Blog
Business
Bisnis Mobil Bekas yang Kian Menjamur di Era Digital
Business
Jul 29, 2021
Jan 11, 2023

Bisnis Mobil Bekas yang Kian Menjamur di Era Digital

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Perubahan perilaku, tingkat kebutuhan, hingga hadirnya beragam variasi mobil yang terjangkau menjadikan mobil bukan lagi barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh beberapa orang saja. Di sisi lain mobil bekas juga menawarkan alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil, namun dengan biaya yang relatif lebih murah. Tak ayal bisnis mobil bekas pun kian menjamur dan diminati di Indonesia. Menurut data dari Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), pasar mobil bekas di Indonesia telah meningkat sejak tahun 2018, dengan total penjualan sebanyak 3,2 juta unit. 

Peluang Bisnis Mobil Bekas di Indonesia

Peluang bisnis mobil bekas di Indonesia cukup menguntungkan karena permintaan terhadap mobil bekas cukup tinggi, terutama di kalangan masyarakat dengan tingkat pendapatan yang relatif rendah. Selain itu, adanya program pemerintah yang memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin mengganti kendaraan lama dengan yang baru juga merupakan salah satu faktor yang membuka peluang bisnis mobil bekas. Namun, bisnis ini juga memiliki beberapa risiko, seperti resiko terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan yang dijual, serta resiko terjadinya penipuan dari pihak penjual. Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis mobil bekas untuk memahami seluk-beluk bisnis ini dan memiliki strategi yang tepat untuk mengelolanya.

Gairah Startup Jual Beli Mobil Bekas

Permintaan akan mobil bekas yang cukup tinggi membuat banyak pembisnis kemudian “menjajal” untuk membangun startup jual beli mobil bekas. Hasilnya? Banyak startup jual beli mobil bisnis yang kemudian lahir, sebut saja OLX auto, Moladin, Carmudi, Mobil123, Carsome, dan yang lainnya. 

Umumnya startup jual beli mobil bekas menggunakan platform digital untuk “menjajakan” produk mereka. Plaftorm digital seperti website maupun mobile app dianggap sebagai media yang cocok untuk menjembatani bisnis mereka dengan target konsumen mereka. Tren dan perubahan perilaku konsumen yang cenderung lebih senang bertransaksi melalui platform digital menjadi salah satu faktor utamanya.

Selain platform digital, startup jual beli mobil bekas juga terkadang memiliki bebeberapa showroom sebagai sarana bagi konsumen yang ingin secara langsung melihat dan mencoba secara langsung unit mobil bekas yang mereka inginkan. 

Peran Platform E-Commerce dalam Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, platform digital memang memegang peranan penting dalam upaya mengembangkan bisnis jual beli mobil bekas, terutama di era digital seperti saat ini. Lantas, apa yang menyembabkan platform digital seperti e-commerce dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis jual beli mobil bekas? Berikut adalah beberapa peranan penting platform e-commerce dalam mengembangkan bisnis jual beli mobil bekas, diantaranya:

Menyediakan akses yang lebih luas bagi calon konsumen

Platform e-commerce dapat memperluas jangkauan bisnis Anda ke seluruh Indonesia, sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk mengetahui dan membeli mobil bekas yang Anda jual.

Memudahkan transaksi

Platform e-commerce memudahkan proses transaksi dengan menyediakan sistem pembayaran online yang aman dan nyaman bagi konsumen.

Menyediakan layanan purna jual

Beberapa platform e-commerce juga menyediakan layanan purna jual seperti perbaikan atau pemeliharaan mobil bekas yang dijual.

Menyediakan informasi yang lebih lengkap

Platform e-commerce dapat menyediakan informasi yang lebih lengkap mengenai mobil bekas yang dijual, termasuk foto, deskripsi, dan harga, sehingga memudahkan calon konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Mempermudah proses pemasaran

Platform e-commerce juga dapat membantu mempromosikan bisnis Anda kepada calon konsumen melalui fitur iklan atau promosi yang tersedia.

Menyediakan layanan antar-jemput

Beberapa platform e-commerce juga menyediakan layanan antar-jemput bagi konsumen yang tidak bisa datang langsung ke toko Anda untuk melihat dan membeli mobil bekas yang dijual.

Mengembangkan Platform E-Commerce Jual Beli Mobil Bekas

Membangun platform e-commerce yang sesuai dengan tujuan bisnis, memang bukan perkara mudah dan murah. Pengembangan platform e-commerce juga tak jarang membutuhkan waktu yang relatif lama, oleh karena itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis mobil bekas melalui e-commerce, diantaranya:

Membuat website atau platform online

Buatlah website atau platform online yang menyediakan informasi mengenai mobil bekas yang dijual, termasuk foto, deskripsi, dan harga. Pastikan website atau platform tersebut mudah digunakan dan responsif di berbagai perangkat.

Menyiapkan sistem pembayaran online

Pastikan untuk menyiapkan sistem pembayaran online yang aman dan nyaman bagi konsumen, seperti payment gateway atau metode pembayaran lainnya.

Menyediakan layanan purna jual

Berikan layanan purna jual yang memuaskan kepada konsumen, seperti layanan perbaikan atau pemeliharaan mobil bekas yang dijual.

Melakukan promosi

Lakukan promosi melalui media sosial atau iklan online untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet.

Menjalin kerjasama dengan vendor atau supplier

Carilah vendor atau supplier yang bisa menyediakan mobil bekas dengan kualitas terbaik untuk dijual kepada konsumen.

Menyediakan layanan antar-jemput

Berikan layanan antar-jemput kepada konsumen yang tidak bisa datang langsung ke toko Anda untuk melihat dan membeli mobil bekas yang dijual.

Menjaga reputasi bisnis

Jaga reputasi bisnis Anda dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan menjadi pilihan terpercaya bagi para calon konsumen.

Vitalnya pernanan platform e-commerce dalam bisnis jual beli mobil bekas di era digital membuat pemilik bisnis perlu untuk mempertibangkan untuk mengembangkan platform e-commerce demi membuat bisnis mereka lebih berkembang lagi. 

Untungnya sekarang sudah banyak perusahaan pengembang yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan platform e-commerce untuk kebutuhan bisnis Anda, dan salah satunya adalah Softwareseni.

Softwareseni sendiri merupakan salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. 

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

JAKARTA

Level 17, Sequis Tower,
Jl. Jenderal Sudirman No.71, Senayan,
Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190
+62 858-6514-9577

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223