OTHERS
Daftar pertanyaan yang sering diajukan oleh klien kami terkait layanan, model kerjasama hingga informasi umum lainnya mengenai Softwareseni.
Referensi konkrit yang Softwareseni sediakan untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan dan kebutuhan digital Anda.
Rincian kebijakan Softwareseni terkait dengan penggunaan, pengungkapan, penyimpanan, penghapusan, pengiriman dan/atau perlindungan Informasi Pribadi milik klien kami.
ABOUT US
Tentang Softwareseni
Softwareseni adalah salah satu Software House dengan compliance terbaik yang ada di Indonesia. Softwareseni juga merupakan perusahaan konsultasi IT yang melayani jasa pembuatan software, maintenance website, aplikasi serta IT developer outsourcing. Berawal dari 2013 dengan klien Australia dan berkembang ke berbagai negara, hingga di 2017 Softwareseni mulai mengerjakan berbagai project digital untuk perusahaan Indonesia.
Indonesia
© 2022 SoftwareSeni all rights reserved.
Blog
Tech
Apa itu Bitly? Pengertian, Manfaat dan Tutorial Penggunaan Bitly
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI
Tech
Dec 20, 2023
Jun 27, 2022

Apa itu Bitly? Pengertian, Manfaat dan Tutorial Penggunaan Bitly

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI

Pernah ingin berbagi konten di media sosial, tapi postingannya kurang menarik karena link-nya terlalu panjang? Kalau benar, Anda perlu mencoba menggunakan Bitly.

Dengan layanan tersebut, Anda bisa memperpendek link dengan praktis. Nah, apa itu Bitly dan bagaimana cara membuat Bitly untuk kebutuhan promosi Anda?

Mari kita simak lebih jauh dalam bahasan artikel di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Bitly?

Bitly merupakan website yang menyediakan layanan untuk menyingkat link atau tautan. 

Sebagai contoh, ketika Anda memiliki link halaman produk seperti ini: tokoku.com/baju-wanita-dress-summer. Nah, dengan Bitly, Anda bisa mempersingkatnya menjadi bit.ly/dYj7ik, atau bahkan menjadi bit.ly/DressSummer.

Selain mudah diketik dan diingat, link yang pendek akan terlihat lebih rapi saat digunakan di postingan media sosial, bukan? Misalnya saja, di story Instagram ataupun WhatsApp. Yang paling penting, dengan link yang pendek, fokus postingan bisa lebih ke pesan yang ingin Anda sampaikan, sehingga akan lebih mudah dipahami pembaca.

Menariknya, Bitly bisa Anda gunakan secara gratis! Atau, dengan memilih paket berbayar mulai dari $35/bulan untuk mendapatkan  fitur-fitur yang lebih canggih, seperti:

  • Memasang domain sendiri agar link bisa menggunakan brand Anda. Misalnya toko.ku/DressSummer.
  • Menyingkat banyak link sekaligus untuk menghemat upaya dan waktu Anda.
  • Mengatur redirect agar Anda bisa mengalihkan link ke halaman tujuan yang diinginkan.

Tutorial Membuat Bitly

Berikut adalah tutorial untuk membuat link Bitly:

  1. Akses Bitly dan klik Sign up Free di pojok kanan atas halaman utama.
  1. Klik Get Started pada paket yang diinginkan. Di panduan ini, kami memilih paket gratis.
  1. Masukkan username, alamat email, dan password Anda. Atau, Anda juga bisa sign up dengan akun Google.
  1. Verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh Bitly. Setelah itu, Anda akan dibawa ke  dashboard akun Anda.
  2. Klik Create di pojok kanan atas untuk menyingkat link.
  1. Di sisi kanan layar akan muncul sidebar dengan beberapa kolom. Nah, masukkan link yang ingin Anda ringkas di kolom enter long URL.
  1. Ketika muncul popup sidebar lagi, isikan informasi berikut:
  • Judul link
  • Kustomisasi bagian belakang link
  • Tag

Memberi judul dan tag akan mempermudah Anda mencari dan menyaring tautan-tautan Anda nantinya. Sedangkan kustomisasi bagian belakang link membantu Anda untuk menjelaskan informasi utama link tersebut. Misalnya, bit.ly/DressSummer.

Kalau sudah, bagikan link dengan klik tombol Copy atau Share yang ada di atas teks Edit Link. Anda juga bisa membagikan dengan QR Code, tetapi harus berlangganan paket berbayar Bitly.

Dengan melakukan langkah-langkah tadi, Anda sudah berhasil menerapkan cara membuat Bit.ly link. Mudah, bukan?

Lalu, kenapa harus menggunakan Bitly? Apa saja sih kelebihan Bitly? 

Mengapa Menggunakan Bitly?

Berikut adalah 5 kelebihan memakai Bitly yang bisa Anda dapatkan:

Gratis

Anda bisa mulai menggunakan Bitly secara cuma-cuma. Fitur-fitur di paket gratisnya pun sudah cukup untuk kebutuhan memperpendek tautan.

Kustomisasi Link

Langkah cara menggunakan bitly akan otomatis  menyingkat tautan Anda menjadi beberapa karakter acak. Namun, Anda juga bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Misalnya, jika link Anda berisi daftar produk yang sedang didiskon, Anda bisa mengubah link Bitly menjadi bit.ly/JuniBagiDiskon.

Memantau Performa Link

Bitly menyediakan fitur analytics untuk membantu Anda memantau performa link. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa kali link diklik, dibagikan, dan lokasi orang yang melakukannya.

Mudah Diintregasikan

Anda bisa dengan mudah menghubungkan Bitly dengan layanan lain, seperti media sosial atau tools marketing, melalui API. Dengan melakukannya, Anda bisa menyingkat link dengan Bitly dari platform yang dihubungkan tanpa perlu mengakses dashboard Bitly.

Lebih Aman

Link yang Anda ringkas dengan Bitly dienkripsi dengan protokol HTTPS. Dengan begitu, lebih aman dari upaya pencurian informasi yang dilakukan oleh peretas.

Sudah Memahami Bitly?

Di pembahasan kali ini, Anda sudah mengetahui apa itu Bitly dan keunggulannya. Selain itu, Anda juga sudah belajar cara membuat bit.ly dengan mudah.

Dengan Bitly, upaya pemasaran Anda secara online, terutama melalui social media marketing tentu semakin efektif. Link promosi Anda jadi terlihat rapi untuk ditempatkan di postingan maupun di informasi profil.

PENULIS
Winda Ayu
BAGIKAN ARTIKEL INI
Jelajahi lebih jauh berbagai layanan otomotif kami di sini!
MULAI
MULAI

Let's Talk!

Punya Project atau Ingin Bekerja Sama?
Hubungi kami dan kembangkan Software impianmu, sekarang!