Bagaimana Software House Dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Anda?

Bagaimana Software House Dapat Membantu Mengembangkan Bisnis Anda?

by
Ahid Maulana
November 11, 2021

Istilah software house memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Software house atau perusahaan pengembang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan layanan  digital, seperti jasa pembuatan website, jasa pembuatan ecommerce, mobile app (Android dan iOS) hingga yang terbaru jasa IT outsourcing, dimana Anda dapat menyewa satu full team IT yang Anda perlukan untuk membangun sistem atau software yang Anda butuhkan.

Tren software house sendiri terus meningkat seiring banyaknya perusahaan yang mentransformasikan bisnis mereka ke arah digital. Tentunya perubahan atau transformasi tersebut bukan tanpa sebab, perkembangan teknologi yang begitu cepat, perubahan perilaku dan minat konsumen, menjadi salah satu faktor mengapa pada akhirnya banyak perusahaan “terjun” ke dalam pasar digital.

Selain faktor tersebut, tak terbatasnya pasar digital menjadi peluang tersendiri bagi pebisnis untuk mengekspansi bisnis mereka, serta mengakuisisi konsumen baru demi eksistensi bisnis mereka di tengah “gempuran” kompetisi bisnis yang semakin ketat.

Lalu bagaimana sebuah software house dapat membantu suatu perusahaan untuk mengembangkan bisnis di era pasar digital? 

Software House Service

Dengan semakin tingginya kebutuhan akan sistem digital, maka semakin berkembang juga layanan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan pengembang atau software house. Dari situlah sebuah software house dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda melalui layanan yang mereka (red. Software house) tawarkan.

Ada beberapa layanan popular yang kini berkembang hampir di setiap perusahaan pengembang atau software house.

Website Development

Menurut data dari HootSuite dan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat hingga menyentuh angka 202.6 juta atau 73.7% pengguna internet per Januari 2021. Bila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet pada tahun 2020, ada kenaikan sekitar 15,5% atau lebih dari 27 juta orang dalam 12 bulan terakhir.

Tentunya itu menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis untuk mengekspansi bisnis mereka ke pasar digital, hal itulah yang kemudian menjadi salah satu faktor, yang membuat Website development menjadi salah satu layanan yang paling banyak dicari perusahaan. 

Website juga merupakan “pondasi dasar” jika Anda selaku pemilik perusahaan ingin menerapkan strategi digital marketing pada bisnis Anda, seperti SEO, ataupun SEM. 

Jika struktur website Anda baik (red. SEO Friendly) maka strategi digital marketing Anda akan lebih mudah berkembang, sebaliknya jika struktur website Anda jelek, maka strategi digital marketing pada perusahaan Anda dapat dipastikan akan terhambat, atau bahkan berpotensi gagal.

Mobile App Development

Popularitas mobile app memang telah naik, terutama bagi mereka (red. Perusahaan) yang ingin lebih intent lagi dalam menjangkau konsumen baru. Bukan tanpa sebab, jumlah pengguna smartphone yang terkoneksi internet mencapai 345,3 juta dengan pengguna yang aktif di sosial media berbagai platform mencapai 170 juta atau naik 10 juta dari periode sebelumnya. Artinya konsumen sekarang lebih gemar mengakses internet melalui telepon pintar mereka (red. konsumen)

Itulah mengapa popularitas mobile app terus menanjak naik, selain karena faktor perubahan perilaku konsumen dalam mengakses internet, nyatanya mobile app juga dapat memberikan eksklusifitas kepada konsumen, sehingga konsumen akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda.

E-Commerce

Masuknya era pasar bebas, perkembangan teknologi yang begitu cepat, serta perubahan minat dan perilaku konsumen dalam berbelanja, menjadi salah satu sebab mengapa platform E-Commerce begitu populer di kalangan konsumen. Layanan E-Commerce yang juga terus berkembang juga membuat konsumen semakin betah dan nyaman dalam menggunakannya.

Itulah yang kemudian banyak mendorong perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dibidang ritel untuk mentransformasikan bisnis mereka dengan mengadopsi E-Commerce sebagai platform digital untuk menjajakan produk yang mereka jual.

Bak gayung bersambut, banyak software house menyediakan layanan E-Commerce ini, untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan, khususnya perusahaan yang bergerak di industri ritel. Itulah mengapa layanan E-Commerce juga masuk dalam jajaran layanan popular di software house.

Company Profile

Selain E-Commerce, layanan website company profile juga salah satu layanan yang cukup popular di perusahaan pengembang atau software house. Umumnya banyak perusahaan yang ingin membuat website company profile untuk memperkuat brand mereka (red. perusahaan) di mata publik. 

Selain memperkuat brand di mata publik, kehadiran website company profile juga dapat meningkatkan trust di mata konsumen, seperti yang kita tahu, kebanyakan dari konsumen sekarang mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Sehingga kehadiran website company profile dalam suatu perusahaan atau instansi, dapat menjembatani konsumen dengan perusahaan dengan menampilkan berbagai informasi perusahaan pada halaman website company profile.

IT Outsourcing

Layanan outsourcing sendiri sebenarnya sudah eksis sejak lama. Namun seiring berkembangnya teknologi dan meningkatnya kebutuhan tenaga IT dalam upaya membantu suatu perusahaan mengembangkan bisnis mereka di pasar digital, layanan IT outsourcing hadir menjadi alternatif solusi bagi mereka (red. perusahaan) yang ingin melakukan transformasi digital pada perusahaan mereka secara cepat.

Sayangnya, tidak semua perusahaan pengembang atau software house memiliki layanan ini. Layanan IT outsourcing sendiri merupakan layanan dimana Anda dapat menyewa tenaga ahli IT untuk membantu atau membangun sistem digital perusahaan Anda.

Dedicated IT Team

Yang terbaru adalah dedicated IT team, sama seperti IT outsourcing, tidak semua perusahaan pengembang atau software house mempunyai layanan ini. 

Jika Anda ingin membangun suatu sistem digital atau ingin mentransformasi bisnis Anda ke arah digital, tanpa harus memiliki tim IT atau departemen IT dalam perusahaan Anda, maka layanan dedicated IT team merupakan solusi tepat untuk Anda, karena dengan layanan ini, Anda dapat memiliki satu full team IT yang diperuntukan untuk membantu Anda membangun sistem digital yang bisnis Anda butuhkan. 

Softwareseni adalah salah satu perusahaan pengembang atau software house yang memiliki layanan IT terlengkap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223