Apa yang Dimaksud dengan API? Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa yang Dimaksud dengan API? Bagaimana Cara Kerjanya?

by
Winda Ayu
September 5, 2022
September 20, 2022

Apabila sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol, tentunya, pekerjaan bagi seorang developer bisa lebih mudah dan pengembangan aplikasi menjadi lebih efisien. Nah, ini adalah peran dari API. Bagi web developer atau mobile developer, API adalah salah satu aspek yang dapat menyederhanakan program yang sedang dibuat.

Artikel ini akan membahas pengertian dari API, dan manfaat yang didapatkan dalam memakai API. 

Apa itu API?

API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API sendiri merupakan interface yang dapat menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Dengan kata lain, peran API adalah sebagai perantara antar berbagai aplikasi berbeda, baik dalam satu platform yang sama atau pun lintas platform.

Lebih jauh lagi, API sendiri bisa digunakan untuk komunikasi dengan berbagai bahasa pemrograman yang berbeda. Hal ini tentu cukup memudahkan bagi developer. Bahkan, developer tidak perlu menyediakan semua data sendiri karena cukup mengambil data yang dibutuhkan dari platform lain melalui API.

Jika diperumpamakan, API adalah seorang pelayan di restoran. Tugas pelayan tersebut adalah menghubungkan tamu restoran dengan juru masak.

Jadi, tamu cukup memesan makanan sesuai daftar menu yang ada dan pelayan memberitahukannya ke juru masak. Nantinya, pelayan akan kembali ke tamu tadi dengan masakan yang sudah siap sesuai pesanan.

Manfaat Menggunakan API

Kemudian, apa manfaat penggunaan API bagi sebuah bisnis?

  1. Membangun Aplikasi yang Fungsional

Dengan menggunakan API, akan lebih mudah untuk membuat aplikasi yang fungsional dan kompleks. Tanpa perlu menambahkan data secara manual, aplikasi yang dikembangkan akan memiliki fitur dari aplikasi yang dituju.

Sebagai contoh, pada aplikasi Grab. Sebagai sebuah platform layanan transportasi, peran peta sangatlah penting. Namun, Grab tidak perlu mengembangkan aplikasi peta sendiri. Dengan API, aplikasi tersebut cukup mengambil data dari Google Maps.

Penggunaan API ini cukup membantu membuat platform Grab semakin besar. Alasannya, developer cukup mengembangkan layanan lain karena penggunaan peta sebagai elemen utama dipastikan berjalan dengan baik karena telah memakai API dari Google Maps.

  1. Pengembangan Aplikasi Lebih Efisien

Dengan menggunakan API, tidak perlu lagi melakukan komunikasi langsung dengan aplikasi lain yang ingin dihubungkan. Cukup dengan komunikasi melalui API. Hal ini sangat membantu, terutama jika Anda ingin membangun aplikasi lintas platform dengan berbagai layanan sekaligus. 

Contohnya, ketika membangun website pemesanan hotel online untuk berbagai lokasi hotel di Indonesia. Dengan adanya API, Anda cukup melakukan integrasi untuk masing-masing layanan hotel tersebut. Jadi, tidak perlu lagi melakukan komunikasi manual berupa update harga atau tersedianya kamar.

Selain itu, Anda bisa dengan mudah menambahkan atau mengurangi integrasi layanan sesuai perkembangan bisnis Anda. 

  1. Pengembangan Aplikasi Lebih Efisien

Adanya API membuat Anda tidak perlu menyimpan semua data yang dibutuhkan di server Anda sendiri. Cukup meminta API untuk mendapatkan data terbaru dari server aplikasi asal. Dengan kondisi ini, server Anda tidak akan terbebani. Pada akhirnya, mengurangi resiko website tidak dapat diakses karena server down.  

Mulai Gunakan API untuk Website Bisnis Anda

Memilih menggunakan API layaknya menggunakan shortcut atau jalan pintas untuk berbagai keperluan digitalisasi bisnis Anda baik melalui website maupun aplikasi.

Dengan segala pengalamannya di bidang layanan jasa pembuatan produk digital, Softwareseni merupakan salah satu software house yang bisa menjadi “rujukan” bagi Anda yang ingin mengembangkan API untuk kebutuhan development produk digital Anda.

Tidak hanya sebagai salah satu perusahaan pengembang yang terbaik yang telah banyak membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis digitalnya, SoftwareSeni juga mengambil bagian untuk menjadi jembatan dan wadah konsultasi bisnis digital sehingga perusahaan Anda tidak akan salah langkah dalam mengambil keputusan.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2022, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.

FAQ

Daftar Isi

+ Show

Punya Project atau Ingin Membuat Aplikasi?

Hubungi kami segera dan konsultasikan kebutuhan digital untuk bisnis Anda lebih lanjut.
Office Address Image

YOGYAKARTA

Unit A & B
Jl. Prof. Herman Yohanes No.1125, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

SYDNEY

55 Pyrmont Bridge Road,
Pyrmont NSW 2009 Australia
+61 2 8123 0997