OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Apa itu WordPress? Kenali Kelebihan dan Manfaatnya
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Mar 11, 2022

Apa itu WordPress? Kenali Kelebihan dan Manfaatnya

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

WordPress merupakan blogging platform dengan pengguna terbanyak di dunia. Lebih dari 30% website yang ada di dunia dibuat menggunakan WordPress, dan telah diprediksi juga bahwa persentase ini masih akan terus naik setiap tahunnya.

Lantas apa yang menyebabkan Wordpress begitu populer dan menjadi platform yang paling banyak digunakan di dunia?

Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang diluncurkan pertama kali oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004.

WordPress: Praktis, Open Source, dan Gratis

Yang menjadi daya tarik sebagai ciri khas platform CMS yang satu ini adalah sifatnya yang open source, gratis dan user friendly. WordPress dapat dibuat dan dioperasikan oleh seluruh pengguna secara gratis tanpa harus memiliki pemahaman bahasa pemrograman tertentu.

Di samping itu, pemakaian WordPress sangat ramah bagi para pengguna, sangat fleksibel dan bisa dimodifikasi oleh siapapun. Platform ini juga menyediakan fitur tambahan berupa plugin. Fitur ini mempermudah user untuk menyelesaikan tugas pada website dalam 1 kali klik saja.

WordPress: Situs Pembuatan Web Terpopuler di Dunia

Karena memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan CMS lainnya, tidak heran jika WordPress menjadi platform pengembangan website paling favorit di abad ini. Sebuah survei mengatakan WordPress menaungi hampir 35% website yang tersebar di internet. 

Walaupun gratis, WordPress tidak lantas menjadi software murahan dan tidak berkualitas. Faktanya, platform ini menjadi basis pembuatan situs web bagi nama bisnis besar bahkan pesohor di dunia. Beberapa diantaranya yaitu:

Dari contoh penjelasan tersebut diatas, dapat kita simpulkan bahwa WordPress cukup tangguh untuk menciptakan website berkelas dan berkualitas. Apakah Anda juga tertarik memakai CMS ini? 

Jenis-jenis WordPress

Sebenarnya WordPress tidak mempunyai jenis-jenis khusus. Namun, jika ditelusuri di search engine, Anda akan menemukan dua versi pembuatan website WordPress; wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress.com: Platform Web Hosted

WordPress.com merupakan situs untuk membuat website secara gratis dan mudah melalui hosting milik WordPress.

Layanan wordpress.com menjadi fasilitas hosting yang diberikan pihak WordPress bagi pelanggan, khususnya yang tidak mau terlalu repot membuat website. Seluruh kebutuhan situs; baik itu domain, tema, dan yang lainnya sudah disiapkan oleh pihak WordPress.

WordPress.org: Platform Self-Hosted

Hampir mirip dengan versi WordPress.com, layanan WordPress.org juga berupa open source dan tak berbayar. Meski demikian, Anda membutuhkan biaya tambahan jika mengembangkan situs di platform ini.

Situs wordpress.org khusus ditujukan bagi pengguna yang hendak membeli dan mengelola domain beserta hosting mereka sendiri. Melalui situs ini, Anda bebas “memiliki” situs web tanpa bergantung pada WordPress. Oleh karena itu, wordpress.org juga disebut platform WordPress Self-Hosted.

Fungsi & Manfaat WordPress

Di awal perkembangannya di sekitar tahun 2003-2004, fungsi WordPress masih sangat terbatas. Hanya sebatas situs blog untuk menampilkan teks/tulisan. Namun seiring perkembangan jaman, teknologi pada WordPress semakin pesat dan dapat di kembangkan sesuai dengan kebutuhan kita.

Blog (Website Personal)

Fungsi pertama dan utama platform CMS ini adalah untuk mengembangkan situs web personal atau biasa kita kenal sebagai blog.

Jadi, apakah Anda bisa membuat blog untuk diri Anda sendiri?

Ya, Anda dapat menciptakan sebuah blog baik lewat wordpress.com maupun di platform wordpress.org.

Seiring berkembangnya dunia teknologi, blog atau website personal banyak digunakan oleh influencer ataupun konten kreator untuk mengembangkan self-branding mereka.

Melalui kedua versi ini, mengembangkan website personal atau blog menjadi sangat gampang karena tidak harus belajar coding atau menjadi developer.

WordPress juga telah menyediakan banyak sekali pilihan desain tema, plugin dan berbagai fitur yang dapat digunakan secara gratis untuk meningkatkan tampilan dan performa blog Anda.

Company Profile

Melalui CMS ini, Anda bisa menampilkan profil perusahaan melalui company profile. Salah satu kelebihan WordPress adalah bersifat open source, sehingga sangat memungkinkan pihak developer untuk melakukan kustomisasi website sesuai yang Anda inginkan. Hal inilah yang membuat situs berbasis WordPress sangat direkomendasikan dipakai untuk membuat company profile.

Website Perusahaan

Membuat web perusahaan lewat WordPress? Sangat bisa. WordPress juga dapat digunakan untuk mengembangkan situs perusahaan. Bukan hanya sekedar company profile, tetapi situs yang lebih fungsional dan interaktif.

Sangat mungkin bagi pemilik bisnis untuk mengintegrasikan beberapa fungsi dan aplikasi khusus ke website. Misalnya integrasi sistem informasi administrasi, keuangan, absensi dan banyak lagi.

Website Instansi / Organisasi

Selain untuk membangun website dengan tujuan bisnis, WordPress juga bisa menjadi basis pembuatan website instansi maupun organisasi. Anda bisa memakai platform ini untuk membuat website sekolah, universitas, kantor, desa bahkan website pemerintahan.

Website berbasis WordPress juga kompatibel untuk merancang aplikasi dan sistem informasi berbasis website. Elemen dan fitur semacam ini sangat dibutuhkan oleh instansi atau organisasi untuk mempermudah kinerja SDM di dalamnya. 

Website Komunitas

WordPress juga dapat digunakan untuk membuat forum komunitas online dengan CMS WordPress. Anda bisa membuat berbagai forum online menggunakan software multiguna ini. Mulai dari forum, halaman web, membership sampai jaringan sosial media.

Proses pembuatan website komunitas dengan layanan ini juga terbilang cukup mudah. Di samping itu WordPress begitu kaya akan fitur. Sehingga akan semakin membuat forum Anda berwarna dan menarik.

Website E-commerce

WordPress memungkinkan user untuk mengembangkan sebuah web toko online / e-commerce. Tapi perlu diingat bahwa layanan e-commerce tidak bisa dinikmati begitu saja menggunakan versi gratis pada wordpress.com.

Agar bisa membangun web e-commerce impian Anda, Anda wajib memakai wordpress.org. Di sini, Anda pun bisa menginstall plugin WooCommerce untuk menjalankan fungsi e-commerce di dalam website.

Keunggulan WordPress Dibanding CMS Lainnya

Ada beberapa keunggulan Wordpress dan mengapa Wordpress menjadi salah satu CMS paling popular di dunia, diantaranya adalah:

Hemat Biaya

WordPress bisa Anda gunakan secara gratis, jadi tak perlu bingung memikirkan biaya lisensi lagi. Anda bisa membuat website dengan biaya murah sesuai dengan jenis website yang dibangun.

Meskipun begitu, fasilitas gratis yang tersedia di WordPress tidak murahan lho! CMS ini memfasilitasi pengguna dengan ribuan fitur canggih, plugin dan themes menarik. Fasilitas tersebut juga bisa diunduh secara gratis tanpa biaya pula.

User Friendly

Keunggulan WordPress yang jarang Anda temukan pada CMS lainnya adalah user friendly. Layanan ini merupakan satu-satunya yang menawarkan kemudahan dalam membangun dan mengelola sebuah website.

Siapapun dapat melakukan pembuatan website dalam satu kali klik serta melakukan pengelolaan tanpa harus menguasai bahasa coding. Dari orang awam sampai developer profesional, semuanya dapat mengoperasikan website dengan CMS ini.

Tersedia Banyak Plugin

Untuk mendukung kemudahan operasi software, WordPress menyediakan fitur tambahan berupa plugin. Fitur plugin merupakan script yang dirancang khusus untuk mempermudah kinerja web. Di samping itu juga menambah fungsionalitas sebuah situs web.

Pilihan Tema Bervariasi

WordPress juga unggul dengan pilihan wordpress theme yang sangat banyak, baik yang gratis maupun berbayar. Theme merupakan background antarmuka yang tampil sebagai latar belakang sebuah website. Aspek satu ini sangat penting dalam menciptakan sebuah website yang nampak menarik.

Komunitas yang Besar

Hampir 35% situs di dunia berbasis WordPress. Ini artinya CMS ini menjadi basis saham paling besar dengan ribuan bahkan jutaan pengguna. Hal tersebut memunculkan berbagai forum komunitas yang sangat besar di internet.

Dengan forum komunitas yang besar dan tersebar luas, tentu memberi kemudahan tersendiri bagi para pengguna. Khususnya untuk berbagi ilmu dan pandangan baru mengenai WordPress. Baik untuk mengembangkan fitur, plugin, tema dan aspek website lainnya maupun pengetahuan cara membuat wordpress.

WordPress sebagai Solusi Tepat Membuat Website

Dengan segala keunggulannya tidak heran banyak, perusahaan yang kemudian menggunakan WordPress sebagai basis dari platform website yang mereka bangun. Kemudahan dalam kustomisasi, banyaknya fitur yang menarik hingga dukungan dari komunitas yang besar menjadikan WordPress layak menjadi rekomendasi platform untuk pembuatan sebuah website.


Untungnya saat ini Anda tidak perlu bingung, jika Anda ingin membangun sebuah website menggunakan WordPress sebagai basisnya, karena sudah banyak software house yang sudah menyediakan jasa layanan pembuatan website dengan WordPress sebagai basisnya. Dan SoftwareSeni adalah salah satu dari perusahaan pengembang tersebut.

Softwareseni adalah salah satu software house dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. SoftwareSeni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, dan aplikasi. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara hingga di 2017, Softwareseni mulai bekerja dengan perusahaan Indonesia.

Mengapa Harus SoftwareSeni?

Berstandar Internasional

Selain di Indonesia, SoftwareSeni juga memiliki Office di luar negeri, tepatnya di Sydney, Australia. Dengan standar internasional tersebut, SoftwareSeni telah memenuhi berbagai kebutuhan dan membantu menyelesaikan permasalahan digital dari berbagai client.

Tim yang Solid, Besar dan Profesional

Terhitung per 2021, SoftwareSeni memiliki lebih dari 200 staff profesional yang ahli di setiap bidangnya, sehingga apapun kebutuhan digital perusahaan anda, SoftwareSeni siap untuk memenuhinya.

Service yang Beragam

SoftwareSeni memiliki banyak service yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi perusahaan anda. Desain Grafis, User Experience, Customer Service and Support, Application Development, hingga Wordpress & Plugin Development merupakan servis - servis pilihan yang tersedia di SoftwareSeni Indonesia.

Model Kerjasama yang Bisa Disesuaikan

SoftwareSeni memiliki model kerjasama yang beragam sehingga anda memiliki banyak opsi yang anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Seat Outsourcing (Staf yang berdedikasi khusus untuk project anda), Ad Hoc (Tim yang siap sedia untuk request satuan anda), dan Project-based (Tim professional untuk menyelesaikan target project anda) merupakan model kerjasama yang tersedia di SoftwareSeni.

Telah Dipercaya oleh Perusahaan-perusahaan Besar Indonesia

Integritas SoftwareSeni dan profesionalitas tim yang ada di dalamnya, membuat SoftwareSeni banyak dipercaya oleh perusahaan - perusahaan besar di Indonesia, sebut saja Traveloka, Angkasa Pura, Astra Internasional, Canny Class, Museum Kepresidenan Yogyakarta dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang mempercayakan kebutuhan digitalisasi perusahaan mereka pada SoftwareSeni.


PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!