Sistem Aplikasi Restoran untuk Strategi Bisnis F&B di Era Digital

Sistem Aplikasi Restoran untuk Strategi Bisnis F&B di Era Digital

by
Ahid Maulana
October 28, 2021

Era digital membawa babak baru bagi para pebisnis untuk terus berinovasi agar bisnis mereka tetap bisa bertahan di tengah terpaan kompetisi bisnis yang semakin ketat serta perubahan minat dan perilaku masyarakat yang kian hari kian cepat.

Hal ini pun secara tidak langsung berpengaruh pada sektor bisnis, tak terkecuali bisnis F&B. Jika Anda adalah seorang pebisnis di industri F&B, maka ada yang perlu Anda garis bawahi, bahwa walaupun Anda memiliki menu yang enak serta manajemen pelayanan yang baik, hal itu belum tentu membawa bisnis Anda pada puncak kesuksesan. 

Dari sekian faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis, faktor strategi pemasaran merupakan faktor penting yang memiliki pengaruh besar, terkhusus di era digital seperti saat ini.

Sayangnya terkadang tidak sedikit dari pebisnis yang mengindahkan hal itu, mereka (red. pebisnis) hanya mengandalkan pemasaran mulut ke mulut, pelayanan yang baik, hingga tempat yang nyaman. Sekarang, cara tersebut tidaklah cukup untuk menarik minat masyarakat sekarang untuk datang ke resto Anda. 

Pengaruh Generasi Milenial

Generasi milenial sendiri kini lebih selektif dan pintar ketika memilih resto mana yang akan mereka kunjungi atau nikmati. Mereka pada umumnya akan mencari informasi melalui internet terkait resto atau tempat makan terlebih dahulu, melihat reputasi resto, seberapa banyak yang menyukai resto tersebut, dan bagaimana komentar masyarakat terhadap resto tersebut, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengunjungi resto atau tempat makan tersebut.

Hal itulah yang membuat strategi konvensional dianggap sudah tidak relevan dengan situasi dan perilaku masyarakat saat ini, khususnya dalam memilih resto yang ingin mereka kunjungi. Apalagi kondisi ini diperparah dengan hadirnya pandemi Covid-19, yang membuat ruang gerak masyarakat semakin terbatas. Dibanding harus datang langsung ke resto, masyarakat lebih memilih untuk memesan makanan atau minuman yang mereka inginkan secara online.

Strategi Digitalisasi untuk Memasarkan Bisnis F&B

Ada beberapa strategi digitalisasi yang bisa Anda terapkan pada bisnis F&B Anda, selain relevan dengan kondisi pada saat ini, strategi ini dianggap sebagai solusi jitu untuk “mendatangkan” lebih banyak konsumen dan keluar dari krisis pandemi Covid-19

Berikut adalah beberapa strategi digitalisasi yang bisa Anda terapkan pada bisnis F&B Anda

Viralitas Menu yang Disediakan

Persebaran informasi yang begitu cepat di era digital seperti saat ini menjadi peluang tersendiri bagi para pebisnis, tak terkecuali bagi para pebisnis F&B. Anda bisa dengan mudah menemukan ide menu baru berdasarkan tren yang sedang berlangsung, walaupun sifatnya sementara, nyatanya faktor viralitas dapat mendatangkan banyak konsumen baru pada bisnis F&B Anda. Namun perlu Anda garis bawahi, bahwa penambahan menu viral tersebut tidak mengganggu goal bisnis dan ciri khas dari resto Anda.

Berdayakan Kekuatan Social Media

Social media menjadi magnet tersendiri bagi generasi milenial, tidak sedikit milenial yang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya untuk menjelajah social media. Social media seperti instagram, facebook hingga tiktok terbukti ampuh menaikan brand awareness dan engagement suatu brand dengan menyuguhkan konten-konten yang menarik tentunya, seperti foto menu masakan dan minuman resto Anda, suasana resto Anda yang cocok untuk hangout

Selain foto, Anda juga bisa menyuguhkan konten video, seperti proses membuat minuman, atau memasak. Hal menarik seperti itu tentu akan membuat impresi yang baik bagi calon konsumen Anda.

Manfaatkan Google My Business

Selain social media, Anda juga bisa memanfaatkan Google My Business untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Google My Business memungkinkan konsumen Anda memberikan review secara publik, jika pelayanan resto Anda baik, dan menu di resto Anda enak, akan banyak konsumen Anda yang secara sukarela memberikan review terbaik mereka secara sukarela. Hal ini bisa menjadi sarana promosi gratis bagi bisnis Anda agar terus bertumbuh.

Selain fitur itu, Google My Business yang terintegrasi dengan Google Map akan memudahkan calon konsumen Anda untuk menemukan resto Anda dengan rute yang telah di-generate oleh sistem Google.

Bila Perlu Buatlah Official Website

Bila memang dibutuhkan, Anda bisa membuat website sebagai media official untuk segala informasi mengenai resto Anda, seperti jam buka resto Anda, daftar menu yang tersedia, hingga penawaran spesial khusus untuk calon konsumen Anda. Adanya official website juga dapat menaikan trust calon konsumen terhadap bisnis Anda.

Program Loyalty dan Promo

Jangan lupakan program loyalty bagi konsumen lama Anda, ini penting agar konsumen Anda tetap “setia” dengan resto Anda. Selain sebagai bentuk apresiasi bagi konsumen lama, adanya program loyalty juga menjadikan konsumen Anda lebih dekat dengan bisnis Anda, dan jika mereka puas dengan hal itu, mereka secara sadar atau tidak, akan merekomendasikan bisnis Anda pada orang lain. Tentunya itu menjadikan bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Promo seperti diskon, buy one get one, atau buy some items get another item juga merupakan hal yang menarik bagi konsumen Anda. Namun sebelum Anda memutuskan untuk “memasang” promo, perlu adanya perhitungan yang matang, agar Anda tidak merugi.

Berinvestasi Pada Aplikasi Restoran

Bila memang memungkinkan, tidak ada salahnya jika Anda berinvestasi pada Aplikasi Restoran atau sejenisnya untuk bisnis F&B yang Anda jalankan. Selain memberikan mobilitas dan fleksibilitas dengan menyuguhkan kemudahan dalam reservasi atau pemesanan, aplikasi restoran juga sebagai langkah solusi praktis di tengah terpaan pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak konsumen menjadi sangat terbatas.

Fitur seperti katalog menu makanan dan minuman, informasi jam buka resto, hingga fitur delivery tentu akan membuat konsumen Anda semakin nyaman dengan layanan resto Anda dan menaikan brand bisnis Anda. Anda juga bisa menyisipkan fitur push notification, dimana Anda bisa menggunakan fitur itu untuk kebutuhan promosi, entah itu diskon, pemberitahuan adanya menu baru, atau hal-hal lain yang menunjang pemasaran bisnis F&B Anda.

Memang, untuk membangun suatu aplikasi bukanlah perkara yang mudah dan murah. Anda juga dituntut untuk memiliki tim IT yang solid, dimana tim IT tersebut akan mengkonversi ide bisnis Anda dalam satu wadah aplikasi.

Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki tim IT? Bekerjasama dengan software house merupakan salah satu solusi praktis agar Anda tetap bisa membangun aplikasi yang Anda butuhkan.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni

Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengembangkan  aplikasi restoran bersama Softwareseni? 


FAQ

Table of Contents

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan aplikasi Anda lebih lanjut
Office Address Image

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223