anda

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Sebagai sarana pemasaran yang cukup penting untuk sebuah brand, proyek, atau bisnis di era digital, membangun sebuah website membutuhkan kesiapan dan pengetahuan yang mendalam terkait estimasi biaya pembuatan website yang sekiranya perlu Anda keluarkan. 

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai detail kisaran harga dan estimasi pembuatan website atau desain ulang situs web, kenali dulu faktor-faktor yang memengaruhi harga pembuatan website dibawah ini.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga Pembuatan Website

Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi harga dalam membangun atau hanya sekeda revamp sebuah website. Setiap situs web memiliki kebutuhannya sendiri bergantung kepada fitur-fitur yang dipakai dan juga beberapa adds-on yang dikehendaki. 

Agar penetapan budget efektif, sebaiknya tentukan dahulu apa saja kebutuhan situs web Anda dan yang perlu dipertimbangkan:

  1. Fitur Utama Website

Fitur utama pada sebuah website meliputi nama domain, hosting, dsb. Apakah Anda perlu merubah total nama domain dan hosting atau tetap menggunakan kredensial yang lama.

  1. Desain Website

Tampilan pada situs web / desain bisa berdampak besar pada pengalaman pegunjung (user experience). Sehingga, ada perlu dengan cermat memilih tema, template, atau desainer web yang sesuai dengan kebutuhan situs web Anda. Sebab, hal ini sangat berpengaruh pada harga pembuatan situs web.

  1. Fitur E-commerce

Fitur tambahan seperti manajemen stok, opsi pembayaran, pengiriman, dan juga katalog produk perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, beberapa penambahan tersebut sangat berpengaruh terhadap estimasi harga situs web Anda. Biaya yang akan dikeluarkan tentunya akan bertambah dengan adanya fitur-fitur tersebut.

  1. Plugin dan Add-on

Dengan adanya plugin dan add-on, fungsi website yang Anda kelola akan menjadi lebih optimal. Plugin dan add-on memberikan fitur-fitur canggih dengan biaya tambahan, tentunya. Semakin banyak fitur yang Anda pakai, semakin tinggi pula biaya yang akan Anda keluarkan.

  1. Marketing dan Optimasi SEO

Agar penggunaan website Anda maksimal, pemakaian dan strategi dan memaksimalkan SEM dan SEO merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Anda perlu mempelajari dan memahami tips dan trik memaksimalkan SEO melalui digital marketing. Selain berinvestasi dengan cara membeli tools yang tepat, Anda juga bisa menggunakan jasa marketing dan SEO profesional. Penerapan strategi multi-channel marketing dan SEO yang rumit akan membuat biaya pembuatan atau revamp web Anda menjadi lebih mahal.

  1. Maintenance Website

Membuat website dan menjalankannya bukanlah sebuah proses yang dapat berjalan sekali “duduk”. Perlu adanya maintenance situs yang dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Proses ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan tools berbayar ataupun menggunakan jasa profesional.

Estimasi Biaya Desain Ulang Website

Setelah mengerti dan memahami beberapa faktor-faktor yang memengaruhi biaya desain ulang situs web, berikut adalah beberapa pilihan yang Anda bisa pilih dalam perencanaan Anda untuk membuat desain ulang situs web Anda

  1. Website WordPress

WordPress adalah sebuah CMS (content management system - sistem manajemen konten) gratis yang dapat Anda gunakan untuk mendesain ulang website. WordPress sangat terkenal karena fleksibilitas yang diberikannya. Pasalnya, Anda dapat mengatur hampir semua hal di dalamnya. Untuk memperkirakan biaya yang harus Anda keluarkan, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti: fitur utama website, desain website, fitur e-commerce, plugin dan add-on, marketing dan SEO, dan juga pemeliharaan.

  1. Website Builder

Dengan website builder, Anda dapat membuat website tanpa harus coding. Tool ini biasanya dilengkapi dengan website editor drag-and-drop, yang akan memudahkan bagi pemula. Dengan menggunakan website builder, Anda harus memilih platform dan paket hosting terlebih dahulu untuk mendapatkan estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan. 

Website builder dengan paket e-commerce dan bisnis biasanya akan lebih mahal karena mencakup fitur pembayaran online, manajemen pesanan, beberapa bahasa, dan lainnya.

  1. Menggunakan Jasa Web Developer Profesional 

Menggunakan jasa web developer merupakan salah satu opsi yang dapat Anda pilih untuk mendesain ulang situs web Anda. Tetapi, perlu diingat bahwa opsi ini biasanya membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan 2 opsi sebelumnya. 

Akan tetapi, dengan menyewa jasa web developer profesional, Anda dapat dengan mudah meredesain website sesuai dengan yang Anda inginkan tanpa harus memiliki skill teknis. Website yang Anda inginkan pun akan lebih eksklusif dan Anda dapat mengatur konsep sesuai apa yang Anda inginkan dan harapkan.

Jika Anda sudah memiliki bayangan bagaimana website Anda nantinya, selanjutnya Anda perlu selektif dalam memilih jasa web developer yang profesional dan terpercaya untuk mengerjakan proyek Anda. SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam jenis proyek dari beberapa klien yang berbeda, membuat SoftwareSeni mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu Anda mempersiapkan dan mengerjakan website  bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223