Blog
Business
Cara Memilih IT Outsourcing Terbaik
Business
Dec 21, 2021
Nov 2, 2022

Cara Memilih IT Outsourcing Terbaik

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Permasalah yang dihadapi oleh perusahaan untuk menghadapi gelombang digitalisasi bisnis mungkin akan terasa lebih ringan dengan hadirnya IT outsourcing. Pasalnya, proses pencarian kandidat IT dengan skill yang mumpuni tidaklah mudah. Selain membutuhkan waktu yang lama, proses rekrutmen akan diiringi dengan jalannya proses onboarding yang juga tidak sebentar.

Sekarang ini, IT outsourcing menjadi angin segar di berbagai perusahaan besar yang ingin mempercepat proses digitalisasi bisnis mereka.

Apa itu IT Outsourcing?

Outsourcing adalah praktik bisnis dimana suatu perusahaan menyewa staff perusahaan lain yang selanjutnya disebut dengan pihak ketiga untuk melakukan hal-hal yang telah disepakati.

Hal yang sama juga berlaku bagi IT outsourcing. Vendor IT outsourcing memiliki tugas seputar penggunaan, pemulihan, pengembangan perangkat lunak, hingga pemeliharaan jaringan maupun sistem perangkat lunak di dalamnya. Selain itu, IT outsourcing juga memiliki tanggung jawab penuh pada sistem IT perusahaan berdasarkan perjanjian layanan atau Service Level Agreement (SLA).

Manfaat Menggunakan IT Outsourcing

IT outsourcing tersedia untuk memenuhi permasalah perusahaan terkait kebutuhan pencarian sumber daya manusia IT dengan tepat, dengan proses yang cenderung lebih cepat dan mudah. Menggunakan jasa IT outsourcing dapat membantu menghemat pengeluaran perusahaan hingga menunjang produktivitas kerja karyawan. Berikut adalah manfaat menggunakan jasa IT outsourcing;

  1. Hemat Biaya dan Waktu

Penggunaan IT outsourcing akan menyelamatkan perusahaan dari pengeluaran biaya dan waktu yang terlalu banyak. Dengan pemilihan perusahaan IT outsourcing yang tepat, bahkan dapat memangkas pengeluaran sebesar hingga dua kali lipat dari sebelumnya

  1. Perusahaan Lebih Fokus pada Bisnis Utama

Dengan menggunakan IT outsourcing, Anda tidak perlu lagi memikirkan bagaimana berjalannya proyek digital yang telah Anda rencanakan. Perusahaan pengembang penyedia layanan IT outsourcing sudah memikirkan bagaimana cara memonitoring dan mengontrol para sumber daya sehingga Anda dapat memfokuskan tenaga dan pikiran kepada bisnis utama perusahaan Anda.

Selain itu, perushaan Anda tidak perlu mengadakan training kepada tim IT. Bisa dibayangkan berapa banyak biaya yang akan dikeluarkan untuk pembiayaan pelatihan; seperti membeli peralatan, mendatangkan narasumber, dan lain sebagainya. Semua pengeluaran tersebut dapat dipangkas apabila Anda bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa IT outsourcing. 

  1. Lebih Fleksibel Terhadap Perubahan

Perubahan dalam dunia IT terjadi secara cepat dan tidak dapat diprediksi. Salah satu contohnya adalah layanan SaaS (Software as a Service) untuk bisnis dan perusahaan. Disinilah manfaat menggunakan jasa IT outsourcing akan terlihat. Penyedia layanan akan melakukan perubahan dengan mengadaptasi pembaruan yang dirasa perlu dan juga didukung dengan tenaga-tenaganya yang profesional.

  1. Tingkat Keamanan Lebih Terjamin

Memberikan perlindungan ekstra terhadap teknologi dalam suatu perusahaan sangat menguras waktu, tenaga, dan biaya. Dengan mengalihdayakan IT support, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut sebab penyedia layanan jasa IT outsourcing akan memastikan keamanan dan perlindungan terhadap cybersecurity attack atau serangan siber.

Tips Memilih Perusahaan Penyedia Jasa IT Outsourcing

Tersedia banyak pilihan perusahaan penyedia layanan jasa IT outsourcing di Indonesia yang menawarkan berbagai pelayanan menarik. Penting bagi Anda untuk mengetahui kiat-kiat memilih IT outsourcing terbaik sebelum memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan penyedia layanan IT outsourcing.

  1. Berpengalaman

Indikator penting bagi sebuah perusahaan IT outsourcing adalah memiliki testimoni yang baik. Apabila sebuah perusahaan mendapatkan banyak testimoni yang positif, maka layak Anda pilih sebagai mitra IT outsourcing. Mengingat bahwa testimoni merupakan bentuk pengalaman nyata yang dirasakan oleh klien.

  1. Tenaga Profesional

Penyedia layanan akan dikatakan baik dan berkualitas apabila memiliki tenaga ahli yang profesional, misalnya tenaga tersebut berpengalaman dan memiliki sertifikasi berdasarkan keahliannya. Keberadaan tenaga profesional yang tersertifikasi diperlukan apabila terjadi kendala dalam sistem IT tentunya dapat diandalkan. Dengan demikian, kerugian yang akan dihadapi perusahaan akan terhindarkan.

  1. Perusahaan Terpercaya

Yang terpenting dalam kiat memilih penyedia layanan IT outsourcing adalah perusahaan yang sudah terpercaya dengan berbagai macam jenis klien dengan berbagai macam industri. 

SoftwareSeni dikenal sebagai salah satu software house dengan standar tim yang tinggi dan terpercaya. Berpengalaman dalam mengerjakan berbagai macam proyek dari beberapa klien yang berbeda membuat SoftwareSeni mampu menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk membantu Anda menyusun dan memilih tech stack yang sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223