8 Alasan Mengapa React JS adalah Teknologi Terbaik untuk Aplikasi Berbasis Web

Tech
Published on July 13, 2018

Kebutuhan untuk terus meningkatkan user experience menuntut Developer maupun penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web, agar selalu beradaptasi dengan teknologi dan tren terbaru, guna menciptakan produk yang lebih baik. Salah satu teknologi yang menarik perhatian semua orang karena fitur-fiturnya yang mengesankan adalah React JS yang diluncurkan pada tahun 2013.

Apa itu React JS? Dengan React JS, penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web dapat mendesain tampilan sederhana untuk setiap level dalam aplikasi Anda. Popularitasnya dapat diukur oleh fakta bahwa aplikasi-aplikasi besar seperti Facebook, WhatsApp, Netflix, Instagram, Airbnb, American Express, Dropbox, Ebay, dan ratusan penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web memanfaatkan kemampuan React JS.

Sehingga, apa itu React JS? Apa yang membuat React JS menjadi teknologi pilihan para penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web? Kami memiliki 8 alasan utama untuk mendukungnya.

 

1. React JS mudah dipelajari dan dikuasai

Sebelum menggunakan sebuah teknologi untuk mengembangkan web dan aplikasi seluler, Developer perlu mempelajari dasar-dasar teknologi tersebut dan memahami fungsinya agar dapat memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia. React JS bukanlah full-featured framework tetapi merupakan JavaScript open source GUI library yang berkonsentrasi pada satu hal spesifik dan bertujuan untuk menyelesaikan tugas secara efisien. React JS adalah V dalam pola MVC (Model-View-Controller). Setiap Developer JavaScript akan merasa mudah untuk memahami dasar-dasar React JS dan mulai mengembangkan aplikasi berbasis web menggunakan teknologi ini dalam hitungan hari.
React JS juga menawarkan tutorial yang dapat diakses dengan mudah, bahkan ada tautan tambahan ke konferensi, video, tools, dan blog yang dapat memperkaya wawasan Anda.

2. Mudah dalam menulis komponen

React JS memanfaatkan JSX, yang merupakan ekstensi sintaks optional untuk JavaScript. Menulis komponen menjadi lebih sederhana dengan JSX karena memungkinkan Anda untuk mengkombinasikan HTML dengan JavaScript. Karena jumlah aturan yang lebih sedikit, Anda dapat mendapatkan sumber yang lebih sederhana dibanding teknologi lain. JSX mungkin bukan bukan ekstensi sintaks terpopuler, tetapi JSX terbukti efisien dalam mengembangkan komponen khusus atau aplikasi bervolume tinggi.

3. Mendukung reusability komponen

Reusability komponen merupakan keuntungan tersendiri bagi Developer. React JS memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali komponen yang telah dikembangkan ke aplikasi lain yang menggunakan fungsi yang sama. Hal ini tentu menghemat waktu dan tenaga, ditambah dengan kepastian bahwa komponen Anda berfungsi dengan mulus dan tanpa cacat. Keuntungan terbesar yang ditawarkan, kecepatan proyek pembuatan aplikasi meningkat dan menghemat waktu berharga para Developer serta klien.

4. Memungkinkan penciptaan aplikasi isomorfik

Aplikasi isomorfik atau JavaScript isomorfik memungkinkan penggunaan kode yang sama untuk komponen client-side dan server-side dari suatu aplikasi. Ini adalah salah satu pendekatan untuk pengembangan aplikasi yang menawarkan kecepatan saat merender di server. Aplikasi ini juga meningkatkan kemungkinan mesin pencari mengindeks halaman situs web Anda dan menawarkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Dengan React JS Anda dapat membuat komponen yang berfungsi dengan lancar pada kedua sisi server dan sisi klien.

5. Kinerja lebih baik karena Virtual DOM

Pemutakhiran Document Object Model atau DOM sering menjadi penyebab kemacetan proyek pembuatan aplikasi berbasis web. Dengan React JS, hal ini dapat dengan mudah menghindari masalah ini berkat kehadiran DOM virtual. React JS memungkinkan Anda untuk membangun DOM virtual dan menghostingnya ke dalam memori. Manfaat dari tindakan tersebut adalah setiap kali terjadi perubahan apapun dalam DOM actual, DOM virtual berubah seketika karena terletak di memori. Karena itu, pembaruan DOM tidak dilakukan secara rutin dan kecepatan kinerja aplikasi Anda tidak terganggu oleh DOM.

6. Ramah SEO

Seringkali, Developer harus menghadapi masalah berupa kerangka JavaScript yang tidak ramah mesin pencari. Dalam banyak kasus, ini adalah hasil dari aplikasi yang dikembangkan di JS yang tidak ramah SEO. Tetapi dengan React, Anda dapat mengatasi rintangan ini dengan mudah. React JS memungkinkan Anda untuk membuat antarmuka pengguna yang dapat diakses di berbagai mesin pencari.

7. Menghadirkan tools developer langsung dari sumbernya

Pengembangan React sangat mempertimbangkan kebutuhan software engineers. Itulah mengapa React hadir dengan fitur yang menghasilkan banyak poin brownies dari para Developer. React Developer Tools dirancang sebagai ekstensi dari dev Chrome. Ini memungkinkan Anda untuk mengamati hierarki komponen reaktif dan memeriksa status serta alat bantu komponen yang ada.

8. Penyedia Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Web diuntungkan oleh JavaScript Library

Salah satu alasan utama penyedia jasa pembuatan aplikasi berbasis web untuk memilih React JS JavaScript library. Sebagai Developer, Anda tidak dibatasi oleh penerapan templates, pola, atau arsitektur kompleks apa pun yang dapat berperan sebagai penghalang dalam proyek pembuatan aplikasi yang sedang dikerjakan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun sebuah aplikasi seperti yang Anda inginkan. Itulah sebabnya React JS terus mendapatkan popularitas di kalangan web dan aplikasi Developer.

react js - jasa pembuatan aplikasi berbasis web

Dengan React JS, proyek pembuatan aplikasi berbasis web dapat dilakukan dengan lebih cepat dan lancar. SoftwareSeni sebagai software house berkualitas selalu berupaya untuk menghadirkan aplikasi yang user-friendly, cepat, dan responsif. React JS jelas layak untuk diperkenalkan kepada klien yang ingin beralih ke teknologi yang lebih baik untuk mengejar stabilitas, kecepatan, dan kinerja yang mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *