Cara Jitu Untuk Membuat Sotftware Program Berkualitas

Cara Jitu Untuk Membuat Sotftware Program Berkualitas

by
Winda Ayu
May 23, 2022
June 20, 2022

Industri software terus berkembang dan selalu ada sesuatu yang baru di setiap prosesnya. Sebuah tim hanya bisa dikatakan berhasil ketika semua orang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama dari awal proses hingga akhirnya. Di dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang bagaimana memulai sebuah proyek dan kiat-kiat agar Anda tidak menemukan kendala selama proses pengembangan proyek.

Mengidentifikasi Kebutuhan Proyek

Hal pertama yang harus dilakukan oleh developer dan project manager adalah mengidentifikasi kebutuhan proyek.

Setelah mengetahui kebutuhan sebuah proyek, akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan produk fungsionalnya. Langkah selanjutnya adalah menentukan kapan para developer siap untuk mulai mengembangkan prototype atau produk software. Cobalah untuk membangun prototype produk yang layak yang akan menunjukkan bagaimana produk akhir akan bekerja tanpa terlalu mahal atau sulit untuk dibuat.

Membuat Spesifikasi Software

Seringkali memang terasa sulit untuk membuat sebuah keputusan tentang fitur apa yang akan diterapkan pada awal berjalannya proyek Anda tanpa mengetahui rencana pengembangan secara keseluruhan. Menentukan spesifikasi software memungkinkan Anda menentukan persyaratan untuk proyek software sebelum mengembangkannya secara resmi.

Membuat Prototype

Membuat prototype sebelum membuat keseluruhan proyek software sangatlah penting. Hal ini berarti Anda perlu membuat beberapa mockup kasar tentang bagaimana produk Anda akan bekerja, hanya untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda rencanakan akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebagai contoh, apabila aplikasi yang ingin Anda selesaikan adalah sebuah game komputer, maka Anda akan membuat kontrol permainan, menu, dan tata letak yang mudah. Setelah prototipe selesai maka Anda dapat memulai proyek pembuatan game yang sebenarnya.

Menyiapkan Proses Rilis Secara Berulang

Manfaat proses rilis secara berulang akan memungkinkan tim untuk lebih mudah dalam mengidentifikasi, merilis, dan memperbaiki apabila terdapat beberapa bug atau issue sebelum bug atau issue tersebut bertambah besar. Proses rilis yang bertahap juga akan membantu mengurangi jumlah kode yang berlebih, sehingga para developer dapat melakukan update dengan issue atau bug yang lebih diminimalisir. Hal itu tentunya akan membuat proyek lebih cepat terdeliver

Mengembangkan Testing Plan dan Test Report

Penting untuk menyiapkan testing plan sebelum proyek dimulai. Testing plan akan berfungsi sebagai perencanaan untuk tahap pengujian. Artinya, proses ini akan membantu penguji mengetahui fitur software apa yang harus diuji. 

Berdasarkan kebutuhan proses pengembangan proyek, testing plan dapat menghasilkan berbagai cara untuk menguji software. Setelah testing plan dari semua tim developer selesai, para project analyst kemudian akan menganalisis laporan pengujian dan menentukan koreksi apa yang perlu dilakukan.

Build, Document, and Deploy

Salah satu kesalahan paling umum saat menyelesaikan proyek sebuah software adalah tidak adanya dokumentasi dari apa yang telah dikerjakan. Akan ada kemungkinan besar dimana orang lain akan mencoba menggunakan kode Anda untuk proyek mereka dan dokumentasi Anda menjadi kunci untuk mengembangkan software tersebut dikemudian hari.

Bagian terpenting pada akhir proyek software adalah membangun dan mendokumentasikan semuanya. Mengumpulkan feedbacks tentang proyek Anda akan membantu Anda belajar dan berkembang, apa pun jenis pekerjaan yang Anda miliki selanjutnya. Mendokumentasikan tujuan, desain, dan gambar rangka serta memastikan kode yang Anda telah kembangkan terjaga dengan aman merupakan hal yang penting.

Meninjau dan Meningkatkan

Setelah Anda menyelesaikan proyek software Anda, penting untuk meninjau produk sebelum menggunakannya. Proses ini juga berguna untuk menemukan apa yang berhasil dan yang tidak. 

Proses review harus terdiri dari dua langkah:

  1. Mencari tahu seberapa baik setiap fitur berfungsi,
  2. Membangun ruang untuk perbaikan.

Saat Anda menyelesaikan peninjauan dan mengidentifikasi kekurangan yang diperlukan agar proses pengembangan dapat berlanjut dengan lancar, jangan lupa untuk mencatat perubahan ini dalam daftar sehingga ada cara untuk mengikutinya dan mengubahnya di masa mendatang.

Membuat Software bersama SoftwareSeni

Memang ada beberapa hal yang harus diingat dan penting untuk dilakukan ketika Anda sedang mengerjakan project untuk perusahaan Anda.

Apabila dirasa beberapa hal diatas terlalu kompleks untuk dilakukan, jangan khawatir karena sekarang ada banyak jasa pembuatan software, salah satunya adalah SoftwareSeni.

SoftwareSeni merupakan salah satu perusahaan pengembang terbaik yang telah banyak memiliki pengalaman membangun aplikasi maupun software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997