AWS (Amazon Web Services) dan Kebutuhan Akan Cloud Computing yang Semakin Meningkat

AWS (Amazon Web Services) dan Kebutuhan Akan Cloud Computing yang Semakin Meningkat

by
Ahid Maulana
October 31, 2021

Kebutuhan akan teknologi cloud terus meningkat, seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai go digital untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Sebelum layanan teknologi cloud popular, perusahaan yang ingin membuat data center untuk kebutuhan bisnis mereka harus membangun infrastruktur data center mereka sendiri, melakukan maintenance, serta harus memprediksi beban kerja data center yang diterima tersebut.

Hal itu tentu akan sangat merepotkan bagi perusahaan, selain itu membangun infrastruktur data center sendiri bukanlah perkara yang mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan cenderung membutuhkan biaya yang sangat besar. 

Tak heran dari permasalah itu kemudian banyak muncul platform yang menyediakan layanan cloud dengan segala keunggulan yang mereka tawarkan guna menangkap pangsa pasar teknologi cloud.

Apa itu AWS?

Dari sekian banyak platform yang menawarkan layanan teknologi cloud, AWS merupakan salah satu dari sekian layanan cloud terbaik di dunia. Bahkan AWS tercatat masih menguasai pangsa pasar cloud dunia dengan prosentase 51,8% dan diprediksi akan terus tumbuh, mengingat kebutuhan akan teknologi cloud terus meningkat setiap harinya.

AWS atau Amazon Web Services sendiri adalah layanan cloud computing komprehensif besutan Amazon yang menawarkan lebih dari 200 layanan untuk segala kebutuhan teknologi cloud computing dengan dengan latar belakang yang berbeda untuk setiap bisnis perusahaan.

Keunggulan AWS dibandingkan dengan Platform Lain

Menjadi salah satu platform cloud computing terbaik dunia, membuat AWS terus berbenah dan berinovasi untuk memenuhi setiap kebutuhan teknologi cloud computing, sehingga pelanggan mereka (red. AWS) memiliki lebih banyak variasi pilihan untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaannya. 

AWS sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan platform penyedia layanan cloud computing lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

Fungsionalitas yang Lebih Beragam

AWS mengklaim bahwa mereka memiliki lebih banyak layanan, dan lebih banyak fitur dalam layanan mereka dibandingkan dengan penyedia layanan teknologi cloud computing lainnya, mulai dari teknologi infrastruktur seperti penghitungan, penyimpanan, dan database hingga teknologi yang berkembang, seperti machine learning dan AI, data lake dan analitik, serta Internet of Things

Banyaknya fungsionalitas pada AWS itulah yang membuat layanan AWS lebih cepat, mudah dan diklaim lebih hemat biaya untuk memindahkan aplikasi yang sudah ada ke cloud.

Memiliki Komunitas Pelanggan dan Mitra yang Besar

AWS sendiri memiliki ekosistem yang besar dan dinamis, dengan jutaan pelanggan yang aktif dan puluhan ribut mitra di seluruh dunia. Memiliki pelanggan dari setiap lini industri dan dari berbagai skala, termasuk di dalamnya startup, korporasi, hingga organisasi.

Selain itu, AWS juga memiliki AWS Partner Network (APN) yang mencakup ribuan integrator sistem yang dikhususkan pada layanan AWS dan puluhan ribu independent software vendor (ISV) yang menyesuaikan teknologinya agar berfungsi di AWS.

Lebih Aman

AWS mengklaim bahwa layanan mereka dirancang menjadi salah satu cloud computing environment yang paling fleksibel dan aman dari sekian banyak platform layanan cloud computing yang tersedia saat ini. 

Infrastruktur AWS dibangun untuk memenuhi persyaratan keamanan militer, bank global, serta perusahaan yang memiliki sensitivitas terhadap data privasi yang tinggi. AWS sendiri mendukung 90 standar keamanan dan sertifikasi compliance, serta 117 layanan penyimpanan data pelanggan, yang menawarkan fitur enkripsi untuk data tersebut.

Inovasi Tanpa Henti

Sebagai salah satu platform teknologi cloud computing terbaik di dunia, AWS berjanji untuk terus berinovasi dalam teknologi cloud computing untuk memenuhi setiap kebutuhan transformasi digital setiap perusahaan yang membutuhkannya. Hal itu terlihat seperti pada tahun 2014, AWS memelopori ruang komputasi tanpa server dengan peluncuran AWS Lambda, yang memungkinkan developer menjalankan kode mereka tanpa membekali dengan atau mengelola server. Selain itu, AWS membangun Amazon SageMaker, yang merupakan layanan machine learning.

Jaringan Global yang Luas

AWS memiliki infrastruktur cloud global paling luas, yang menawarkan availability zone yang banyak yang terhubung dengan low latency, high throughput, dan highly redundant networking

Setidaknya AWS telah memiliki 81 Availability Zone yang tersebar di seluruh dunia, dan telah merencanakan penambahan 24 Availability Zone lain dan 8 Wilayah AWS lagi di Australia, India, Indonesia, Israel, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, dan Uni Emirat Arab (UEA). 

Jenis Layanan AWS

Selain memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan platform teknologi cloud computing lainnya, AWS juga menawarkan berbagai jenis layanan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, di antaranya adalah sebagai berikut:

Layanan Cloud Computing

Layanan ini diperuntukan bagi Anda yang ingin melakukan komputasi seperti kebutuhan akan server maupun clustered server. Adapun beberapa tipe layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) merupakan layanan virtual server yang dapat dikustomisasi atau dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis Ada. Untuk instalasinya pun cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih image (AMI) dan melakukan setup yang memakan waktu kurang lebih  5-10 menit saja.
  • Amazon Elastic Map Reduce merupakan layanan AWS yang akan membantu Anda untuk  melakukan analisis data. Data - data tersebut nantinya dapat Anda konversi menjadi sebuah report yang digunakan untuk menunjang Anda dalam mengambil keputusan bisnis.
  • Elastic Load Balancing adalah layanan AWS yang menjadi bagian dari amazon EC2. Layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kalian miliki dalam Amazon EC2.

Layanan Penyimpanan

Layanan ini diperuntukan bagi Anda yang ingin melakukan komputasi seperti kebutuhan penyimpanan data, baik data pelanggan maupun data internal perusahaan. Dalam hal ini Amazon berperan sebagai media backup maupun Content Delivery Network (CDN). Data-data disimpan pun diklaim akan lebih aman, cepat, dan lebih dapat diandalkan. Adapun jenis layanan penyimpanan yang ditawarkan oleh AWS adalah sebagai berikut:

  • Amazon Simple Storage Service (S3) adalah layanan media penyimpanan AWS yang sangat aman dan dapat diandalkan dengan biaya yang cenderung ramah dikantong. Layanan ini sendiri terintegrasi dengan layanan Amazon lainnya, seperti Amazon EC2. Amazon S3 dapat Anda install di PC Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah memanfaatkan Amazon S3 sebagai shared folder ataupun Network Attached Storage.
  • Amazon Elastic Block Store (EBS) merupakan layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2. EBS storage sendiri dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti hard drive dari Amazon EC2. 
  • AWS Storage Gateway adalah layanan penyimpanan untuk perusahaan berskala besar. AWS Storage Gateway sendiri membutuhkan Vmware HyperX dengan requirements yang cukup tinggi. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak data sensitif dan butuh offsite backup yang besar.
  • Amazon CloudFront adalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon. Layanan ini banyak digunakan untuk aplikasi web sehingga load konten dalam website pun terasa lebih cepat, hal ini karena konten diambil dari lokasi terdekat dari user ketika user mengakses website.

Layanan Database

Layanan ini diperuntukan khusus untuk keperluan database, dimana database akan disimpan dalam cloud dan dapat diakses dimana saja dengan lebih aman dan cepat. Bisa dibilang layanan ini sangat cocok untuk kebutuhan development aplikasi Web. Adapun jenis layanan database yang ditawarkan oleh AWS adalah sebagai berikut:

  • Amazon Relational Database Service (RDS) merupakan layanan database server dimana data dan server akan berada di cloud, yang menawarkan kecepatan, keamanan, dan dapat diandalkan.
  • Amazon DynamoDB merupakan layanan database server berbasis NoSQL dengan kualitas terbaik di segala aspek serta mudah untuk di konfigurasi dan setup. Layanan ini juga memiliki kemudahan skalabilitas sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Amazon SimpleDB merupakan layanan database server berbasis NoSQL yang memiliki spesifikasi yang Amazon DynamoDB dalam segi kualitas hanya saja dengan skala yang lebih kecil
  • Amazon ElastiCache merupakan layanan memory cache. Dengan layanan ini Anda dapat meningkatkan performa aplikasi web yang Anda miliki dengan menyimpan cache sehingga tidak membebani server web aplikasi ketika user mengakses halaman yang sama berulang kali.

Layanan Networking

Layanan ini diperuntukan khusus untuk keperluan mengatur network antara layanan-layanan yang di dalam maupun di luar cloud. Adapun jenis layanan networking yang ditawarkan oleh AWS adalah sebagai berikut:

  • Amazon Route 53 adalah layanan untuk domain name server (DNS). Amazon Route 53 mampu memberikan akses yang cepat dan aman untuk domain dari aplikasi web yang Anda miliki. Layanan ini juga memiliki fitur load balance jika kita memiliki lebih dari satu server.
  • Amazon Virtual Private Cloud merupakan layanan untuk memudahkan pembuatan private cloud dengan menggabungkan layanan yang ada dalam AWS. Sehingga Anda dapat membangun infrastruktur cloud Anda sendiri dengan lebih mudah.

Layanan Aplikasi

Layanan aplikasi ini disediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan lainnya. Adapun jenis layanan aplikasi AWS antara lain:

  • Amazon CloudSearch – Aplikasi Pencarian
  • Amazon Simple Workflow Service (SWF) – Aplikasi Workflow
  • Amazon Simple Queue Service (SQS) – Aplikasi Antrian
  • Amazon Simple Notification Service (SNS) – Aplikasi Notifikasi
  • Amazon Simple Email Service (SES) – Aplikasi Email Server

Di Indonesia sendiri tidak banyak software house yang menyediakan AWS sebagai salah satu layanan produk mereka. Hal ini dikarenakan tidak semua DevOps mampu melakukan konfigurasi dan setup layanan AWS, dan tidak banyak juga DevOps yang telah tersertifikasi AWS certificate

Softwareseni sendiri merupakan salah satu software house yang menjadi mitra resmi dari AWS. Sebagai mitra resmi AWS, Softwareseni tentu memiliki benefit khusus yang tidak dimiliki oleh software house lainnya, salah satunya adalah private support yang membuat setiap issue yang terjadi lebih cepat diatasi.

Selain itu, Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223