OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Business
Apakah Perusahaan yang Sudah Dikenal Masih Membutuhkan SEO?
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Business
Dec 20, 2023
Oct 31, 2021

Apakah Perusahaan yang Sudah Dikenal Masih Membutuhkan SEO?

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI

Popularitas SEO semakin meningkat seiring dengan kebutuhannya yang meningkat pula. SEO atau search engine optimization merupakan serangkaian aktivitas optimasi pada laman website agar muncul di ranking teratas dari sebuah search engine atau mesin pencarian. 

SEO sendiri tergabung menjadi salah satu bagian dari strategi digital marketing yang kerap digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengembangkan bisnis mereka (red. perusahaan). Teknik SEO dianggap jitu untuk memperluas pangsa pasar dengan biaya yang relatif lebih murah, dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional lainnya.

Dengan manfaat yang begitu besar bagi kelangsungan bisnis, dan biaya yang cenderung lebih murah dibanding dengan strategi pemasaran konvensional pada umumnya, SEO dianggap cara yang efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan baru dan meraup keuntungan sebesar - besarnya.

Dilema SEO

Dengan segala potensi besar yang dimiliki oleh SEO, nyatanya masih banyak perusahaan yang salah dalam memahami konsep kerja SEO. Mereka (red. perusahaan) ingin cepat mendapatkan hasil nyata tanpa mengetahui bagaimana sebenarnya konsep dan teknik SEO itu bekerja..

Untuk lebih memudahkan, Kita bisa mengilustrasikan ranking website perusahaan atau goal dari perusahaan sebagai beras. Jika Anda ingin mempunyai beras, maka Anda akan dihadapkan dua pilihan, yang pertama membeli beras tersebut secara langsung di warung kelontong, toko atau apapun itu, dan yang kedua adalah menanam padi, merawatnya, kemudian mengolahnya hingga menjadi beras.

SEO merupakan representasi dari menanam padi, sebelum akhirnya menjadi beras yang bisa Anda konsumsi. Butuh proses yang panjang dan tidak sebentar, hingga Anda dapat merasakan manfaat dari SEO bagi perusahaan Anda. Sedangkan membeli beras secara langsung bisa Kita representasikan dari strategi digital marketing yang lainnya yaitu SEM.

Jika kesalahpahaman ini terus berlangsung, bukan tidak mungkin perusahaan justru mengalami kerugian dari strategi SEO yang mereka terapkan. Alih - alih mendapatkan banyak pelanggan baru dan meraup keuntungan yang besar, brand atau citra perusahaan dipertaruhkan karena mengimplementasikan teknik SEO yang asal - asalan dan melanggar kebijakan (dalam hal ini melanggar kebijakan search engine, seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya) atau biasa disebut sebagai black hat technique (teknik yang melanggar pakem kebijakan search engine).

Manfaat SEO Bagi Bisnis

Tidak bisa dipungkiri bahwa strategi SEO memang dapat memberikan dampak positif yang besar bagi perusahaan, jika Anda menerapkan strategi SEO yang benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan Anda. 

Dari sekian banyak manfaat SEO, berikut ini adalah manfaat SEO ditinjau dari sisi bisnis, khususnya di era digital seperti saat ini.

Meningkatkan Brand Awareness

Banyak perusahaan yang mendambakan brand-nya dikenal masyarakat luas. Dengan brand yang semakin dikenal oleh masyarakat, perusahaan tentunya akan lebih mudah dalam memasarkan produk perusahaan kepada masyarakat.

SEO dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness bisnis perusahaan Anda, dengan cara menempatkan situs atau website Anda pada halaman pertama hasil pencarian search engine seperti Google Search.

Dengan adanya situs atau website perusahaan Anda pada halaman utama hasil pencarian search engine, maka brand Anda memiliki potensi yang besar untuk lebih dikenal masyarakat luas. Hal tersebut terasa relevan karena adanya perubahan perilaku pada masyarakat ketika mereka ingin membeli produk atau menggunakan jasa sebelum mereka membuat keputusan untuk membeli atau menggunakannya.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Internet telah memberikan Anda kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi untuk bisnis Anda. Dengan semakin meningkatnya pengguna internet, dan beralihnya minat mereka (red. pelanggan) dari yang sebelumnya belanja offline menjadi belanja online membuat brand awareness bisnis Anda di internet menjadi faktor yang krusial. 

Oleh karena itu strategi SEO mutlak diperlukan pada bisnis Anda, jika Anda ingin memperluas jangkauan pangsa pasar bisnis Anda di internet.

Mendapatkan Leads Baru

SEO juga memungkinkan Anda mendapatkan leads atau calon pelanggan baru pada bisnis Anda. Mengapa demikian? Seperti yang dijelaskan pada poin pertama dan kedua, dengan brand awareness bisnis Anda yang semakin meningkat, dan pangsa pasar yang lebih luas, membuat potensi datangnya leads baru semakin besar. 

Mengumpulkan Data Pelanggan

Dengan semakin luasnya jangkauan pelanggan Anda, dan semakin ramainya kunjungan pelanggan ke website Anda, Anda bisa mengumpulkan data pengunjung website Anda yang kemudian Anda bisa gunakan untuk sebagai dasar pengambilan keputusan mengenai strategi bisnis Anda kedepannya. 

Anda juga bisa menggunakan data tersebut untuk membuat produk baru yang memang dibutuhkan oleh pelanggan Anda, sehingga produk yang perusahaan Anda tawarkan adalah produk yang pelanggan Anda butuhkan.

Lalu apakah perusahaan yang sudah dikenal masih membutuhkan SEO? Jawabannya adalah iya. SEO memang diperuntukan untuk strategi pemasaran jangka panjang, dengan memperkuat brand awareness perusahaan Anda melalui strategi pemasaran digital.

SEO juga penting bagi perkembangan bisnis Anda, dari poin yang terakhir sudah jelas bahwa dengan SEO Anda juga bisa mengumpulkan data orang - orang yang tertarik dengan bisnis Anda, sehingga Anda lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis untuk strategi pemasaran produk Anda.

Bagaimana Memulai SEO pada Sebuah Bisnis?

Untuk membangun strategi SEO dalam bisnis Anda perlu membangun situs atau website terlebih dahulu sebagai media untuk mengimplementasikan strategi SEO pada bisnis Anda, selain itu situs atau website juga dapat Anda jadikan sebagai media penghubung antara Anda dan pelanggan Anda, agar pelanggan Anda merasa lebih dekat lagi dengan bisnis Anda.

Selain website, Anda juga perlu menentukan goal dari website dan strategi SEO yang akan Anda bangun, sehingga Anda tidak bingung dalam menentukan konten apa saja yang Anda akan ditampilkan pada website Anda untuk menarik perhatian pelanggan Anda. Umumnya perusahaan mengkombinasikan antara company profile dan juga blog yang disajikan dalam satu website sebagai konten website tersebut.

Untuk membangun situs atau website perusahaan yang akan dikombinasikan dengan SEO, maka Anda memerlukan developer website yang memahami technical SEO juga, agar website yang dibangun sesuai dengan “pakem” SEO, sehingga meningkatkan kesuksesan strategi SEO pada bisnis Anda.

Lalu bagaimana jika Anda belum atau tidak memiliki developer website yang paham mengenai technical SEO? Bekerjasama dengan software house merupakan solusi praktis terkait hal itu.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 190 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan - perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

PENULIS
Ahid Maulana
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!