OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Apa itu Ruby on Rails? Mengenal Framework Berbasis Ruby
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Apr 22, 2022

Apa itu Ruby on Rails? Mengenal Framework Berbasis Ruby

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Dalam membuat sebuah aplikasi, baik aplikasi berbasis dekstop, mobile maupun web, sebuah framework akan membantu kita dalam proses perencanaan, pembuatan serta pemeliharaan sebuah aplikasi.

Framework sendiri merupakan kerangka program yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membuat aplikasi menjadi lebih stabil dan handal, karena framework sejatinya sudah diuji, dan mudah menangani masalah bugs dan error.

Dan akhir-akhir ini, nama Ruby on Rails menjadi semakin sangat populer. Banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang mencari programmer dengan keahlian framework Ruby on Rails.

Apa itu Ruby on Rails?

Ruby on Rails (RoR) atau sering di sebut dengan Rails merupakan sebuah web framework yang diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Framework ini dapat digunakan secara gratis (open source) yang dioptimalkan untuk kesenangan programmer dan menopang produktifitas.

Dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson, seorang programmer asal Denmark pada Agustus 2004, Ruby on Rails kini berkembang pesat dengan versi terbaru, 7.0.1, dirilis 6 Januari 2022 lalu.

Ruby on Rails merupakan framework full stack; ia bisa digunakan sebagai framework back-end untuk mengelola database dan file di server. Namun, bisa juga digunakan sebagai framework front-end untuk me-render HTML dan mengupdate halaman secara live.

Tidak heran jika Ruby on Rails banyak digunakan oleh perusahaan kelas dunia seperti; Github, Shopify, Dribble, Hulu, Airbnb, Twitch, dan Soundcloud.

Sumber gambar: mindbowser.com

Arsitektur Ruby on Rails

Rails dirancang berdasarkan arsitektur MVC dasar. MVC atau Modal View Controller adalah pola desain perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi web yang terdiri dari 3 bagian;

  • Modal - merupakan tingkat terendah dari pola yang berfungsi untuk memelihara data.
  • View - berfungsi untuk menampilkan sebagian atau semua data kepada pengguna.
  • Controller - merupakan kode perangkat lunak yang mengelola interaksi antara Modal dan View.

MVC melepaskan logika aplikasi dari user interface dan membantu pemutusan masalah. Controller adalah pusat yang menerima request aplikasi dan kemudian bekerjasama dengan Modal untuk menghasilkan hasil yang diperlukan yang kemudian ditampilkan oleh View.

Untuk Apa Ruby on Rails Digunakan?

Membuat Toko Online

Ruby on Rails paling baik digunakan untuk membuat toko online dengan opsi penelusuran dan pembelian yang canggih dan cukup memuaskan.

Platform Pemasaran Saham

Ruby on Rails juga dapat digunakan untuk membuat platform pemasaran saham yang efisien.

Pembuatan Media Sosial

Selain fiturnya yang lengkap untuk membuat toko online dan pemasaran saham, Ruby on Rails juga bermanfaat untuk membuat situs Jejaring Sosial.

Complex Project

Ruby on Rails bisa menjadi pilihan yang baik saat membuat complex project yang membutuhkan kecanggihan framework Rails.

Membuat SaaS

Dikarenakan fitur framework Ruby on Rails yang mudah digunakan, memilih Rails untuk membuat SaaS adalah pilihan yang optimal.

Kelebihan Ruby on Rails

Secara umum, Rails menawarkan kelebihan berupa kecepatan dan kemudahan dalam mengembangkan aplikasi web ataupun mobile. Hal ini dikarenakan Ruby on Rails memiliki beberapa fitur & karakteristik seperti:

Full-Stack Framework

Dengan Ruby on Rails, tidak perlu menggunakan dua framework berbeda untuk aktivitas dalam mengatur back-end maupun membuat tampilan front-end.

Arsitektur MVC

Dengan arsitektur MVC pada Rails, hal ini memungkinkan hasil coding menjadi lebih rapi. Sebab, setiap fungsi ditulis sesuai wadahnya.

Konfigurasi Otomatis

Ruby on Rails membawa prinsip Convention over Configuration  yang berarti sebagian besar proses pengembangan Rails tidak memerlukan konfigurasi file, karena sudah disiapkan secara otomatis.

Prinsip DRY

Adanya prinsip Don’t Repeat Yourself pada Ruby on Rails semakin mempercepat pengembangan aplikasi. Sebab, hal tersebut menghindarkan para pengembang dari boilerplate, atau menulis kode yang sama di berbagai tempat.

Integrasi Bahasa Lain

Anda juga bisa menambahkan syntax bahasa lain ke project Ruby on Rails. Hasilnya, aplikasi Anda dapat berjalan tanpa kendala, meski menggunakan beberapa bahasa berbeda.

Manfaat Penggunaan Ruby on Rails

Hemat Biaya

Ruby on Rails adalah framework open-source dan gratis 100%. Dari sudut pandang pengembang, ini mudah digunakan, dan dapat menghemat banyak waktu dan tenaga.

Aman

Secara default, framework ini diinstal dan diaktifkan dengan beberapa langkah keamanan. Saat Anda menggunakan Ruby on Rails, Anda otomatis mengikuti proses pengembangan yang aman.

Fleksibilitas

Saat membuat aplikasi web, Rails menggunakan kemampuan front-end dan back-end; hal ini lebih sederhana dan lebih mudah dibuat.

Produktifitas

Menggunakan Ruby untuk membuat aplikasi web memungkinkan Anda mengembangkan fitur dengan sangat cepat. Hal ini dapat terjadi karena Ruby dapat dengan mudah menggabungkan library perangkat lunak pihak ke-3. 

Konsisten

Ruby on Rails membantu menjaga project tetap teratur dan dapat diuraikan karena pengembang harus mengikuti standar penyimpanan file dan konvensi pemrograman. Hal ini juga dapat menghemat banyak waktu pengerjaan.

Kesimpulan

Setiap pengembang mencari cara yang paling tepat untuk membantu mereka mengurangi jumlah usaha dan waktu yang mereka keluarkan untuk membangun aplikasi web, sesuatu yang dapat mengotomatiskan tugas-tugas dalam proses pembuatan situs web. Ruby on Rails adalah framework satu-satunya yang dapat melakukan hal tersebut. 

Ruby on Rails adalah perangkat lunak open-source terbaik untuk membangun aplikasi web karena Rails adalah framework yang paling mudah dikelola, dan Ruby adalah bahasa yang ringkas. Selain itu, Anda tahu bahwa Rails dirancang pada arsitektur MVC dan memiliki banyak manfaat. 

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!